Terjun ke dunia hiburan Korea Selatan, para artis papan atas tidak hanya dihadapkan pada popularitas yang meningkat pesat, tetapi juga sejumlah skandal yang nggak masuk akal. Ada saja sebagian orang yang tega menyebar skandal aneh untuk menjatuhkan pamor, mengulik kisah masa lalu, atau memanaskan suasana demi mencemarkan nama baik sang artis.

Hingga akhirnya, pihak agensi atau sang artis harus turun tangan untuk memberikan klarifikasi mengenai diri mereka. Meski ada yang tetap bertahan walau diterpa skandal aneh, tapi ada pula yang mesti menghadapi kenyataan pahit, yakni dicap sebagai perusak rumah tangga orang lain.

Lalu, siapa saja artis yang pernah terjerat skandal aneh sepanjang karier mereka? Manakah skandal yang sekadar rumor dan mana skandal yang memang fakta? Ulik kebenarannya di bawah ini, Bela.

1. Jeon Jin Seo

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitSoompi.com

Aktor muda yang melejit lewat perannya sebagai Lee Joon Young di drama The World of The Married harus menghadapi kenyataan pahit saat pamornya naik tapi skandal aneh juga mencuat ke publik 

Melansir dari Koreaboo.com, skandal tersebut bermula dari beberapa warganet Korea yang menemukan postingan lama Jeon Jin Seo dan merasa postingan itu nggak pantas diucapkan oleh anak kelahiran 2006 itu. Unggahan tersebut berisi ilustrasi yang dinilai menyerang dan disertai umpatan yang cukup kasar.

Unggahan masa lalunya menjadi bulan-bulanan warganet, karena tidak mencerminkan sikap yang patut dicontoh sebagai seorang figur publik yang baru saja naik daun. Usut punya usut, unggahan itu merupakan ekspresi kekesalan karena orang tuanya melarang Jeon Jin Seo berpacaran. 

Akhirnya, pihak agensi mengambil tindakan. Akun Facebook milik Jeon Jin Seo pun dihapus. Setelah pihak agensi memberikan klarifiasi dan meminta publik untuk memahami fase perkembangan Jeon Jin Seo, akhirnya warganet sepakat untuk tidak membesar-besarkan masalah sepele tersebut. 

2. Lee Dong Wook

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitKoreaboo.com

Aktor sekelas Lee Dong Wook juga nggak bisa terlepas dari skandal aneh yang menerpanya. Skandal itumere bak sesaat setelah wabah COVID-19 masuk ke negara Korea Selatan melalui sekelompok orang, yang ikut perkumpulan Gereja Shincheonji. 

Nama Lee Dong Wook dituding ikut aliran sesat. Sebuah pesan berantai menyebar ke berbagai komunitas daring bahwa ada sederet artis Korea Selatan yang ikut dalam aliran tersebut.

Gara-gara skandal yang menyebar begitu cepat, pihak agensi Lee Dong Wook sampai turun tangan buat membantah dengan tegas rumor tak berdasar itu. Lantaran rumor palsu itu, King Kong Entertainment siap menempuh langkah hukum demi menjaga citra baik Lee Dong Wook di ranah hiburan Korea.

3. Park Bo Gum

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitSoompi.com

Setali tiga uang, nama Park Bo Gum juga sempat dituduh masuk ke dalam aliran sesat. Skandal ini pertama kali menjadi perbincangan hangat warganet pada 2017 silam. Kala itu, bintang Kdrama Record of Youth ini mempromosikan sebuah acara keagamaan di akun Twitter. 

Acara keagamaan yang dipromosikan oleh Park Bo Gum disinyalir berhubungan dengan sebuah gereja bernama Jesus Centered Church. Padahal, gereja tersebut diyakini menyimpang ajarannya. 

Kegiatannya diduga melakukan pengadaan pengusiran setan untuk menyembuhkan seseorang. Melihat unggahannya menjadi sorotan publik, Park Bo Gum langsung membantah tuduhan tak berdasar tersebut. Ia juga menekan kalau dirinya hanya pemeluk agama Kristen biasa. 

Selain itu, Park Bo Gum juga pernah jadi daftar nama artis yang ingin direkrut untuk masuk ke aliran Gereja Shincheonji. Hal ini terungkap dari penuturan salah satu mantan jemaah Shincheonji yang hadir dalam acara PD Note

4. Baekho 'Nuest'

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitFanpop.com

Mendulang sukses perlahan bersama Nu'est, Baekho yang sempat mengikuti ajang pencari bakat Produce 101 juga harus berurusan dengan skandal aneh. Skandal tersebut sempat menjatuhkan namanya saat ia baru saja menjadi perbincangan hangat karena kemampuan vokalnya yang luar biasa. 

Rumor itu disebarkan oleh seorang pengguna di forum daring, pengguna tersebut mengaku mendapat pelecehan seksual dari Baekho, ketika keduanya masih berseragam SMP. Skandal yang menyeret nama Baekho sampai tersebar ke berbagai media online lain, seperti Facebook dan forum sekolah lamanya.

Untuk menyakinkan publik, pengguna yang diduga korban memberikan sejumlah bukti. Tak langsung percaya dengan rumor aneh itu, Pledis Entertainment menyanggah tudingan yang dialamatkan ke artisnya. 

Bahkan, kasus ini sampai ke ranah hukum. Bersyukurnya, Baekho bebas dari tuduhan yang ditujukan padanya. Namun, tetap saja karena skandal aneh tersebut, nama dan perilaku baiknya sempat diragukan publik. Menariknya, penggemar Baekho juga berhasil membuktikan kalau Baekho nggak bersalah lewat nomor telepon, sang pengguna daring itu ketahuan berbohong.  

5. Park Jin Young

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitAllkpop.com

Siapa bilang jika menjabat seorang CEO bisa lepas dari skandal aneh yang berbedar? Buktinya, Park Jin Young selaku CEO dari JYP Entertainment turut terkena getah dari rumor aliran sesat yang sempat booming di dunia hiburan Korea kala itu. 

Pada 2018 lalu, sebuah media lokal Korea melaporkan disertai 'bukti cukup kuat' yang mengindakasikan Park Jin Young tengah menggelar ceramah agama yang berkaitan dengan sekte Salvation di Korea. Salah satu sekte yang diketahui menyimpang di Korea Selatan. Park Jin Young dituduh sebagai pengikut dari Evangelical Baptist Church of Korea.

Setelah skandal aneh itu menyebar luas, JYP melakukan klarifikasi bantaha kalau dirinya sama sekali tidak ada hubungan dengan sekte tersebut. Ia hanya menggelar sebuah sesi kajian biasa bersama orang terdekat. Ia juga akan menuntut media yang menyebarkan skandal tersebut apabila tidak terbukti karena dianggap mencemarkan nama baiknya. 

Skandal aneh tersebut makin memanas di antara dua kubu, media Korea kembali menambahkan data yang sempat menyudutkan JYP. Hingga pihak sekte Salvation mengungkapkan, kalau CEO JYP Entertainment bukan bagian dari kelompok agama mereka. Selain itu, mereka juga menyatakan kalau Park Jin Young nggak pernah memberikan donasi apapun kepada sekte tersebut.

6. IU

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitAllkpop.com

Aktris sekaligus penyanyi berbakat IU memang dikenal dengan parasnya yang seolah tak menua. Berkat paras dan kepolosannya ini, IU kerap dituduh mengusung konsep lolita di setiap lagu, sampul album, sampai peran drama yang diambilnya.

Warganet Korea sempat menuding IU menggunakan konsep lolita secara terselebung, seperti dalam lagu "Zeze" yang dinilai memiliki lirik nggak senonoh.  Lalu ada juga sampul album 'Chat-Shire' yang dianggap terlalu sensual, hingga drama My Ahjussi yang dibintangi IU turut dikritik. Pasalnya perbedaan jarak usia lawan main yang cukup jauh yakni 18 tahun, tetapi digambarkan IU jatuh cinta kepada laki-laki berumur. 

Dampaknya, konser IU yang biasanya habis terjual, tiba-tiba dilakukan pembatalan besar-besaran oleh penggemar. IU pun meminta maaf atas kontroversi yang beredar. 

7. Tzuzu 'TWICE

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitDok. JYP Entertainment

Maknae dari grup perempuan JYP Entertainment, TWICE juga pernah merasakan skandal aneh, hingga harus membuat video klarifikasi dengan wajah yang begitu terpukul. Warganet sangat mempermasalahkan dan berang perihal bendera yang dipegangnya. 

Saat itu, anggota TWICE yang hadir dalam acara My Little Television tanpa sengaja mengacungkan bendera Taiwan untuk menunjukkan kewarganegaraannya. Karena tindakannya tersebut, Tzuyu menjadi korban amukan warga China. Bahkan, salah satu penyanyi Taiwan memojokkan Tzuyu sebagai pendukung kemerdekaan Taiwan. 

Hal ini menjadi sensitif lantaran situasi di kedua negara tengah memanas. Mau tidak mau, akibat kontroversi yang terus membesar, Tzuyu sampai mengunggah sebuah video permintaan maaf. JYP Entertainment, selaku agensi dari Tzuyu juga menegaskan kalau apa yang dilakukan oleh artis besutannya tersebut adalah kesalahpahaman. Butuh waktu beberapa bulan untuk Tzuyu menghilang dari peredaran, sebelumnya dapat kembali ke hadapan publik.

8. Yoona 'SNSD'

Terjerat Skandal Aneh, 8 Artis Korea Ini Hadapi Kenyataan PahitOnehallyu.com

Terakhir, Yoona yang sudah menjadi bagian dari anggota SNSD selama bertahun-tahun sempat merasakan rumor aneh yang ingin menyerang dan menjatuhkan popularitasnya kala itu. 

Ia dituduh menjadi perusak rumah tangga PSY oleh media Tiongkok. Media tersebut melaporkan hasil investigasi mereka kalau Yoona dan PSY melakukan kencan secara diam-diam dan bertemu di sebuah pesta, padahal pemilik label rekaman P-Nation ini diketahui sudah menikah dan dikarunia seorang anak.

Tak ingin membesar masalah, Yoona dan PSY memilih bungkam karena menganggap rumor tersebut nggak masuk akal. Tetapi, tiba-tiba saja foto 'mereka' bocor ke publik. Ia pun menjadi bulan-bulanan warganet. 

Gerah dengan skandal tak jelas tersebut, Yoona akhirnya mengungkap fakta sebenarnya kalau foto tersebut diambil saat dirinya syuting Running Man dengan seorang kru yang mirip dengan PSY. Foto tersebut dibuat seolah-olah Yoona sedang berkencan, padahal tidak sama sekali. Ia juga membantah keras julukan pelakor yang dialamatkan kepadanya.

Sungguh tak menyangka karena hal sepele atau skandal tak berdasar, para artis Korea ini mesti berurusana dengan polisi sampai harus memulihkan kembali nama baiknya. Menurut kamu, siapa lagi artis Korea yang terjerat skandal aneh hingga jadi tempat kritikan warganet, Bela?

Baca Juga: 3 Perempuan Ini Pernah Terlibat Skandal Kencan dengan Kim Hyun Joong

Baca Juga: Nggak Nyangka, 7 Idol K-Pop Ini Justru Tersandung Skandal Seks

Baca Juga: Masuk Penjara Hingga Skandal Perselingkuhan, 5 Kontroversi Ericko Lim