Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, terutama ibu tunggal. Mengasuh, membesarkan dan mendidik anak sendirian, akan terasa lebih berat dan melelahkan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, seorang ibu tunggal juga perlu bekerja ekstra agar anak-anaknya dapat hidup dengan nyaman. 

Dengan tema, “Belajar ikhlas dengan merangkul ujian bertubi”, Denada Tambunan seorang musisi dan certified zumba instructor, hadir pada Festival Pulih untuk membagikan kisah dan pengalamannya. Denada memberikan kisah inspiratif dirinya saat menghadapi masa-masa sulit menjadi ibu tunggal.

Belajar untuk menerima keadaan

Lika Liku Menjadi Ibu, Ini Perjuangan Denada Hadapi Mental BreakdownInstagram_@pejuangpulih

Saat buah hatinya masih berumur 5 tahun, Denada harus menerima dengan lapang dada bahwa anaknya dinyatakan menderita kanker darah. Bukan hanya kehidupannya yang berubah, anaknya juga perlu beradaptasi dengan berbagai kebiasaan dan kehidupan baru. Pada titik ini, sebagai seorang ibu, Denada harus mencari cara agar anaknya memahami dan menerima kondisi yang harus dihadapinya.

Merasa sendiri adalah hal yang biasa

Lika Liku Menjadi Ibu, Ini Perjuangan Denada Hadapi Mental BreakdownInstagram_@pejuangpulih

Berpisah dengan pasangan setelah mengikat janji suci, merupakan keputusan besar yang sulit untuk dilakukan. Perpisahan, membuat Denada harus menghadapi sedih dan lukanya sendirian. Denada pun mengakui bahwa dirinya terbiasa untuk menyimpan kesedihan dan hanya memberikan kabar bahagia, bahkan kepada keluarganya sendiri.

Mengubah prioritas di tengah keadaan yang sulit

Lika Liku Menjadi Ibu, Ini Perjuangan Denada Hadapi Mental BreakdownInstagram_@pejuangpulih

Kehidupan yang awalnya tertata, mendadak harus berubah saat buah hatinya divonis penyakit yang mematikan. Ini membuat kehidupan Denada berubah dalam sekejap. Keadaan yang pelik, membuat dirinya sempat mengeluh dan protes kepada Tuhan. Namun, ia disadarkan oleh ibunya bahwa ujian tidak boleh dikeluhkan, namun belajar mengikhlaskan, lalu beradaptasi terhadap perubahan.

Masih penasaran dengan kisah perjuangan Denada? Saksikan cerita lengkap Denada Tambunan mengenai perjalanan hidupnya dan bagaimana dirinya menghadapi mental breakdown di channel YouTube Popbela.

https://www.youtube.com/embed/5rnqa5ygqNU

Festival pulih merupakanwadah berbagi sekaligus menjadi ruang teduh untuk sembuh dan bertumbuh.

Jangan lewatkan rangkaian acara yang diselenggarakan Pejuang Pulih mulai dari 25 November 2021 sampai 27 November 2021 di YouTube dan Live Instagram Popbela. 

Baca Juga: Pesan Denada Kepada Pejuang Pulih: "Luangkan Waktu Untuk Dirimu"

Baca Juga: Instagram #RealTalk dengan Ariel Tatum, Bicara Kekerasan Online 

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, CEO IDN Media Membuka Festival Pulih 2021