PDKT perlu dilakukan untuk mengenal seseorang terlebih dahulu sebelum menjalin hubungan. Biasanya pada masa pendekatan akan terlihat apakah orang yang ingin kamu jadikan pasangan memiliki ketertarikan dan perasaan yang sama padamu atau tidak.

Sebab, seberapa ingin pun kamu bersamanya, sebuah hubungan tetap tidak bisa dipaksakan begitu saja. Dan jika pada akhirnya berakhir menjadi cinta sepihak, akan terlihat dari berbagai hal yang menandakan bahwa perasaanmu tak terbalaskan olehnya pada saat PDKT. Simak pembahasan berikut ini untuk lebih jelasnya, ya! 

1. Sangat menjaga sikap dan menghindari kontak fisik denganmu

5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas Saat PDKT, Lebih Baik MundurPexels.com/William Fortunato

Mengetahui apakah gebetan membalas perasaanmu atau tidak saat menjalani pendekatan sebenarnya mudah saja, cukup lihat dari bagaimana sikapnya terhadapmu. Apakah dia terlihat tertarik atau justru terlihat menghindar dan cenderung jaga jarak saat denganmu.

Jika dia punya perasaan lebih, pasti kelihatan dari gerak-geriknya yang ingin lebih dekat denganmu. Beda kalau dia memang tidak punya perasaan lebih dan ketertarikan yang sama denganmu, dia pasti bersikap kaku dan sangat menjaga diri supaya tidak melakukan kontak fisik.

2. Saat sedang berdua dia lebih memilih sibuk dengan ponsel

5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas Saat PDKT, Lebih Baik MundurPexels.com/Budgeron Bach

Tanda yang pertama bahwa perasaanmu tak terbalaskan saat PDKT ialah dirinya lebih memilih sibuk bermain ponsel ketika kalian berdua. Entah itu saat kencan atau sedang mengerjakan project bareng.

Dari sikapnya itu, sudah terlihat bahwa dia tidak terlalu memedulikan keberadaanmu di dekatnya. Bahkan, cenderung sangat cuek dan kelihatan sekali sengaja mengabaikanmu. Kalau seperti ini kamu pun juga pasti merasakan ketidak tertarikannya padamu, kan? 

3. Nggak ambil pusing ketika kamu dekat dengan salah satu temannya

5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas Saat PDKT, Lebih Baik MundurPexels.com/Katerina Holmes

Mau itu teman dekatnya sekalipun, seseorang pasti akan cemburu kalau orang yang disukai malah menggoda temannya. Nah, kalau dia sama sekali tidak menunjukkan gelagat cemburu atau risi saat kamu dekat dengan temannya, maka itu tanda dia tidak punya perasaan lebih padamu.

Cara ini sebenarnya sangat efektif untuk kamu coba saat PDKT. Kalau ternyata dia tidak punya perasaan apa-apa padamu, kamu pun jadi tahu kapan waktunya untuk mundur. Nggak perlu berharap lagi, apalagi berjuang mendapatkan hatinya.

4. Saat kamu minta bantuan, dia malah meminta orang lain untuk menggantikannya

5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas Saat PDKT, Lebih Baik MundurPexels.com/Tran Long

Tanda lainnya ialah ketika kamu meminta bantuan, dia malah meminta orang lain untuk melakukannya untukmu. Entah karena dia benar-benar sibuk atau memang tidak tertarik untuk melakukan sesuatu untukmu.

Seperti yang kita tahu, kalau tidak punya perasaan apa-apa tentu rasanya malas untuk memenuhi permintaan orang lain. Sikap cuek dan acuhnya itu sudah jelas menunjukkan bahwa perasaanmu adalah cinta sepihak, sebab dia tidak mau direpotkan olehmu.

5. Pernyataan cintamu selalu dianggap candaan olehnya

5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas Saat PDKT, Lebih Baik MundurPexels.com/Tran Long

Kalau pernyataan cintamu selalu dianggap sebagai candaan, maka itu tandanya cintamu memang hanya sepihak. Bahkan, bisa saja pendekatan yang kamu lakukan pun tidak dianggap olehnya. Hanya kamu sendirilah yang menganggap bahwa kedekatan kalian merupakan masa PDKT.

Sedikit banyaknya pasti kecewa, tapi lebih baik mengetahui ini di awal sebelum kamu berjuang terlalu banyak untuk mendapatkan hatinya. Karena percuma saja berusaha lebih jauh kalau nyatanya dia tidak menganggapmu lebih daripada teman.

Kalau kelima tanda tadi ada dalam pendekatanmu dengan gebetan, maka bisa dibilang bahwa cintamu sepihak dan tak terbalaskan olehnya. Kalau sudah tahu begini lebih baik menyerah saja, karena perasaan seseorang kan tidak bisa dipaksa.

Discalimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Cinta Sepihak, 5 Tanda Kalau Perasaanmu Tak Terbalas saat PDKT"

Baca Juga: Sering Dianggap Romantis, 5 Cara PDKT Ini Sebenarnya Red Flags Lho

Baca Juga: Kenali 5 Modus Cowok PHP Saat PDKT sama Kamu, Suka Obral Janji!

Baca Juga: 7 Faktor yang Sering Sebabkan Seseorang Minder Saat PDKT