Dalam pergaulan kita memang dituntut untuk bisa menjaga dan juga membawa diri. Tampil apa adanya memang tidak salah, tapi tetap harus menghargai orang di sekelilingmu, ya. Jangan sampai kamu malah bertindak seenaknya dan merugikan orang lain. 

Kalau kamu merasa lima sikap di bawah ini wajar dan sering dilakukan, wah, kayaknya kamu harus membenahi diri, tuh. Karena sikap di bawah ini bisa bikin kamu dijauhi oleh teman dan dikucilkan dari pergaulan. Apa saja, ya, sikap tersebut?

1. Hobi menebar janji tapi tak pernah ditepati

Sadar Nggak? 5 Sikap Ini Bikin Kamu Dijauhi TemanPexels.com/Gary Barnes

Boleh dibilang kalau soal berkata-kata manis kamulah jagonya. Bahkan banyak teman yang sudah jadi korbannya. Kamu kerap menjanjikan sesuatu hal pada mereka, hingga membuatnya percaya. Tapi sayangnya, janji hanyalah sekadar janji. Hampir semuanya tak pernah kamu tepati. 

Mulai dari urusan sepele seperti berjanji bakal datang ke acara reuni tepat waktu, sampai soal janji mau mentraktir teman-teman satu jurusan saat ulang tahunmu kemarin. Sekali dua kali ingkar janji masih bisa ditoleransi, deh. Tapi kalau keseringan begini siapa juga yang tak kesal. Lama-lama, tak ada lagi yang mau percaya sama kamu.

2. Suka menyombongkan diri

Sadar Nggak? 5 Sikap Ini Bikin Kamu Dijauhi Temanunsplash.com

Salah satu sifat seseorang yang paling bisa bikin kesal melihatnya adalah sombong. Sayangnya, sifat itu tertanam kuat pada dirimu. Sudah jadi rahasia umum, deh, tiap kali kumpul bareng kamu selalu 'cari panggung'. Menceritakan segala sesuatu tentang dirimu yang dipenuhi dengan kemewahan. 

Tak hanya soal harta, kamu juga sering menyombongkan pencapaian dan kesuksesanmu. Ketika kamu terlalu fokus pada dirimu sendiri dan hanya menceritakan kamu, kamu, kamu saat bersama teman. Siap-siap dijauhi, deh. Semua juga akan capek berteman denganmu.

3. Tak bisa menjaga rahasia teman dan senang bergosip

Sadar Nggak? 5 Sikap Ini Bikin Kamu Dijauhi TemanPexels.com/Sound On

Sebagai sesama teman wajar, jika kalian saling berbagi cerita bahkan sampai menceritakan masalah yang terbilang pribadi. Tapi tahu nggak, sih? Ketika temanmu sudah membeberkan rahasianya, itu artinya dia percaya banget sama kamu. Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaannya itu, lho. 

Namun, jika kamu dengan teganya menjadikan kisah itu sebagai bahan gosip sama teman-temanmu yang lain, hal ini tentu bisa merusak pertemananmu. Kamu pun akan mendapatkan predikat tukang gosip, sehingga nggak ada lagi yang mau berteman denganmu.

4. Sering ngambek tanpa alasan jelas

Sadar Nggak? 5 Sikap Ini Bikin Kamu Dijauhi TemanPexels.com/Liza Summer

Sakit hati sama sikap teman itu hal yang wajar, namanya juga bersosialisasi. Kadang kamu harus mendengar perkataan yang menyakitkan hati, maupun perilaku yang mungkin tak berkenan di hatimu. Hanya saja, cara meluapkan emosi tersebut jangan kekanak-kanakan, ya, Bela. 

Misalnya seperti marah-marah tak jelas ke orang yang tidak tahu apa-apa. Belum lagi ketika kamu suka mendiamkan orang tanpa sebab. Hanya karena si A adalah teman dekat orang yang bikin kamu kesal, eh, dia harus kena batunya dan ikut mendapat perlakuan buruk darimu. Sikap ini, nih, yang pada akhirnya justru membuatmu dikucilkan pula oleh orang-orang di sekitarmu

5. Terkenal pelit dan tak suka berbagi

Sadar Nggak? 5 Sikap Ini Bikin Kamu Dijauhi Temanfreepik.com/drobotdean

Berhemat, sih, boleh-boleh saja tapi jangan sampai membuatmu jadi orang yang pelit juga, ya. Apalagi berat jika harus berbagi ke sesama teman. Padahal saat sedang kesusahan, mereka tak segan-segan memberimu bantuan, lho.

Namanya teman sudah tentu harus saling membantu. Tapi sifat pelit dan nggak suka berbagi, bisa bikin kamu ditinggalkan teman.

Nah, apakah kamu memiliki sikap di atas? Semoga tidak, ya. Tapi jika teman-teman mulai menjauhimu, coba instrospeksi diri dulu, siapa tahu secara nggak sadar kamu melakukan hal-hal di atas.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!"

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Teman Lepas Hijab, Menurut Primbon dan Pandangan Islam

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Teman Sejati Menurut Agama Islam

Baca Juga: 11 Chat Teman Lagi Butuh Bantuan Ini Bikin Jengkel, Emosi Jiwa!