Menyandang gelar sebagai seorang single tak selamanya buruk, lho. Terlebih jika kamu telah berulang kali menjalin hubungan asmara sebelumnya. Rasa jenuh dan lelah pada akhirnya juga akan menghampiri diri. 

Tak perlu khawatir dengan omongan orang lain, kamu masih tetap bisa bahagia kok, baik itu saat bersama maupun tanpa seorang pasangan. Jadi, tak ada salahnya bila kamu memutuskan rehat sejenak.

Yuk, semangati dirimu dengan 5 tips berikut ini agar pikiranmu terbuka bahwa kamu tetap bisa menikmati hidup dengan status single tersebut.

1. Hiatus pacaran sepenuhnya

5 Tips Menyemangati Diri untuk Single yang Lelah Jalin HubunganUnsplash.com/A L

Tak ada salahnya memilih untuk hiatus sejenak dari hiruk-pikuk jalinan asmara. Ambillah waktu untuk menikmati masa-masa kebebasan tanpa sandaran hati dan fokus pada diri sendiri.

Jangan menjadikan pacaran sebagai ajang balapan atau unjuk gengsi kepada orang lain. Jika kamu memang benar-benar ‘lelah’, ya kenapa tidak beristirahat. Terlebih jika hubungan sebelumnya berakhir dengan tak baik.

2. Nggak melulu setiap orang yang kamu temui itu cocok

Mungkin kamu menemui banyak calon potensial untuk digaet, tapi bukan berarti setiap orang yang kamu temui itu cocok sebagai pasanganmu, lho. Tenang saja, itu normal kok.

Jangan menenggelamkan diri dalam beragam asumsi kenapa mereka tak cocok denganmu. Sebab, itu hanya akan membuatmu stucked dan sulit melanjutkan hidup.

3. Positive thinking, kisah cintamu sedang dalam ‘proses’

5 Tips Menyemangati Diri untuk Single yang Lelah Jalin HubunganUnsplash.com/Thien Dang

Kamu mungkin merasa seperti terjebak dalam kesendirian saat ingin menjomblo. Tapi tahu nggak, adakalanya sesuatu itu butuh waktu lama untuk terungkap.

Bisa jadi pertemananmu dengan seseorang menjadi sesuatu yang spesial, orang dari masa lalu hadir dalam hidupmu, atau mungkin mantan kekasih dalam ikatan sehat kembali menghubungimu. Dengan kata lain, kisah cintamu ternyata sedang berproses tanpa kamu sadari.

4. Yakini bahwa akan ada saatnya kisah cinta sukses terjadi padamu

Hubungan terakhirmu meninggalkan luka mendalam dan sulit membuatmu untuk move on. Hingga rasa-rasanya kamu lelah untuk kembali merajut jalinan asmara baru dan meragukan jika hal buruk sebelumnya tak terulang lagi (misal, diselingkuhi).

Well, dalam masa menyendiri ini saatnya kamu membuang pemikiran negatif tersebut dan mulai membangun pola pikir positif. Jika kamu ingin itu benar-benar terjadi padamu, fokuslah pada kisah-kisah sukses dari mereka yang berhasil merawat jalinan asmaranya secara sehat.

5. Menikmati sisi positif dari status single

5 Tips Menyemangati Diri untuk Single yang Lelah Jalin HubunganUnsplash.com/Allef Vinicius

Rengkuh apa yang sedang kamu alami saat ini. Kehidupan single tak selamanya menyedihkan kok. Kamu jadi punya waktu untuk merawat diri, hangout dengan teman-teman, fokus ke pekerjaan, melakukan solo traveling dan beragam kegiatan positif lainnya.

Jangan hanya karena kamu lelah menjalin hubungan, lalu kamu mengkambing hitamkan status single. Menjadi single itu bukanlah hal yang buruk.

Ambil sisi positifnya dan jadikan momen itu sebagai kesempatan untuk menata diri dan membangun kehidupan lebih baik. Sayangilah tiap fase dalam hidupmu, baik itu saat bersama maupun tanpa someone special.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tips Menyemangati Diri untuk Jomblo yang Lelah Jalin Hubungan"

Baca Juga: 30 Kata-Kata Jomblo Penuh Motivasi Ini Cocok untuk Instagram Kamu