Mungkin semua manusia yang pernah merasakan jatuh cinta, pasti akan merasakan patah hati. Banyak hal yang membuat kita menjadi patah hati, entah karena dikhianati, bertepuk sebelah tangan, atau bahkan ditinggal menikah. Rasa sakit akan menyelimuti hati terutama saat mengingat si dia. Hidup kita merasa terpuruk, tak berdaya bahkan dapat membuat kita membenci diri sendiri. Hal itu sangatlah berbanding terbalik dengan makna cinta yang sesungguhnya, karena cinta ada untuk membuat kita bahagia. Ada 5 cara move on tanpa merasa sedang move on.

1. Jalankan Hobi

4 Cara Move On Tanpa Merasa Sedang Berusaha Move On

Saat jatuh cinta pikiran kita biasanya akan selalu tertuju pada si dia. Tak peduli apapun tingkah yang dia lakukan, semuanya akan terasa menarik dan membuatmu bahagia. Namun sangat berbeda apabila hatimu telah patah karenanya, jangankan untuk melihat, mengingatnya saja sudah membuat hatimu sakit. Jangan khawatir, kalian bisa tetap terus berjalan meski tanpa ada dia. Salah satunya dengan menjalankan hobi. Coba ingat kembali apa saja hal yang membuatmu sangat menikmatinya. Entah itu membaca buku, menyanyi, menari atau bahkan belajar bahasa. Dengan menjalankan hobi yang kamu minati, maka waktu luangmu akan termanfaatkan untuk melakukan hal yang positif.

2. Gali Potensi Diri

4 Cara Move On Tanpa Merasa Sedang Berusaha Move On

Setelah hobi dijalankan, sekarang waktunya untuk menggali potensi yang ada pada dirimu. Misalkan kamu suka menulis puisi saat kamu sedang patah hati, mungkin saja sebenarnya kamu memendam bakat menjadi penulis. Sebenarnya kalau kamu jeli, bisa jadi bakat terpendam yang ada pada dirimu bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Tentu menjadi penulis akan menyita waktu, tetapi efek positif nya kamu bisa membuat dirimu berpikir bahwa dunia ini bukan hanya melulu tentang cinta. Hobi sekaligus bakat bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan bukan?

3. Tidak Melupakan dan Memaafkan

4 Cara Move On Tanpa Merasa Sedang Berusaha Move On

Mau move on dengan cepat? Kuncinya adalah justru dengan tidak melupakan. Semakin kamu ingin melupakan, maka saat itu juga kamu akan teringat. Biarkan dia yang pernah kamu cintai menjadi masa lalu. Masa lalu yang akan menjadi pelajaran berharga untukmu. Kalau kamu bisa bertemu dia yang terbaik menurut versinya kamu dan pada akhirnya kamu tidak bersatu, itu mungkin karena kamu akan dipertemukan dengan orang yang lebih baik dari dia. Maafkan juga si dia untuk kebaikan dirimu sendiri. Karena semakin banyak kamu membenci orang lain, semakin banyak energi negatif yang terkuras untuk memikirkan hal buruk tentang orang lain.

4. Bersyukur dan Cintai Diri Sendiri

4 Cara Move On Tanpa Merasa Sedang Berusaha Move On

Bersyukur adalah menerima keadaan yang ada setelah kita berusaha semaksimal mungkin. Dengan bersyukur akan membuat hidup bahagia. Bersyukur berarti kamu tidak mengeluh dengan keadaan. Mungkin saja saat ini kamu masih sendiri, tapi hal itu tak lantas membuat dirimu sedih. Karena kamu masih memiliki keluarga yang mencintaimu, sahabat yang selalu ada untukmu, dan juga kamu masih memiliki kesempatan untuk menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Dan jangan lupa untuk mencintai diri sendiri, karena bila dirimu sudah mencintai diri sendiri maka kamu takkan membiarkan dirimu sakit hati karena orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kamu juga sudah menghargai diri sendiri.

Semua yang sudah disebutkan di atas tidak akan ada manfaatnya kalau tidak kamu lakukan segera. Jadi tak perlu menunggu tapi lakukan sekarang juga !

 

photo credit: The Bourne Legacy/Universal Pictures/www.imdb.com

BACA JUGA: Setelah Putus, Waspadalah Dengan 5 Gejala Ini

4 Cara Move On Tanpa Merasa Sedang Berusaha Move OnInformasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.