Apabila suami kamu mendadak murung dan sensitif, besar kemungkinannya ia tengah dilanda stres atau sedang dirundung permasalahan, lho. Sebagai seorang istri, kamu harus lebih peka untuk menyadari hal-hal semacam ini, ya. Jika tidak, maka akan berdampak buruk terhadap kualitas seks dalam hidup berumah tangga! Nggak ingin ini terjadi kepadamu, bukan?

Oleh karenanya, bantulah pasangan untuk mengatasi dan mengantisipasi berbagai jenis stres yang mungkin muncul.

Berikut Popbela telah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna mengantisipasi stres pasangan agar tak berpengaruh buruk pada gairah seksual ketika bercinta. Disimak sampai habis, ya!

1. Komunikasikan ketakutan dan harapan

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat Bercintafreepik/jcomp

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat pasangan stres adalah dengan bersikap terbuka padanya. Cobalah saling berkomunikasi mengenai masalah, ketakutan, serta harapan kalian. Keterbukaan ini bisa membuat hubungan kalian lebih intim. 

Selain itu, dengan saling berbagi cerita, kalian bisa saling memahami perasaan masing-masing. Saat ada masalah, berbagi kisah juga bisa membantu meringankan beban dalam hati. Benar, lho, Bela, sesimpel berbagi cerita seputar kecemasan, stres, atau masalah yang mengganggu pikiran, kadang sudah cukup bagi seseorang untuk lebih sedikit lebih rileks.

2. Upayakan untuk selalu tidur lebih cepat

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat BercintaPexels.com/Yaroslav Shuraev

Salah satu penyebab kemunculan stres adalah kurang tidur. Kamu perlu tahu, bahwa jika seseorang secara konsisten tidur kurang dari enam jam setiap harinya, maka dia akan cenderung memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak.

Bagi laki-laki, hal ini juga bisa berdampak mengacaukan kadar testosteron. Maka dari itu, upayakan selalu agar pasangan kamu mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat, ya. Jika memang tak ada lagi pekerjaan yang harus diselesaikan, tidur lebih cepat dari yang biasa sangatlah dianjurkan! 

Ingatlah bahwa kualitas tidur yang baik sama dengan kualitas seks yang baik pula.

3. Berhenti bekerja ketika waktunya beristirahat

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat Bercintahttps://www.pexels.com/@shvets-production

Cara lain untuk mengantisipasi stres pada pasangan adalah dengan berhenti bekerja di kala waktunya beristirahat. Stres bisa timbul, karena pekerjaan belum selesai, sedangkan kamu sudah merasa lelah atau sudah masuk waktu tidur malam.

Hal ini mungkin makin sering dirasakan pasangan yang sering bekerja lembur atau saat work from home, waktu kerja sudah semakin kabur dan hingga malam pun masih bekerja.

Jika sudah begini, cobalah untuk membuat komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan setidaknya dua jam sebelum tidur. Jadi pasangan masih memiliki waktu untuk rileks dan menenangkan pikiran, sebelum tidur. 

4. Tidak menggunakan gadget di atas pukul 22.00

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat Bercintahttps://www.pexels.com/id-id/@ketut-subiyanto

Menerapkan aturan untuk tak menggunakan gadget seperti laptop, tablet, dan ponsel di atas pukul 22.00 juga cukup efektif dalam mengantisipasi stres pada pasangan saat bercinta, lho.

Ngaku, deh, banyak pasangan yang masih terus menggunakan ponselnya saat sudah berada di tempat tidur. Sebenarnya, kebiasaan ini tidak baik, lho, Bela, karena bisa memengaruhi pola tidur. Selain itu, produksi dopamin bisa terganggu, karena terlalu sering menatap layar ponsel atau alat elektronik lainnya.

Sekarang, cobalah kebiasaan baru yang baik, yaitu dengan menyimpan semua barang elektronik lalu peluklah pasangan. Tentu hal ini lebih nyaman, dibanding terus-terusan melihat Instagram atau Facebook.

Hal yang terpenting, kamu harus pastikan bahwa pasangan harus konsisten dan nggak melanggarnya. Setelahnya, dapat dipastikan jika sesi bercinta kamu bersama suami akan lebih berkualitas karena tingkat stres yang minimal.

5. Atur kamar agar tetap berada pada suhu yang sejuk

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat Bercintahttps://www.pexels.com/@cottonbro

Selain itu, cara yang dapat kamu coba guna mengantisipasi stres pada pasangan adalah dengan menjaga suhu kamar agar tetap sejuk. Hal ini dipercaya dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Sehingga, tingkat stres menjadi lebih rendah dan sesi bercinta kamu akan semakin panas pula karenanya. 

Bahkan jika tinggal di daerah yang panas, tak ada salahnya tidur bersama pasangan dalam keadaan tak memakai baju alias telanjang. Apabila kondisi cuaca sedang dingin, cobalah tidur dengan selimut hangat, agar tidur kamu dan pasangan lebih nyenyak.

6. Jauhkan ponsel dari tempat tidur

Ini 6 Cara Antisipasi Stres Pada Pasangan Saat Bercintapexel.com/ Andrea Piacquadio

Terbiasa memegang ponsel seharian, kamu dan pasangan mungkin juga sering meletakkan ponsel di sampingmu saat tidur. Memeriksa seluruh media sosial di waktu beristirahat merupakan salah satu kebiasaan buruk pasangan yang harus segera kamu enyahkan. Tidak lain dan tidak bukan, karena hal ini dapat memicu stres dan memberi pengaruh buruk pada kesehatan.

Upayakan selalu untuk menyimpan ponsel jauh dari tempat tidur. Ingatlah bahwa otak dan mata kita butuh istirahat dari layar. Dengan menjauhkan ponsel saat tidur, pasangan akan lebih cepat tertidur dan kualitas bercinta dapat menjadi lebih intim.

Demikianlah beberapa cara mengantisipasi stres pada pasangan saat bercinta. Semoga informasi yang Popbela berikan ini dapat membantu kamu dalam membuat rumah tangga menjadi lebih harmonis, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Afterplay dengan Pasangan Setelah Bercinta 

Baca Juga: Kenali 6 Bentuk dan Karakteristik Ukuran Penis Saat Bercinta

Baca Juga: 6 Tips Bercinta Tanpa Berhubungan Seks, Tetap Mesra!