Ketika orangtua sudah meninggal, maka tak ada lagi yang bisa kita lakukan selain memanjatkan doa untuk mereka. Dan memang tidak ada lagi yang bisa diharapkan oleh orangtua yang telah meninggal, kecuali untaian kalimat doa dari sang anak. Itu artinya, mendoakan kedua orangtua yang sudah meninggal merupakan keharusan bagi seorang anak. Bukankah kamu juga ingin menjadi anak yang berbakti pada kedua orangtuamu, Bela?

Mendoakan orangtua yang sudah meninggal bisa dilakukan sembari berziarah ke kuburnya ataupun dilakukan di rumah seusai melaksanakan salat. Ada hadis yang mengatakan bahwa, "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara. Yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak saleh." Berikut doa yang bisa kamu ucapkan supaya orangtuamu mendapat pengampunan dan perlindungan di surga.

Doa untuk orangtua yang sudah meninggal

Hubungan orangtua dan anak akan terputus ketika salah satunya meninggal dunia. Namun, meskipun kamu tak bisa lagi melayani mereka secara langsung, kamu bisa mengirimkan doa ini pada mereka.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Kalau yang sudah meninggal adalah ibu (perempuan), maka lafadz 'HU' diganti menjadi 'HA' (Allahummagh fir Laha). Dan jika keduanya sudah meninggal, maka lafadz 'HU' diganti menjadi 'HUMA' (Allahummagh fi La Humma).

Cara berbakti pada orangtua yang sudah meninggal

Meski orangtuamu sudah meninggal, masih ada cara bagi anak untuk tetap bisa berbakti pada mereka. Namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Cara berbakti pada orangtua yang sudah meninggal:

1. Memohon ampunan kepada orangtua melalui Allah dengan taubat nasuha. Jujurlah kepada Allah kalau kamu pernah berbuat durhaka kepada orangtua sewaktu masih hidup.

2. Mensalatkan dan menguburkan jenazah dengan cara yang baik.

3. Memohon ampunan kepada Allah untuk kedua orangtua.

4. Membayar dan melunasi hutang orangtua semasa hidup.

5. Melaksanakan wasiat almarhum sesuai syariat.

6. Menyambung tali silaturahmi dengan mereka yang pernah menjalin silaturahmi dengan orangtua.

7. Menjaga nama baik orangtua yang sudah meninggal.

Cara obati rindu pada orangtua yang sudah meninggal

Selain mendoakan, kamu bisa juga mengobati rindumu pada orangtua. Rindu ini nyatanya bisa diekspresikan dengan amalan-amalan yang bisa kamu lakukan untuk mereka.

Cara mengobati rindu kepada orangtua yang sudah meninggal:

  1. Bersedekah, bisa dengan harta, ilmu, atau memberi makan dan minum pada orang yang membutuhkan dan meniatkan pahalanya untuk kedua orangtua.
  2. Membaca al-Quran. Tapi kalau tidak sanggup khatam, bacakan surat Yasin. Kalau tidak sanggup, paling sedikit bacakan ummul Quran, yaitu Al Fatihah.
  3. Ziarah ke makamnya. Ziarah in dimaksudkan agar kamu mengingat akhirat dan tidak terlalu cinta pada dunia.

Kalau orangtuamu masih hidup, jangan sia-siakan kesempatan untuk selalu membahagiakan, membanggakan, dan menyayangi mereka sebelum tiada ya, Bela! Tapi kalau sudah meninggal, selalu doakan, rutin sambangi kuburnya, dan teruskan apa yang telah mereka perjuangkan selama hidup.

Baca Juga: 7 Cara Minta Maaf kepada Orangtua agar Mudah Dimaafkan