Merasa cemburu atau iri pada orang lain adalah emosi yang normal dirasakan oleh manusia. Ketika mendengar teman dekatmu baru saja membeli mobil mewah atau mendapatkan pasangan baru kamu mungkin merasa bangga, senang, sekaligus cemburu. Sebagian orang mungkin hanya merasakannya sebentar tetapi bagaimana kalau kecemburuan ini berlarut-larut? 

Dilansir dari Bustle, menurut psikolog Nicole Martinez, Psy.D., rasa cemburu dapat disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari rendah diri, insecure, ketergantungan, posesif, masalah kepercayaan, merasa tidak cukup baik dan masih banyak lagi. 

Perasaan cemburu dapat memberikan dampak buruk pada pertemananmu. Bahkan kamu mungkin bisa merusak dan menyakiti pertemanan yang terjalin. Kalau kamu sedang berusaha menghadapi permasalahan ini, berikut ada tips yang bisa kamu coba agar kamu segera bisa ikut berbahagia dengan kesuksesan temanmu. 

1. Akui perasaan cemburu yang kamu rasakan

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman Sendirifreepik.com

Mengakui rasa cemburu adalah langkah pertama yang penting dilakukan. Tidak perlu memberi tahu siapa pun, cukup mengakuinya pada diri sendiri. Mungkin kamu merasa aneh atau bingung saat cemburu pada kesuksesan teman sendiri dan perasaan ini bisa pergi seiring waktu. Namun, mengakui emosi dalam diri terkadang bisa membuatmu sedikit lebih baik. 

2. Ingatlah bahwa kamu punya keunikan tersendiri

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman Sendirifreepik.com

Percayalah bahwa kamu adalah seseorang yang unik. Tidak ada orang yang persis denganmu di dunia ini. Begitu juga temanmu. Kamu dan dia memiliki cara dan jalan hidup yang berbeda. Untuk itu, hindari membandingkan dirimu dengannya karena tidak ada gunanya, lho, Bela. 

3. Tidak perlu berusaha memenuhi standar sosial

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriPexels.com / Just Name

Perlu kamu sadari standar sosial terkadang memang kejam. Di usia muda, kamu mungkin dituntut banyak dari berbagai hal. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, keuangan, hingga urusan percintaan. Tidak semua orang bisa memenuhi semuanya dalam satu waktu. Begitupula denganmu. Jadi, kalau saat ini temanmu sudah berhasil dan kamu belum, tidak apa-apa. Hindari hidup untuk memenuhi standar sosial. 

4. Dengarkan isi hatimu

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriPexels.com/Mellamed

Luangkan waktu sendirian dan pikirkan baik-baik tentang apa yang sebenarnya membuatmu tertarik. Dengan begitu, kamu bisa hidup di jalan yang kamu benar-benar sukai. Percayalah, ketika kamu sudah berada di jalan yang tepat, sama sekali tidak ada yang perlu dicemburui. 

5. Hentikan kebiasaan membandingkan diri

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriPixabay.com/Anastasia Gepp

Inti dari permasalahan ini, sebenarnya ada pada membandingkan diri. Kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan sahabatmu karena hal ini tidak ada gunanya. Jadi, berhati-hatilah ketika pikiran ini muncul. Cari tahu apa yang ada di balik perasaanmu. Apa yang sebenarnya membuatmu insecure? Apa ketakutan di dalam dirimu? Dengan begitu kamu akan lebih mudah melepaskan kebiasaan ini. 

6. Jadikan temanmu sebagai inspirasi

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriFreepik.com

Alih-alih membandingkan diri dengannya, anggaplah kesuksesan dari temanmu sebagai inspirasi, Jika dia berhasil mencetak prestasi atau memiliki pekerjaan yang bagus, kamu juga mungkin bisa. Jangan ragu untuk belajar darinya atau sekedar meminta tips daripada sekedar duduk diam karena iri.

7. Bekerja sama dengan temanmu

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriPexels.com/Gustavo Fring

Percaya nggak sih, kalau memiliki teman yang sukses akan meningkatkan peluang kamu untuk sukses juga? Jadi, nggak ada salahnya lho untuk mulai bekerja sama dengannya. Dengan begitu, kamu dan dia bisa sama-sama merayakan kesuksesan bersama nantinya. 

8. Atasi rasa cemburu dengan cara yang sehat

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman SendiriFreepik.com

Well, di saat merasa cemburu pasti pikiran menjadi tidak tenang atau menjadi negatif. Itulah mengapa penting bagi kamu segera menghadapinya dan melampiaskannya dengan cara yang sehat. Setelah mengakui rasa cemburu, lakukan apapun yang bisa mengubah perasaan negatif menjadi positif.

9. Ingatlah bahwa hidup itu penuh perubahan

9 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Pada Kesuksesan Teman Sendiriinstagram.com/ royfatkhur

Kamu dan temanmu akan terus menghadapi jalan hidup yang berbeda. Segalanya akan berubah. Temanmu mungkin akan memiliki pekerjaan baru, hubungan baru, dan berbagai pencapaian baru di depan mereka. Jadi daripada terus memikirkan perbedaan di antara kamu dan temanmu, lebih baik fokus memperbaiki jalan hidupmu. 

Bagaimana, Bela, kamu mau kan berusaha menerima kesuksesan temanmu? 

Baca Juga: 6 Perubahan yang Pasti Terjadi dalam Hubungan Pertemanan di Usia 20-an

Baca Juga: 10 Tanda Penting untuk Mengenali Teman Palsu, Wajib Tahu!

Baca Juga: Naksir Teman Kantor? Ini Cara Ajak Dia Hangout Tanpa Rasa Canggung