Hari kasih sayang yang jatuh di tanggal 14 Februari lalu banyak dirayakan oleh pasangan untuk saling memberi hadiah atau memberi momen berharga. Banyak yang menggunakan kesempatan tersebut untuk melamar sang kekasih atau menembak orang yang disukai.

Di Korea Selatan sendiri, tanggal 14 Februari dirayakan dengan cara unik. Yakni sang perempuan memberikan cokelat atau hadiah kepada lelaki yang mereka sukai yang nantinya akan menerima jawaban pada waktu White Day yang jatuh pada 14 Maret.

Bagi yang single, jangan sedih. Para single di Korea Selatan juga punya hari khusus untuk merayakan kesendirian mereka yang jatuh pada tanggal 14 April yang dikenal dengan nama Black Day. Kira-kira bagaimana ya merayakannya?

1. Memakai pakaian serba hitam

Mengenal Black Day, Hari Khusus untuk Para Single di Korea Selatanpinterest.com

Hitam bukan berarti duka. Saat Black Day, para single akan mengenakan pakaian serba hitam. Nggak heran jika pada tanggal 14 April jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, banyak ditemui orang yang berpakaian serba hitam.

Nah, para single ini akan berkumpul bersama sambil makan dan ngopi bersama. Bukan berarti single ke mana-mana harus sendiri. Para single ini akan hangout dengan teman mereka sesama single.

2. Makan Jjajangmyeon

Mengenal Black Day, Hari Khusus untuk Para Single di Korea Selatanasianinspirations.com.au

Terkadang, orang yang sedih atau patah hati membutuhkan semangkuk mi untuk menghibur mereka. Nggak heran, jika kamu nonton drama atau film Korea, ketika mereka sedih, mereka sering makan jjajangmyeon. 

Jjajangmyeon merupakan mi kacang hitam yang sebenarnya bukan asli dari Korea Selatan. Jjajangmyeon secara luas dikenal sebagai hidangan Korea-Tiongkok, aslinya mi ini berasal dari Tiongkok dengan nama zhajiangmian. Jjajangmyeon merupakan mi yang sehat. Hal tersebut disebabkan kandungan yang terdapat dalam mi tersebut yang memiliki manfaat kesehatan dari saus kacang hitam. 

3. Minum kopi hitam

Mengenal Black Day, Hari Khusus untuk Para Single di Korea Selatanpinterest.com

Bukan hanya makan jjajangmyeon, saat Black Day biasanya mereka juga minum kopi hitam. Nggah heran ketika Black Day tiba, permintaan kopi hitam meningkat di kafe-kafe.

4. Sajian jjajangbap

Mengenal Black Day, Hari Khusus untuk Para Single di Korea Selatanfuturedish.com

Selain mi kacang hitam, ada juga yang merayakan Black Day dengan memesan dan makan jjajangbap atau nasi kacang hitam. Jjajangbap merupakan nasi yang dilumuri saus kacang hitam. Hampir sama seperti jjajangmyeon, bedanya jjajangbap ini berupa nasi.

5. Banyak matchmaking event

Mengenal Black Day, Hari Khusus untuk Para Single di Korea Selatanpinterest.com

Jangan terlalu sedih, ternyata beberapa restoran, kafe atau tempat hiburan bisanya ketika Black Day mengadakan acara untuk para single seperti speed dating.

Speed dating adalah proses perjodohan yang bertujuan mendorong para lajang yang memenuhi syarat untuk bertemu sejumlah besar calon pasangan dalam waktu yang sangat singkat. 

Baca Juga: White Day, Hari yang Dinanti-nanti Banyak Perempuan di Korea Selatan