Belakangan, banyak sekali lahir aplikasi online dating yang digemari masyarakat kini. Hal tersebut dinilai membantu membangun relasi untuk terhubung dengan orang baru. Malah nggak jarang juga yang memang serius mencari pasangan dari aplikasi online dating tersebut.

Jodoh memang bisa bertemu di mana saja dan kapan saja. Mengikuti online dating seperti itu pun merupakan salah satu cara dan usaha untuk mendekatkan jodoh. Nggak jarang kok orang yang benar-benar menemukan jodohnya lewat aplikasi online dating. Namun demikian, ada beberapa tips aman untuk menghindarkanmu dari hal-hal yang bisa merugikanmu selama mengikuti aplikasi online dating seperti Tinder. Apa saja tipsnya ya, Bela?

1. Jangan melihat hanya dari foto

Berburu Jodoh Jangan Asal Swipe, Ini 5 Tips Aman Bermain Tinderreiss.com

Zaman sekarang, dengan canggihnya fitur kamera serta editing foto, seringkali kita tertipu oleh penampiln aslinya. Nggak jarang banyak juga yang terperangkap oleh foto profil yang ternyata beda dari aslinya. 

Selain itu, tampan bukan berarti orang baik. Kamu perlu mengenalnya terlebih dahulu baru bisa memutuskan untuk berlanjut atau cukup hanya sebatas chat saja.

2. Hati-hati memberikan data pribadi

Berburu Jodoh Jangan Asal Swipe, Ini 5 Tips Aman Bermain Tinderpexels.com

Memberikan infromasi pribadi boleh-boleh saja asal dalam batasan normal. Jika ia mulai menanyakan hal-hal yang bersifat sangat pribadi seperti bank account, nomor KTP, alamat lengkap, tempat tanggal lahir dan hal-hal yang mencurigakan, hindari ya, Bela. Cukup memberikan informasi sewajarnya saja. Dikhawatirkan ia akan menjadikan datamu untuk hal-hal yang merugikanmu kelak.

Hindari juga mengirimkan foto pribadi terlalu banyak atau foto pribadi yang hanya untuk konsumsi pribadi saja. Banyak beberapa kasus yang menggunakan foto syur pribadi yang dijadikan alat untuk mengancam di mana ia akan menggunakannya untuk memanfaatkanmu.

3. Bertemulah di tempat ramai

Berburu Jodoh Jangan Asal Swipe, Ini 5 Tips Aman Bermain Tinderpexels.com

Jika ia memintamu bertemu di tempat yang nggak kamu hafal, terlalu jauh, atau ditempat yang sepi, cobalah untuk menghindar dan mengajaknya ke tempat yang kamu hafal dan lebih ramai. Jika perlu, mintalah temanmu atau orang terdekatmu untuk mengawasi kalian jika dikhawatirkan terjadi hal yang nggak diinginkan.

4. Kenali dulu teman-teman dan orang terdekatnya

Berburu Jodoh Jangan Asal Swipe, Ini 5 Tips Aman Bermain Tinderpexels.com

Beberapa orang menyembunyikan lingkungan mereka untuk melindungi sesuatu. Jika memang dia yang kamu temui dari Tinder mengenalkanmu pada dunianya, termasuk teman-teman, orang terdekat bahkan keluarganya, sudah bisa dipastikan jika niatnya memang serius denganmu dan nggak punya maksud jahat. 

Hati-hati juga Bela jika dia terkesan menyembunyikan lingkungannya dan terlalu misterius. Bukan berpikiran negatif, namun sikap hati-hati tetap perlu kita miliki.

5. Jangan terburu-buru

Berburu Jodoh Jangan Asal Swipe, Ini 5 Tips Aman Bermain Tinderpexels.com

Orang yang sudah lama kita kenal saja belum tentu terpercaya, apalagi orang baru, Bela. Jangan serta merta memberikan seratus persen kepercayaanmu begitu saja. Percaya boleh, namun sewajarnya. Jangan karena diimingi sesuatu atau diberi janji, kamu mau saja memberikan hal-hal yang berharga. 

Memang nggak semua lelaki yang kamu temui di Tinder akan berbuat jahat, tapi tetap hati-hati nggak ada salahnya kan, Bela. Berilah kalian waktu untuk saling mengenal terlebih dahulu. Jangan langsung terburu-buru dan terpancing hasrat ya, Bela jika kamu nggak ingin menyesal kemudian.

Baca Juga: 5 Gaya Pacaran Nabila Zirus dan Kekasih, Mirip Sampai Dibilang Jodoh