Memiliki teman untuk saling berkeluh kesah memang menyenangkan. Namun, kamu juga harus sadar ketika kehidupan pertemananmu mulai tidak sehat. Suatu pertemanan mulai dikatakan tidak sehat ketika hal itu mulai mengganggu kehidupanmu dan membuatmu tidak nyaman lagi di circle itu.

Nah, berikut ini adalah lima tipe teman yang harus kamu hindari agar terbebas dari hubungan persahabatan yang toxic. Disimak, yuk!

1. Sering mengomentari fisik dan membuatmu insecure

Bawa Pengaruh Buruk, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu HindariUnsplash.com/Kalisa Veer

Kamu harus bisa membedakan mana teman yang memberikan kritikan membangun, juga kritikan yang menjatuhkan. Dua hal tersebut adalah hal yang sangat berbeda. Kamu harus menyadari ketika teman kamu suka berkomentar mengenai fisikmu dan terkesan menjatuhkan tanpa memberikan sesuatu hal yang memotivasimu. Apalagi jika kamu sampai merasa sangat insecure, hal ini sudah tidak bisa lagi dibiarkan.

Kamu bisa perlahan membicarakan tentang keresahanmu atau mengurangi interaksi dengan dia. Jangan sampai ucapannya membuatmu sakit hati dan merasa buruk dengan dirimu sendiri, deh!

2. Suka membagikan kisahmu dengan orang lain

Bawa Pengaruh Buruk, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu HindariUnsplash.com/Ben White

Terkadang, teman yang bermuka dua memang ada di sekitar kita. Jika kamu mengetahui kisah yang kamu ceritakan pada seorang teman ternyata juga diketahui orang lain, maka kamu harus mulai mengurangi untuk bercerita kehidupan pribadimu dengan dia, ya.

Terlebih lagi jika kisah tersebut merupakan suatu hal yang rahasia dan benar-benar bersifat pribadi bagimu. Kamu awalnya benar-benar mempercayainya sebagai teman curhat, tapi ternyata malah 'bocor'. Maka kamu juga harus membatasi diri dalam berbagi kisah dengannya, ya!

3. Ikut campur dengan permasalahan pribadimu

Bawa Pengaruh Buruk, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu HindariUnsplash.com/Yanapi Senaud

Nah, ada juga nih tipe teman yang kerjaannya suka ikut campur dengan kehidupan orang lain. Jika seorang teman mulai ikut campur bahkan mengatur kehidupan pribadimu, itu artinya kamu tidak perlu untuk terlalu membagikan kisahmu yang terlalu personal dengan dia lagi.

Memang terkadang kamu perlu teman untuk berkeluh kesah, tapi jika temanmu merespons sampai terlalu berlebihan hingga cenderung mengatur hal itu, maka nggak ada salahnya untuk sedikit menutup diri mengenai hal tersebut, ya. Selama itu membuatmu risih dan tidak nyaman, maka kamu tidak perlu melakukannya. Oke?

4. Gemar mengajakmu melakukan hal-hal negatif

Bawa Pengaruh Buruk, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu HindariUnsplash.com/Suhyeon Choi

Poin ini adalah hal yang tidak bisa ditoleransi lagi. Terlebih jika seorang teman mengajakmu melakukan hal negatif, yang memberikan dampak buruk untuk dirimu sendiri juga orang-orang di sekitarmu. Jangan takut untuk menolaknya, ya! Jangan sampai kamu tergoda untuk mencobanya dan berujung menyakiti dirimu sendiri. 

5. Terlalu sering memanfaatkanmu dan tidak memberikan timbal balik terhadapmu

Bawa Pengaruh Buruk, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu HindariUnsplash.com/Clarisse Meyer

Manusia memang saling membutuhkan satu sama lain. Sikap suka menolong juga merupakan hal yang sangat baik, juga sangat patut untuk dimiliki. Tetapi, lain halnya ketika seseorang menyalahgunakan sikap baikmu tersebut.

Ketika seorang teman selalu memintamu untuk melakukan atau membelikannya sesuatu, apalagi hal tersebut merupakan hal yang tidak baik untuknya juga untuk dirimu sendiri, ada baiknya kamu mulai belajar untuk berkata tidak. Belum lagi jika ia tidak melakukan hal yang sama ketika kamu membutuhkannya, wah hal ini nggak bisa dibiarkan. 

Itu tadi lima tipe teman yang harus kamu hindari. Pokoknya kamu harus peka dengan hal-hal yang membuatmu tidak nyaman lagi dengan pertemanan tersebut, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Jangan Terpengaruh, Ini 5 Tipe Teman yang Harus Kamu Hindari"

Baca Juga: 6 Tanda Kalau Kamu Teman yang Toxic

Baca Juga: 7 Hal Ini Membuktikan Kalau Temanmu Tak Menganggapmu Sahabat Dekat

Baca Juga: 6 Perubahan yang Pasti Terjadi dalam Hubungan Pertemanan di Usia 20-an