Banyak orang menganggap seks adalah soal kesenangan dan kepuasan. Tapi percaya atau nggak, seks sebenarnya memiliki lebih banyak manfaat daripada itu. Hubungan seks nggak hanya bisa membuat diri menjadi lebih baik, tapi juga bisa meningkatkan suasana hati dan kesehatan fisik.

Hubungan seks juga sering kali disebut sebagai salah satu kunci keharmonisan rumah tangga, terutama jika dilakukan secara teratur. Penasaran, kan, apa saja sih manfaat berhubungan seks secara teratur? Nah, berikut Popbela akan mengupas tuntas untuk kamu!

1. Lebih bahagia

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Lookstudio

Manfaat berhubungan seks secara teratur yang pertama ialah membuat pasangan merasa lebih bahagia. Melansir dari Verywellmind, menurut sebuah studi dari Journal of Economic and Organizational Behavior yang dilakukan di China, melakukan hubungan seks secara rutin dan berkualitas akan meningkatkan kebahagiaan.

2. Menguatkan ikatan cinta

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Lookstudio

Saat berhubungan seks, banyak hormon baik yang dilepaskan dari tubuh, seperti endorfin dan oksitosin. Hormon endorfin sendiri bermanfaat untuk mengurangi perasaan depresi. Sedangkan hormon oksitosin membantu menumbuhkan perasaan tenang dan kepuasan. Hormon-hormon cinta inilah yang bisa membuat ikatan emosional antar pasangan jadi semakin kuat.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Lookstudio

Seks nyatanya dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa insecure. Ketika seseorang merasa puas secara seksual, maka pikiran akan lebih positif dan mereka bisa memiliki persepsi yang lebih positif tentang diri sendiri.

4. Mengurangi stres

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Prostooleh

Manfaat berhubungan seks secara teratur selanjutnya ialah dapat mengurangi stres. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biological Psychology menemukan bahwa orang yang melakukan hubungan seks secara teratur memiliki tekanan darah dan stres yang lebih rendah daripada individu yang melakukan masturbasi atau pasangan yang jarang berhubungan seks.

5. Membantu tubuh lebih rileks

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Arthur Hidden

Pada umumnya, orang akan merasa mengantuk setelah berhubungan seks. Sebab, setelah berhubungan seks, otak akan melepaskan hormon oksitosin yang membantu membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. Menurut Sheenie Ambardar, MD., psikiater di West Hollywood, California, setelah orgasme, hormon prolaktin akan dilepaskan. Hormon inilah yang bertanggung jawab atas perasaan rileks dan mengantuk.

6. Meningkatkan libido

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Freepik

Mengutip dari WebMD, pasangan yang rutin berhubungan intim akan memiliki kehidupan seks yang lebih menyenangkan. Lauren Streicher, MD., seorang asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Northwestern University di Chicago, mengatakan bahwa rutin bercinta akan membuat kehidupan seks lebih baik dan meningkatkan libido pada perempuan. Sebab, seks yang teratur akan meningkatkan pelumasan vagina, aliran darah, dan elastisitas yang semuanya itu membuat seks terasa lebih baik sehingga membuatmu ingin lebih banyak bercinta. 

7. Meningkatkan imunitas

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Freepik

Jangan salah, melakukan hubungan seks yang teratur ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho! Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang berhubungan seks. Sistem kekebalan inilah yang dapat membantu melindungi tubuh dari pilek dan flu.

8. Meredakan rasa sakit

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Rawpixel.com

Selain menyenangkan, seks bisa menjadi 'obat' pereda sakit. Barry R. Komisaruk, PhD., seorang profesor layanan terkemuka di Rutgers State University of New Jersey mengatakan seks dapat melepaskan hormon yang membantu meningkatkan ambang rasa sakit. Tak hanya itu, stimulasi seksual tanpa orgasme juga dapat mengurangi kram saat menstruasi, nyeri rematik, dan meredakan sakit kepala.

9. Menjaga kesehatan jantung

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Rawpixel.com

Manfaat berhubungan seks secara teratur selanjutnya ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Sama seperti olahraga, saat seseorang terangsang secara seksual, itu akan membuat detak jantung meningkat dan terus memuncak hingga orgasme. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa laki-laki berusia 50-an yang berhubungan seks minimal dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki yang jarang berhubungan seks.

10. Menurunkan tekanan darah

10 Manfaat Berhubungan Seks Secara TeraturFreepik.com/Teksomolika

Tekanan darah nggak hanya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, tetapi juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan libido yang rendah. Beruntungnya, rutin berhubungan seks ternyata dapat menurunkan tekanan darah, terutama bagi perempuan. Melansir dari The Mews Practice, dalam sebuah penelitian diketahui bahwa perempuan yang berhubungan seks secara teratur cenderung tidak memiliki hipertensi. 

Nah, itulah 10 manfaat berhubungan seks secara teratur. Banyak banget, kan, manfaatnya? Jadi nggak ada salahnya, lho, merutinkan hubungan seks dengan suami agar rumah tangga semakin harmonis.

Baca Juga: 6 Hal Aneh yang Bisa Terjadi Saat Berhubungan Seks

Baca Juga: Tips Tetap Intim dan Mesra Saat Lelah Berhubungan Seks

Baca Juga: 7 Afterplay yang Diinginkan oleh Suami Usai Berhubungan Seks