Ibarat garam dalam masakan, pertengkaran adalah hal biasa yang terjadi saat pacaran. Namun, alih-alih membiarkannya saja, berantem terus-teruskan juga bikin hubungan kandas atau putus tengah jalan.

Nah biar hubungan kalian langgeng, tips baikan sama pacar berdasarkan masalahnya dari Popbela ini bisa jadi panduan. Simak baik-baik ya.

Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Kasus seperti ini nggak boleh ditunda-tunda. Kamu harus segera bertindak. Nah sebelum dia berpikir macam-macam, coba deh ajak dia bicara baik-baik. Ceritakan secara detail sebenarnya siapa orang yang kamu ajak jalan dan alasan kenapa kalian bisa bersama. Dengan cara ini, dia pasti lebih mengerti kalau kamu memang jujur. Dan tak lupa bilang "Aku menganggap jalan bareng sama dia itu tidak penting, jadi aku pikir tak perlu ijin sama kamu".
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Cowok kalau sudah ketemu game memang lupa daratan, sampai kadang lupa kalau punya pacar. Selain minta maaf dan tak akan mengulanginya, coba ajak dia duduk tenang, jelaskan "Main game itu bikin pinter dan otak cerdas lho, sayang. Kamu mau kan anak-anakmu nanti punya bapak yang otak cemerlang", sambil pasang senyum tiga jari. Si cowok bisa bilang seperti ini, "Daripada aku jalan sama cewek lain, mending sibuk main game". Nah lho, dia pasti diam, Iya juga sih.
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Bagi cewek, hari jadian emang penting. Tapi bagi cowok, yah bisa dibilang penting bisa juga nggak. Lupa hari anniversary juga bisa jadi kiamat kecil bagi hubungan kalian. Kamu bisa menyelesaikannya dengan minta maaf dan bilang "Aku sampai lupa tanggal soalnya aku tiap hari rasa udah kayak anniversarry. Bahagia terus gitu". Pasti si cewek cuma bisa senyum-senyum.
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Sebaliknya dengan cowok yang kecanduan game, kalau cewek bisa kecanduan sinetron. Sebelum perang makin berdarah, kamu bisa meminta maaf untuk tidak mengulanginya. Bilang kalau kamu mungkin memang sedang butuh hiburan. Atau kamu bisa juga coba deh ajak dia nonton sinetron juga. Yaa, siapa tahu dia lama-lama suka juga.
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Memang berjanji buat nggak mengulanginya bisa bikin dia nggak jadi marah. Tapi kamu juga bisa menyelesaikannya dengan cara yang lebih halus, misalnya dengan bilang "Iya, besok nggak telat lagi deh. Sorry aku tadi nyari gaya sisir rambut yang pas dulu biar kelihatan keren di depan kamu". Nah lho, gak jadi marah deh dia.
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Text message itu sering multitafsir. Apalagi kalau kamu pakai tanda seru atau huruf besar semua. Dia pasti berpikiran kalau kamu sedang mengajak perang. Tenang! Cara mengatasinya gampang kok, bilang saja "Maklumin ya sayang, jempol aku ‘kan besar. Jadi suka salah pencet gitu".
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Janji yang tidak ditepati itu semacam gali kubur sendiri. Sampai mati, bisa-bisa dia bakal menagih. Sebelum itu terjadi, kamu bisa coba menyelesaikannya dengan minta maaf dan jelaskan kenapa kamu bisa sampai lupa. Kalau dia masih marah, coba dengan memberikan kejutan spesial. Selain itu, kamu juga bisa bilang "Aku memang butuh kamu deh. Kamu yang selalu mengingatkanku kalau aku sering lupa".
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Di-SMS nggak dibalas, di-chat cuma read, telpon nggak diangkat. Beberapa hari tidak bisa dihubungi juga bisa menjadi pemicu berantem, apalagi kalau LDR. Alasannya mungkin karena nggak ada sinyal, sedang sibuk, atau mungkin memang lagi malas. Sebelum api makin besar, coba deh selesaikan dengan minta maaf dan memberikan pengertian. Lalu ajak dia ngobrol panjang setelahnya. Buat dia merasa nyaman dengan perbincangan kalian sekarang.
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Bagi beberapa pasangan, berhubungan lagi dengan mantan juga bisa menjadi pemicu pertengkaran. Kamu bisa mengatasinya dengan minta maaf, memberikan penjelasan. Kalau pertengkaran masih belum reda juga, kamu bisa mencairkan suasana dengan memberi kejutan romantis atau ngajak dia kencan romantis. Hubungan kalian pasti jadi lebih tenang. Sambil gombalin dikit, "Dia cukup jadi masa laluku, dan kamu adalah masa depanku".
 
Bertengkar dengan Pacar? 10 Cara Ini Bisa Bikin Kalian Balikan Lagi

Perbedaan prinsip pada sebuah hubungan memang berat. Tapi sebenarnya cara mengatasinya itu gampang kok, pengaruhi dia untuk mengikuti prinsipmu atau sebaliknya. Tapi jangan memaksa ya. Kalau memang nggak bisa banget, yang selanjutnya kalian lakukan adalah saling pengertian satu sama lain. Dia bisa tindakan A, kamu maklumi dia. Sebaliknya, dia juga harus memaklumi kamu yang melakukan tindakan B.

Nah, sudah tahu ‘kan cara menyelesaikan pertengkaran sama pacar? Kunci hubungan adalah saling menghargai. Semoga hubungan kalian langgeng terus ya.

BACA JUGA: 7 Gaya Pacaran Sehat Jika Ingin Hubunganmu Lanjut ke Jenjang Pernikahan​