Istilah cuddling akhir-akhir ini populer di kalangan masyarakat. Cuddling atau cuddle sendiri artinya berpelukan. Nah, berpelukan bisa menjadi simbol kasih sayang dan dipercaya dapat memberikan kenyamanan. Selain itu, sebuah pelukan juga dapat menciptakan ikatan dan perasaan cinta terhadap pasangan.

Tak hanya memberikan kenyamanan dan rasa bahagia, pelukan rupanya juga memiliki sejumlah manfaat, lho! Nggak heran kalau banyak orang senang ketika mendapat pelukan dari orang terkasih. Ingin tahu apa saja manfaat cuddle atau berpelukan itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya yang dilansir dari Healthline dan Bustle berikut ini!

1. Menguatkan hubungan dengan pasangan

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Victoria Volkova

Manfaat cuddle yang pertama ialah memperkuat hubungan dengan pasangan. Ketika berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini akan membantu memperkuat ikatan dengan orang terkasih. Dengan kata lain, semakin sering kamu cuddling dengan pasangan, maka akan semakin erat ikatan kalian.

2. Meningkatkan kepuasan seksual

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Becca Tapert

Cuddling setelah berhubungan intim dapat meningkatkan kepuasan seksual bersama pasangan. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior pada 2014, ditemukan bahwa pasangan yang berpelukan setelah bercinta memiliki kehidupan seksual yang lebih baik. Kepuasan seksual ini tentu akan membuat hubungan antar pasangan jadi semakin erat.

3. Membantu menyalurkan emosi

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Priscilla du Preez

Terkadang ada perasaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Untuk menyampaikanya dapat dengan cara berpelukan. Dengan kata lain, cuddle dapat membantu mengungkapkan perasaan kepada pasangan. Menurut jurnal The Communication of Emotion Via Touch yang diterbitkan tahun 2009, emosi seperti cinta, bahagia, hingga sedih dapat disalurkan melalui sentuhan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Tani Eisenstein

Selain oksitosin, pelukan juga melepaskan hormon serotin alias hormon bahagia. Kedua hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University di tahun 2014, menemukan bahwa orang yang berpelukan lebih kecil kemungkinannya terkena pilek setelah terpapar virus flu. Selain itu, pelukan yang diberikan pada orang dengan kondisi tubuh kurang sehat, sistem imunnya akan meningkat.

5. Meredakan stres dan kecemasan

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Igor Erico

Manfaat cuddling selanjutnya adalah mampu meredakan stres dan kecemasan. Ketika orang tersayangmu sedang tertekan, cobalah peluk dia sembari mengelus dan menepuk punggungnya. Gerakan sederhana ini bisa menurunkan kadar stres dari diri seseorang. Sebab, hormon serotin dan dopamin akan terlepas saat berpelukan dibarengi dengan sentuhan pelan di tubuh. Kedua neurotrasmiter ini akan membantu mengatur suasana hati dan menurunkan rasa ketegangan.

6. Membantumu lebih mudah tertidur

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Priscilla du Preez

Ternyata, berpelukan bisa membantumu lebih mudah tertidur, lho! Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Max Planck Institute of Psychiatry pada 2003 lalu mengungkapkan bahwa hormon oksitosin mendorong seseorang untuk tertidur. Namun yang perlu diingat, hal ini harus dilakukan saat kamu dan pasangan dalam kondisi bebas stres, ya!

7. Membantu meredakan nyeri

Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan PasanganUnsplash.com/Christiana Rivers

Tak hanya sekadar dukungan moril, pelukan yang baik juga dapat memberikan kekuatan untuk mengurangi rasa sakit saat mengalami cedera. Sebab, hormon oksitosin yang dilepaskan saat berpelukan dapat membantu memblokir sinyal rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan secara alami.

Nah, itulah 7 manfaat cuddle atau pelukan yang bisa kamu rasakan. Jadi, sering-seringlah memberikan kepada orang tersayang ya, Bela!

Baca Juga: 5 Fakta Indocuddle, Jasa Curhat dan Pelukan yang Viral di Twitter

Baca Juga: 11 Jenis Pelukan, Arti Serta Manfaatnya

Baca Juga: Cukup 20 Detik, Kamu Bisa Rasakan 4 Manfaat Pelukan Ini