5 Ciri Good Girl Syndrome

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndrome

Apakah kamu salah satu yang mengalaminya?

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndrome

Bela, pernahkah kamu mendengar istilah good girl syndrome atau sindrom gadis baik? Jika belum, sindrom gadis baik diartikan ketika perempuan mengharuskan dirinya menjadi sosok yang baik, penurut, dan selalu menyenangkan orang lain. Sindrom ini bisa muncul karena sedari kecil, perempuan selalu "dilekatkan" pada karakteristik sifat yang penuh kehangatan, kesetiaan, dan keceriaan.

Hal ini tentu saja sangat merugikan, karena perempuan jadi merasa tertuntut untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan orang lain, daripada memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Untuk mengetahui ciri-ciri good girl syndrome, simak ulasannya yang sudah Popbela lansir dari laman Perfect Marriage Matrimony berikut ini.

1. Keinginan untuk dicintai oleh orang lain

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndromeunsplash.com/Brooke Cagle

Kehidupan seorang "gadis baik" selalu berpatuh kepada aturan, seperti, "jika kamu ingin dicintai dan diterima oleh masyarakat, maka kamu harus bersikap baik kepada semua orang di sekitarmu". Namun, ketika dia dianggap nggak bisa memenuhi ekspektasi orang lain, ia akan merasa kecewa dan frustrasi.

Jadi, dalam kasus good girl syndrome, nggak peduli seberapa baiknya seorang perempuan, orang lain akan selalu menemukan kekurangan pada dirinya.

2. Sulit mengatakan "tidak"

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndromeunsplash.com/Kyle Broad

Ini adalah salah satu masalah paling umum dari sindrom gadis baik. Sejak kecil, perempuan kebanyakan diajari untuk patuh, yang bisa juga diartikan bahwa ia nggak boleh menolak permintaan atau tuntutan orang lain, terutama keluarganya. Itu menyebabkan dia menjadi kesulitan untuk menolak permintaan dan mengatakan "tidak" pada orang lain.

3. Takut membuat orang lain kesal

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndromeunsplash.com/SHINE TANG

Menjadi gadis baik berarti perempuan harus selalu memikirkan kebahagiaan orang lain sebagai prioritas. Perempuan juga perlu bekerja keras untuk membuat semua orang bahagia, dan jangan sampai mengecewakan orang lain.

Karena telah dibiasakan untuk nggak mengecewakan siapa pun, ketika dewasa, perempuan dengan sindrom gadis baik akan memiliki rasa takut saat membuat orang lain kesal.

Dia juga harus mampu berkompromi dengan kebahagiaannya, tetapi nggak boleh membuat orang lain nggak bahagia. Ini membuat kehidupan seorang gadis baik sangat rentan, karena dia bahkan nggak bisa mendapatkan kebahagiaannya.

4. Kritik adalah akhir dari dunianya

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndromeunsplash.com/Zhivko Minkov

Banyak orang yang melihat kritik sebagai aspek positif, karena memungkinkan mereka untuk meningkatkan kinerja dan lebih kreatif. Tapi, bagi "gadis baik", kritik adalah akhir dari dunianya. Itu karena dia menganggap kritik sebagai feedback yang negatif dari orang lain.

Alih-alih melihatnya sebagai peluang, seorang "gadis baik" akan merasa sedih atau tertekan. Baginya, mendapatkan kritik dari seseorang adalah hal paling nggak diinginkan dalam hidup.

5. Selalu tersenyum apa pun kondisinya

Bikin Perempuan Nggak Bahagia! Inilah 5 Ciri Good Girl Syndromeunsplash.com/Max Andrey

Salah satu ciri umum dan paling terlihat dari good girl syndrome adalah, perempuan "diwajibkan" untuk selalu tersenyum, terlepas dari situasi yang sedang dihadapi. Ini disebabkan karena "gadis baik" nggak boleh mengungkapkan atau menunjukkan emosi yang sebenarnya di depan orang lain.

Menunjukkan emosi yang rentan hanya akan membuat orang lain nggak senang, dan seperti poin sebelumnya, "gadis baik" nggak boleh melakukan hal itu.

Jika kamu salah satu yang merasakan sindrom ini, kamu bisa mengatasinya dengan menyadari bahwa sangat wajar jika kamu nggak bisa menyenangkan semua orang. Lalu, belajarlah untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain. Mungkin kamu akan merasa kesulitan pada awalnya, tetapi kamu akan semakin mudah melakukannya jika terus berlatih.

Terakhir, jika hal ini sudah bikin kamu kewalahan, jangan ragu untuk minta bantuan terapis atau konselor, ya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Bela!

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Punya Sindrom Cinderella Complex, Manja Berlebihan!

Baca Juga: Apa Itu Sindrom Anak Tunggal? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Impostor Syndrome, Sindrom yang Kerap Bikin Kita Insecure

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Cocok Banget, Ini 12 Pasangan Twin Flame Tiap Zodiak

Cocok Banget, Ini 12 Pasangan Twin Flame Tiap Zodiak

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Single

Terlihat Mirip, Ini 20 Arti Emoji Lengkap Beserta Gambar

Terlihat Mirip, Ini 20 Arti Emoji Lengkap Beserta Gambar