Kamu mungkin pernah mendengar istilah self-love ini dan betapa pentingnya mencintai diri sendiri sebelum akhirnya mencintai orang lain. Tapi, apakah self-love itu?

Self-love merupakan keadaan di mana kita memberi penghargaan terhadap diri sendiri. Keadaan ini tumbuh dari tindakan yang mendukung pengembangan diri kita secara fisik, psikologis, hingga spiritual. Self-love bukan sekadar merasa percaya diri, lebih dari itu karena dengan mencintai diri sendiri artinya kita menjunjung tinggi kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi kebutuhan diri kamu sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan kamu untuk menyenangkan orang lain. Self-love juga artinya bisa menerima kekurangan yang ada dalam diri dan merangkulnya sebagai bagian dari diri kamu.

Self-love memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang, karena kita semua memiliki banyak cara untuk menjaga diri sendiri. Hanya kitalah yang paling tahu bagaimana cara membahagiakan diri. Mencari tahu apa arti self-love bagi diri sendiri merupakan hal penting untuk kesehatan mental kamu.

Bagaimana caranya mulai melakukan self-love

Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan KamuPexels.com/Maddog

Ada banyak cara bagi orang untuk melakukan self-love. Berikut ini adalah daftar panjang yang bisa kamu coba untuk mempraktikkan self-love dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu semuanya sekaligus, tapi kamu bisa membuat daftar mengenai hal apa yang mau kamu coba lebih dulu dan yang lainnya bisa menyusul.

Jadi, tarik napas panjang dan mulailah melakukan hal ini:

1.      Mulailah hari dengan mengatakan hal positif pada dirimu. Katakan bahwa kamu bisa mengatasi situasi yang kamu hadapi atau katakan betapa cantiknya diri kamu hari ini. Apa pun yang bisa membuatmu tersenyum.

2.      Isi tubuhmu dengan makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh juga merupakan bentuk self-love, lho.

3.      Gerakkan tubuhmu dan jangan hanya berdiam diri. Lakukan aktivitas yang kamu sukai dan nikmati tiap momennya.

4.      Jangan selalu percaya apa yang kamu pikirkan. Kerap kali dirimu adalah pengkritik terbesar. Jika dilakukan secukupnya, kritik itu bagus, namun jika berlebihan hal itu bisa menahan dirimu dari menjalani hidup seutuhnya.

5.      Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang tulus mencintaimu dan mendorongmu untuk lebih maju.

Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan KamuPexels.com/Ylanite Koppens

6.     Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang memiliki masalah dan keberuntungannya sendiri-sendiri.

7.      Putuskan semua hubungan toxic yang kamu miliki, baik dengan teman maupun pacar. Jauhi orang yang hanya membuat kamu merasa ‘rendah’.

8.      Rayakan setiap kemenangan, kecil maupun besar. Kamu harus merasa bangga apa pun hal yang berhasil kamu capai itu.

9.      Keluar dari zona aman dan cobalah hal-hal baru sesekali. Kamu akan bisa merasakan hal yang tak pernah kamu rasakan sebelumnya, ketika berhasil melakukan sesuatu yang mungkin tak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

10.      Cintai hal-hal yang membuatmu berbeda dari orang lain. Hal-hal itulah yang membuat kamu spesial.

Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan KamuPexels.com/Daria Shevtsova

11.      Pahami bahwa kecantikan seseorang tak bisa didefinisikan. Jangan biarkan potret para model dan aktris yang kamu lihat di media sosial membuat kamu menginginkan tubuh atau wajah yang sempurna.

12.      Ambil waktu untuk menenangkan diri setiap harinya. Ketika kamu merasa hari begitu berat, tenangkan diri, tarik napas panjang, dan bersihkan pikiran kamu dari semua kegalauan.

13.      Ikuti passion-mu. Kamu tahu hal apa yang membuat kamu bersemangat. Meski kadang kamu merasa ragu untuk melakukan, cobalah beranikan diri untuk mengejar passion itu.

14.      Bersabarlah tapi tetap gigih. Tak ada segala sesuatu yang instan. Hargai setiap prosesnya hingga akhirnya kamu berhasil meraih apa yang kamu inginkan.

15.      Perlakukan orang lain dengan cinta dan rasa menghargai. Hal itu akan membuat kamu merasa lebih dan tentunya orang pun akan membalas dirimu dengan perlakuan serupa.

Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan Kamucloudfront.net

16.      Cari hal-hal yang bisa kamu syukuri setiap harinya. Sekecil apa pun hal itu, tetap syukuri setiap nikmat yang rasakan.

17.      Maafkan dirimu. Kamu tentunya tak luput dari kesalahan, namun tak ada yang bisa kamu ubah. Jadikah hal itu sebagai pembelajaran dan percayalah pada kemampuanmu untuk berkembang.

18.      Hubungi teman, keluarga, atau siapa pun setiap kali kamu membutuhkan bantuan. Jangan pernah merasa sendirian, karena ada banyak yang menyayangi kamu.

19.      Belajarlah untuk berkata tidak. Kadang berkata “tidak” tidak akan membuat kamu menjadi orang jahat, kamu hanya berusaha cerdas untuk mengatur waktu.

20.      Jadilah realistis. Tak ada satu orang pun di dunia yang bisa merasa bahagia setiap harinya. Kenapa? Karena kita semua hanyalah manusia. Kita bisa melakukan kesalahan, kita bisa merasakan emosi baik atau buruk, dan itu semua tak apa-apa.

Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan KamuPexels.com/Andrea Piacquadio

21.      Lepaskan trauma dan segala sakit hati yang mungkin pernah kamu alami. Apa yang sudah lewat biarlah berlalu. Kamu berhak mendapatkan yang lebih baik dibanding berkutat dengan masa lalu.

22.      Cobalah kreatif dan ekspresikan dirimu. Bisa melalui lukisan, tulisan, foto, musik, atau apa pun. Tak perlu sesuatu yang mewah. Menyentuh sisi kreatifmu berguna untuk pengembangan diri dan pelepasan emosi.

23.      Berhentilah untuk selalu mendengarkan pendapat orang lain tentang pilihanmu. Ini adalah hidupmu, jalanilah sesuai dengan keinginanmu.

24.      Jika kamu merasa kurang suportif terhadap dirimu sendiri, ubahlah cara pandang itu.

25.      Terakhir, bersenang-senanglah! Lakukan apa yang kamu sukai dan nikmati.

Itulah arti self-love dan bagaimana caranya mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. Praktikkan sekarang, ya, Bela!

Baca Juga: Pesan BCL Soal Self-Love dalam Ucapan Ultah untuk Ashraf

Baca Juga: 7 Ilustrasi Lucu Perbedaan Saat Masih Single dan Sudah Menikah

Baca Juga: 5 Hal Ini Bakal Dirasakan Perempuan Single Berusia 30 Tahun