Selain berhubungan seks, salah satu alternatif lain untuk mendapat kepuasan seksual ialah melalui masturbasi. Selama ini, masih banyak orang berpikir bahwa masturbasi hanya dilakukan oleh kaum laki-laki. Padahal, perempuan juga kerap melakukannya, lho. Hanya saja, para kaum Hawa ini lebih tertutup mengenai aktivitas seksual tersebut.

Lalu, apa arti dan manfaat masturbasi sebenarnya? Berapa kali jumlah masturbasi yang aman dilakukan dalam sehari? Nah, Popbela akan mengupas tuntas tentang masturbasi dalam artikel ini. Keep on reading, Bela!

Arti masturbasi

Sering Dianggap Tabu, Ini Arti dan Manfaat Masturbasi yang SebenarnyaUnsplash.com/Ian Dooley

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan seseorang untuk merangsang dirinya sendiri dengan cara menyentuh area sensitif atau organ intim miliknya. Masturbasi dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu maupun tanpa alat bantu. Biasanya, orang akan melakukan masturbasi sampai dirinya mencapai klimaks alias orgasme.

Pada umumnya, perempuan melakukan masturbasi lewat rangsangan seksual pada payudara, klitoris, dan vagina dengan cara menyentuh, meraba, dan memainkannya. Sedangkan laki-laki bermasturbasi dengan merangsang penis atau buah zakar hingga ia mencapai ejakulasi.

Manfaat masturbasi

Sering Dianggap Tabu, Ini Arti dan Manfaat Masturbasi yang SebenarnyaUnsplash.com/Joshua Rawson Harris

Meski kerap dianggap tabu, masturbasi merupakan aktivitas seksual yang normal untuk dilakukan. Selain itu, masturbasi juga berpengaruh pada kesehatan serta tentu saja menjadi hal yang menyenangkan. Melansir dari Reader’s Digest, masturbasi rupanya memiliki sejumlah manfaat pada diri sendiri, lho!

Beberapa manfaat dari masturbasi ialah dapat mengurangi stres, membuat tidur lebih nyenyak, serta berkaitan dengan seksualitas diri. Selain itu, masturbasi juga dapat mengurangi nyeri saat menstruasi, mengurangi risiko terkena kanker prostat, serta terbebas dari penyakit menular seksual.

Frekuensi melakukan masturbasi yang aman

Sering Dianggap Tabu, Ini Arti dan Manfaat Masturbasi yang SebenarnyaUnsplash.com/Jeremy Bishop

Setelah mengetahui arti dan manfaat masturbasi, pertanyaan lain yang sering membuat penasaran ialah seberapa sering masturbasi dikatakan normal dan aman? Melansir dari laman Consumer Health Digest, hingga saat ini belum ada hasil penelitian pasti yang bisa menyebutkan berapa batas jumlah masturbasi yang masih tergolong sehat. Pasalnya, kondisi fisik dan mental seseorang berbeda satu sama lain.

Pakar seks terkemuka, dokter Boyke Dian Nugraha Sp. OG, MARS, menyatakan sebenarnya nggak ada batasan khusus bahwa masturbasi yang kelewat sering dapat menimbulkan efek negatif. Justru, dampak negatif ini akan timbul ketika seseorang diliputi perasaan berdosa setelah melakukan masturbasi.

Dalam talkshow bertajuk “It’s All About Seks”, dokter Boyke menyebut bahwa masturbasi cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu. Frekuensi tersebut dirasa normal dan sudah cukup untuk memenuhi hasrat seksual seseorang.

Sering Dianggap Tabu, Ini Arti dan Manfaat Masturbasi yang SebenarnyaUnsplash.com/Maddi Bazzocco

Sementara itu, menurut seksolog dan pendidik seks ternama, Logan Levkoff, Ph.D, ini bukan soal berapa kali kamu melakukan masturbasi dalam seminggu, tapi lebih kepada apakah itu cocok dengan hidupmu. Jika kamu melakukan masturbasi berkali-kali dan memiliki kehidupan yang sehat dan memuaskan, maka itu baik untukmu. Namun, jika kamu melakukan masturbasi berkali-kali hingga lebih memilih hal ini daripada berhubungan seks dengan pasanganmu, maka sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan arti dan manfaat masturbasi? Semoga artikel ini menjawab rasa penasaranmu ya, Bela.

Baca Juga: 5 Alasan yang Nggak Biasa Perempuan Melakukan Masturbasi 

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 9 Posisi Masturbasi untuk Perempuan

Baca Juga: Hukum Onani atau Masturbasi dalam Islam, Seperti Apa?