Mencintai diri sendiri memang membutuhkan waktu. Seringkali kita terlalu membandingkan diri kita dengan orang lain dan membuat kita malah kehilangan jati diri dan nggak tahu kelebihan apa yang kita miliki.

Mencintai diri sendiri adalah salah satu cara kita bersyukur pada Yang Maha Kuasa atas nikmat kesempatan hidup. Namun terlalu mencintai diri sendiri juga nggak baik jika sampai mengabaikan hak dan kewajiban sesama. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar lebih percaya diri mencintai diri sendiri tanpa terkesan narsis.

5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri-

Semua amal tergantung niatnya. Nah, niatkan untuk kebaikan ya, Bela. Dengan lebih percaya diri mencintai diri sendiri, kita bisa memaksimalkan kemampuan atau bakat kita untuk memberikan kebaikan bagi orang lain.

Setelah niat yang tulus dan kuat, maka segera lakukan. Berikanlah penilaian kita terhadap diri sendiri. Gali kelebihan dan kekurangan. Apa yang membuatmu nyaman dan nggak nyaman. Apa keahlianmu. Apa yang membuat kamu kesal, marah dan bagaimana kamu nyaman mengatasinya. Kamu bisa mengontrol dirimu. 

5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri-

Setelah kamu memahami tingkat kepercayaan dirimu saat ini, sekarang saatnya untuk mulai membangun kepercayaan diri dengan rutinitas yang membuatmu lebih percaya pada dirimu sendiri dan semakin mencintai dirimu.

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan kamu jadikan rutinitas. Pertama adalah latihan fisik atau olahraga. Olahraga bagus untuk kesehatan mental dan fisikmu. Kedua adalah tidur dengan teratur. Tidur yang cukup bisa menjaga mood-mu serta pola makanmu. Yang ketiga makan makanan yang sehat. Dan terakhir, selalu berpikir positif.

5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri-

Ternyata, bahasa tubuh sangat berdampak terhadap kepercayaan dirimu. Ada beberapa cara untuk melatih bahasa tubuh agar lebih percaya diri dan bisa membuat mood kita lebih stabil dan baik.

Sering tersenyum. Ternyata Bela, ketika kita sering tersenyum, otakmu merespons secara kimia membantu mengurangi stres dan memiliki efek relaksasi. 

5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri-

Otak kita punya banyak pikiran yang sering muncul dari alam bawah sadar. Setiap kali kamu memiliki pikiran yang sama, keyakinanmu terhadapnya semakin kuat. Nah di sinilah tugasmu untuk memberikan afirmasi bagi otakmu.

Seringlah memberikan ketegasan pada pemikiranmu bahwa kamu adalah orang yang layak dicintai, percaya diri, punya kelebihan, sehingga lambat laun alam bawah sadarmu akan membentuk dirimu sesuai dengan apa yang kamu tanam pada otakmu. Mulai sekarang, hati-hati dengan hal negatif yang kamu percayai ya, Bela.

5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri-

Dilangkah pertama, kamu sudah mengevaluasi dirimu dengan memberikan penilaian. Hasil dari evaluasi tersebut pastinya akan memunculkan kelemahan dan kelebihan. Nah Bela, ini saatnya kamu menantang kelebihan yang kamu miliki.

Kamu bisa mengeksplorasi dirimu dan mencoba hal-hal baru yang didukung kelebihanmu. Caranya yakni dengan latihan dan belajar. Memang awalnya akan nggak menyenangkan karena memaksa kamu harus keluar dari zona nyaman. Tapi ketika kita berhasil melewatinya, hal itu jadi nggak akan memberatkan lagi.

Baca Juga: Akan Jadi Istri Seperti Apa Kamu? Cek dari Binatang yang Kamu Lihat