Pasti menyakitkan jika ditinggalkan oleh pacar yang kamu sayang. Dan lebih menyakitkan saat kesalahan ada pada dirimu. Apalagi, jika dia sudah memberikan kesempatan kepadamu untuk memperbaiki. Tetapi menurutnya kamu masih belum menggunakan kesempatan itu dengan baik. Akhirnya dia lebih memilih meninggalkanmu. Langkah-langkah ini yang bisa kamu lakukan ketika sedang patah hati.

1. Bersedih dan menyesal

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hati
 

Tidak ada salahnya kamu bersedih dan menyesal, karena itu adalah bentuk dari mengakui kesalahan. Dalam fase ini kamu boleh menangis dan menyalahkan diri sendiri. Tetapi ingat, tidak boleh terlalu lama karena itu tidak baik untuk dirimu.

2. Meminta maaf dan memaafkan diri sendiri

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hatiwww.gramunion.com

Jika kamu sudah coba untuk memperbaiki dan mempertahankan hubungan tetapi tidak berhasil, minta maaflah kepadanya. Tunjukkan bahwa kamu tulus meminta maaf. Karena tidak ada yang bisa dilakukan selain meminta maaf pada seseorang yang ingin pergi dari hidup kita. Dan reaksi apapun yang dia berikan kepadamu, cobalah untuk menerimanya. Nah, setelah urusanmu dengannya selesai saatnya kamu fokus terhadap dirimu. Dimulai dengan memaafkan diri sendiri. Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah berusaha sebaik mungkin dan semua kesalahan bukan hanya berasal dari kamu.

3. Mendekatkan diri kepada Tuhan dan berkumpul dengan keluarga

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hati
 

Saat patah hati biasanya seseorang rentan untuk melakukan hal-hal bodoh dan negatif. Jadi, sangat dianjurkan jika kamu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Mintalah kekuatan dan kesabaran serta doakan yang terbaik untuk dirimu sendiri dan dirinya. Kalau biasanya waktu luangmu terbagi-bagi untuk keluarga, sahabat dan pacar, sekarang prioritasmu berkurang satu. Kamu jadi punya banyak waktu untuk keluarga. Nikmatilah momen bersama mereka selagi ada. Dengan pergi bersama untuk sekedar makan malam di luar, menonton film, berwisata dan lain-lain. Siapa bilang hang out bersama keluarga tidak menyenangkan.

4. Sahabat adalah obat penyembuh yang ampuh

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hati
 

Jadi, pergilah bersenang-senang dengan mereka. Karena mereka yang akan bersedia mendengarkan keluh kesahmu dan selalu ada di momen sedih dan senang dalam hidupmu. Biasanya mereka akan selalu mengingatkan dirimu untuk bahagia. Mereka akan mengajakmu melakukan hal-hal menyenagkan yang otomatis akan membuatmu lupa dengan sakit hatimu.

5. Memperbaiki diri

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hatiwww.filmz.ru

Cobalah untuk mengingat apa saja kesalahan-kesalahnmu dan dirinya yang membuat hubungan kalian tidak berhasil. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan itu semua sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri. Jangan lupa luangkan waktu untuk menggali potensimu. Jadi, waktu yang selama ini dihabiskan bersama pacarmu bisa kamu alihkan untuk mengasah potensi-potensi seperti menulis, menyanyi, menari, melukis dan lain-lain sesuai dengan minatmu.

6. Berpikir dan melakukan hal positif

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hati
 

Biasanya seseorang yang sedang patah hati akan menyalahkan diri sendiri dan berangan-angan ingin kembali pada sang pacar. Dengan mempercayai bahwa selalu ada hal baik yang bisa dijadikan pelajaran, akan membuatmu lebih bersyukur. Karena kunci dari kebahagiaan adalah dengan ikhlas menerima keadaan. Jangan merusak diri dengan hal-hal tidak baik. Lakukan hal-hal positif seperti ikut komunitas sosial, go green atau pecinta alam. Buatlah dirimu berguna untuk keluarga, sahabat serta lingkunganmu.

7. Jangan kehilangan harapan

7 Langkah Jitu Menyembuhkanmu dari Patah Hatiwww.moviepilot.de

Setelah semua usaha yang kamu lakukan untuk menyembuhkan rasa sakit hatimu, jangan sampai kamu takut untuk memulai hubungan yang baru. Justru saat semua hal-hal positif yang sudah kamu perjuangkan, semoga bisa membawa kebaikan untuk dirimu dan mendatangkan seseorang yang baik pula di masa depan.

BACA JUGA: 5 Cara Ampuh Kembali Dalam Pelukan Sang Mantan