Kalau kamu sedang bernostalgia dan teringat mantan, sahabat-sahabatmu biasanya mengingatkanmu bahwa "Yang sudah berlalu biarkan saja berlalu,". Memang, banyak yang bilang mantan tak seharusnya diingat-ingat lagi. Sudah jadi bagian dari masa lalu, katanya. Tapi menurut Popbela, penting banget lho untuk mengenang segala memori yang sudah kalian bagikan bersama. Ini dia delapan alasannya. Simak baik-baik, ya! 

 

1. Kamu akan tertawa mengingat sepelenya permasalahan kalian

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliancomingsoon.it

Mungkin pada saat itu masalah kalian terasa sangat berat dan besar. Tapi kalau diingat lagi, kamu pun akan tertawa karena kalian masih sangat kekanak-kanakan saat itu. Kamu juga akan geli sendiri membayangkan hal-hal romantis yang pernah kalian lakukan untuk satu sama lain. 

 

2. Kamu akan tersenyum karena memori indahnya

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliangoodfilmguide.co.uk

Walau hubungan kalian sudah kandas, pasti masih ada kenangan indahnya. Mengingat-ingat hal ini bisa membuatmu tersenyum sendiri, bahkan di saat kamu sedang super bete. Lagipula, tersenyum itu baik untuk kesehatanmu, Bela! 

 

3. Kamu akan mengingat bagaimana perjuanganmu dulu

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliandoblu.com

Melihat ke belakang, kamu jadi tahu betapa besar perjuanganmu untuk seseorang yang kamu cintai. Kamu juga jadi tahu seberapa batasan-batasan toleransimu. Hal ini baik untuk dijadikan penyemangat saat ini. Entah dalam hubunganmu dengan kekasih saat ini, atau kalau kamu baru saja mau memulai sebuah hubungan. 

 

4. Kamu jadi percaya pada diri sendiri

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliantelegraph.co.uk

Semakin kamu membuka lembaran-lembaran lama, kamu akan lebih percaya pada dirimu sendiri. Kamu akan sadar bahwa kamu sebenarnya bisa melakukan hampir segalanya yang ingin kamu lakukan. Percaya pada diri sendiri bahwa kamu memang lebih kuat dari yang kamu kira sebelumnya.

 

5. Tak bisa dipungkiri, kamu pun akan penasaran

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliancomingsoon.it

Mengingat masa lalu dengan mantan akan membuat kamu penasaran dengan keberadaan dia sekarang. Kamu ingin mencari tahu di mana dia sekarang, bagaimana penampilannya ketika beranjak dewasa, apa dia sudah menikah atau belum, dan sebagainya. Tentu hal ini tidak akan membahayakan kalau kamu sudah benar-benar menyelesaikan segala perkara kalian di masa lalu. Tapi kalau kalian tidak berakhir baik-baik, lebih baik jangan cari masalah. 

 

6. Mengubah diri jadi lebih baik

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kaliantheguardian.com

Kamu bisa menjadi seseorang yang baru! Perhatikan apa saja yang bisa kamu jadikan contoh dari hubunganmu yang berakhir dengan mantan, dan kembangkan hal-hal tersebut dalam hubunganmu dengan orang lain ke depannya. Inilah saat yang tepat untuk bercermin pada diri sendiri dan membuat perubahan besar dalam hidupmu. 

 

7. Pada akhirnya, kamu akan lebih siap untuk memulai cerita yang baru

Kata Siapa Kamu Harus Melupakan Mantan? Ini 7 Alasan Logis Mengapa Kamu Perlu Mengenang Kisah Cinta Kalianheyuguys.com

Saat kamu mengenang masa lalumu dengan mantan, kamu bisa memproses emosi-emosi yang kamu rasakan saat itu dengan lebih baik. Jadi kalau ada perasaan dendam atau amarah yang masih menggantung, sekarang kamu bisa lebih mengolahnya dengan kepala yang dingin. Nah, inilah proses yang kamu butuhkan kalau mau benar-benar move on dan memulai kisah baru dengan orang yang tepat bagimu. 

 

Itu dia tujuh alasannya mengapa kamu boleh dan justru perlu mengingat-ingat soal mantan. Tapi ingat ya, disimpan saja sendiri dalam hati. Kamu tak perlu membagikannya dengan pacar barumu sekarang atau teman-temanmu. Biarkan pengalaman ini mendewasakan kamu secara keseluruhan. Jadi, jangan galau lagi, ya!