Memiliki banyak teman sudah pasti merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, tak berarti semua tipe teman layak dan pantas menjadi temanmu. Ada tipe teman yang layak kamu pertahankan, dan ada beberapa yang layak kamu tinggalkan. Kalau ada lima teman macam ini dalam hidupmu, baiknya kamu tinggalkan saja.

1. Si tukang mengeluh

Apapun yang Terjadi, 5 Tipe Teman Ini Nggak Layak Kamu Pertahankanimdb.com

Seseorang yang selalu bersemangat bertemu denganmu. Bukan karena rindu, tapi karena dia menganggapmu bagai tempat sampah dan ingin menumpahkan seluruh keluhannya. Saat bersama, tak ada percakapan lain selain membicarakan masalahnya.

2. Si pencemburu

Apapun yang Terjadi, 5 Tipe Teman Ini Nggak Layak Kamu Pertahankanimdb.com

Dia selalu memberikan respons negatif terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup kamu. Entah itu prestasi dalam pekerjaan ataupun kekasih baru. Dia tak pernah mendukung atau turut bahagia atas keberhasilanmu.

3. Si tukang gosip

Apapun yang Terjadi, 5 Tipe Teman Ini Nggak Layak Kamu Pertahankantheodysseyonline.com

Setiap bertemu, dia hanya menggosipkan tentang orang lain, tanpa tahu hal tersebut benar atau tidak. Parahnya, dia tak segan mengumbar rahasia kamu pada orang lain dengan sengaja. Teman macam ini tak pantas kamu percaya.

4. Si pelit

Apapun yang Terjadi, 5 Tipe Teman Ini Nggak Layak Kamu Pertahankanplaybuzz.com
Manusia mana yang betah dengan seseorang yang pelit? Sifat pelit bukan hanya tidak disukai manusia, tapi Tuhan juga melarang kita untuk memiliki sifat macam ini. Kalau punya teman macam ini lebih baik kamu jauhi.

5. Si munafik yang bermuka dua

Apapun yang Terjadi, 5 Tipe Teman Ini Nggak Layak Kamu Pertahankantelegraph.co.uk

Kalau ada temanmu yang munafik, yaitu apa yang dikatakannya berbeda dengan apa yang dia lakukan, jauhi saja, Bela. Dia sering berpura-pura, tidak terbuka, dan tidak apa adanya. Berbohong sudah menjadi kebiasaan. Mirip seperti tipe penggosip, segala yang keluar dari mulutnya tidak dapat dipercaya.

Apa kamu sudah bisa mengidentifikasi mana teman yang baik dan mana yang buruk untukmu? Percayalah, teman juga merupakan cerminan diri. Orang baik akan berteman dengan orang baik. Semoga persahabatanmu langgeng hingga tua nanti, ya!

BACA JUGA : 5 Tipe Teman Baik yang Wajib Ada dalam Hidupmu