Film Korea romantis masih menjadi daya tarik utama bagi pecinta film asal Negeri Ginseng ini. Tidak hanya dibuat tersipu dengan adegan yang menggemaskan, namun akhir bahagia juga membuat penonton ikut merasakan kebahagiaan yang sama.  

Namun, tidak semua film Korea romantis berakhir bahagia, ada pula film Korea romantis yang bikin kamu banjir air mata karena kisahnya menyayat hati. Ada apa saja, ya? Di bawah ini, Popbela telah menyiapkan daftar film Korea romantis tentang kasih tak sampai yang berakhir menyedihkan khusus untuk kamu. 

1. The Classic (2003)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Sebelum melejit lewat drama Crash Landing On You (2020), Son Ye Jin beradu akting dengan beberapa aktor ternama. Film ini berkisah tentang perempuan muda bernama Ji Hae (Son Ye Jin) yang menemukan rahasia lama sang ibu, Ju Hie dan berkaitan erat dengan laki-laki bernama Oh Joon Ha (Cho Seung Woo) dan Tae Su (Lee Ki Woo). 

Di film Classic, kamu akan dibuat tersedu-sedu karena pedihnya kisah cinta Ju Hie di masa lalu dan beratnya perjuangan cinta Ji Hae di masa depan, karena ia menyukai seorang laki-laki yang mempunyai hubungan dengan masa lalu sang ibu. Jangan lupa siapkan tisu yang banyak saat menonton film ini. 

2. A Moment to Remember (2004)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Dibintangi oleh Son Ye Jin dan Jung Woo Sung sebagai pemeran utama, film era 2000-an ini menceritakan tentang kehidupan perempuan dewasa muda bernama Kim Su Jin (Son Ye Jin). Ia berprofesi sebagai penata busana. Su Jin sempat hidup bahagia bersama kekasihnya sebelum kisah cintanya berakhir karena sang kekasih berbohong soal statusnya. 

Di masa sedihnya, ia bertemu dengan Choi Chul Soo (Jung Woo Sung) yang bekerja di kontruksi bangunan dan akhirnya, mereka menikah. Kehidupan pernikahan keduanya berlangsung bahagia, hingga kejadian pahit menimpa sang istri. Banyak adegan di film ini yang akan membuat hati kamu trenyuh, karena kesabaran dan proses penerimaan sang suami terhadap kondisi sang istri. Kuatkan hatimu saat menonton film ini, ya.

3. Always (2011)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Menyuguhkaan chemistry yang kuat antara Han Hyo Joo dan So Ji Sub, film Korea romantis Always menjadi salah satu film dengan akhir memilukan yang cukup populer di masanya. 

Menceritakan kisah hidup Han Jung Hwa (Han Hyo Joo) yang mempunyai fisik kurang sempurna dan tinggal sendirian. Kemudian, ia bertemu dengan seorang laki-laki misterius bernama Cheol Min (So Ji Sub) yang menjadi penghubung kejadian menyakitkan di masa lalu. 

Mereka menjadi dekat satu sama lain dan muncul benih cinta di antara keduanya. Namun, takdir berkata lain, hubungan mereka terpisah karena Cheol Min berganti identitas. Apakah keduanya bisa bertemu kembali? Akhir cerita yang wajib kamu tonton, Bela. 

4. Archicture 101 (2012)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Diperankan oleh sederatan artis Korea berbakat, film Korea romantis Architecture 101 masuk ke dalam jejeran box office Korea di tahun 2012 dengan akhir kisah yang luar biasa memilukan hati.

Mengambil alur cerita maju-mundur, film ini menceritakan kisah asmara yang terjadi antara Seung Min muda (Lee Je Hoon) dengan Seo Yun muda (Bae Suzy). Keduanya bertemu pertama kali di kelas arsitektur 101.

Sejak pertemuan pertama, Seung Min sudah jatuh hati dengan Seo Yun. Perasan mereka berkembang karena sering menghabiskan waktu bersama. Tetapi, sebuah kesalahpahaman membuat hubungan mereka berjarak. Butuh waktu 15 tahun untuk mereka kembali bertemu, namun tidak semua pertemuan lama terbingkai dengan indah. 

5. A Werewolf Boy (2012)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Melejit lewat perannya di film Space Sweepers, Song Joong Ki pernah bermain di film Korea romantis bersama Park Bo Young. Bercerita tentang Soon Yi (Park Bo Young) yang tinggal di rumah tua di desa. 

Ia bertemu dengan remaja laki-laki yang bertingkah layaknya serigala liar bernama Chul Soo (Song Jong Ki). Alih-alih merasa takut, Soon Yi justru berusaha menjinakkan Chul Soo. 

Mereka pun menjadi dekat dan mencintai satu sama lain. Tetapi, keberadaan Chul Soo mulai diketahui banyak orang dan membuatnya diburu. Kisah cinta Soon Yi dan Chul Soo akan membawa kamu pada suasana sedih yang menyakitkan.

6. Salut d'Amour (2015)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Bosan dengan kisah cinta pasangan muda, kamu bisa mencoba menonton kisah cinta pasnagan lanjut usia di film Salut d'Amour. Mengisahkan tentang Sung Chil (Park Geun Hyung) yang memiliki sifat temparamental. Ia hidup seorang diri dan bekerja sebagai karyawan di supermarket. 

Sung Chil bertetangga dengan perempuan berusia lanjut, Geun Nim (Youn Yuh Jung) yang memiliki toko bunga. Geun Nim tertarik dengan Sung Chil dan tak ragu untuk mendekatinya duluan. Meski awalnya acuh tak acuh, akhirnya Sung Chil juga menaruh rasa kepada Geun Nim. 

Sebuah kejadian membuat jati diri Geun Nim yang sebenarnya diketahui oleh Sung Chil. Film ini memiliki akhir kisah romansa yang tak terduga dan akan membuat kamu terharu dengan kisah cinta pasangan lanjut usia ini. 

7. On Wedding Your Day (2018)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Tidak ada yang menandingi manisnya kisah cinta pertama semasa sekolah, tapi tidak semua kisah cinta pertama punya ujung yang bahagia. Film On Your Wedding Day yang dibintangi oleh Kim Young Kwang dan Park Bo Young akan membuat perasaan kamu campur aduk, dan pasti bikin kamu nangis tersedu.

Menceritakan kisah cinta Hwang Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang menyukai Seung Hee (Park Bo Young) di sekolah tingkat atas. Dari awal, Woo Yeon memang sudah jatuh hati dengan Seung Hee, namun tidak dengan Seung Hee. 

Ada satu momen di mana Woo Yeon menjadi kekasih pura-pura Seung Hee dan keduanya menjadi dekat. Selepas SMA, mereka berpisah dan memiliki kehidupan masing-masing. Namun, hati Woo Yeon masih terpaku pada cinta pertamanya tersebut. 

Mereka baru bertemu setelah Woo Yeon berhasil masuk ke universitas yang sama dengan Seung Hee. Hanya saja, jalinan kisah cinta mereka semasa SMA sulit terajut kembali. On Your Wedding Day mengajarkan kita bahwa orang yang hadir di kehidupan kita tak selalu hadir untuk selamanya, tapi mereka hadir karena memiliki alasan tertentu.

8. Tune in For Love (2019)

Banjir Air Mata, Ini 8 Film Korea Romantis Tentang Kasih Tak SampaiHancinema.net

Sempat bertemu di drama Goblin (2016), Jung Hae In dan Kim Go Eun kembali dipasangkan dalam film Korea romantis, Tune in For Love yang menampikan kisah romansa dua anak manusia yang tinggal sebatang kara dan berjuang atas cinta yang terhalang latar belakang. 

Dimulai dengan kisah Hyun Woo (Jung Hae In) yang mendatangi toko roti milik Mi Soo (Kim Go Eun). Toko roti tersebut merupakan warisan dari mendiang ibu Mi Soo dan dikelola bersama juru masak, Eun Ja (Kim Gook Hee). 

Permintaan Hyun Woo ke toko roti tersebut membuat keduanya menduga kalau Hyun Woo baru saja keluar penjara. Usai mendapatkan keinginannya, Hyun Woo dan Mi Soo terlibat perbincangan yang membuat Hyun Woo diterima sebagai pekerja paruh waktu untuk menyambung hidup. 

Kisah cinta mereka terbangun di sana dan satu per satu ujian cinta menghampiri mereka. Mulai dari kepergiaan Hyun Woo yang mendadak, masa lalu Hyun Woo, hingga kehadiran orang ketiga di antara mereka. Semuanya membuat film Tune in For Love menyisakan sedih yang tak berujung.

Nah, itu dia deretan film Korea romantis yang menyayat hati dan pastinya bikin kamu banjir air mata. Sebelum menonton, siapkan hati dan tisu untuk mengelap matamu yang basah karena akhir kisah yang memilukan. Dari film di atas, ada yang sudah ditonton dan menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Sedih Banget, 9 Film Korea Ini Bisa Membuatmu Banjir Air Mata

Baca Juga: 12 Film Korea Tersedih Tentang Pengorbanan Ibu, Bikin Hati Pilu!

Baca Juga: 10 Film Korea Romantis yang Wajib Kamu Tonton