Sebagai orang dewasa, kamu sudah harus paham bahwa orgasme bukanlah menjadi satu-satunya kunci kehidupan seks yang bagus. Bahkan lebih jauh lagi, orgasme tidak sebaiknya dijadikan sebagai tujuan saat akan melakukan hubungan seks.

Faktanya, tidak sedikit pula individu, terutama perempuan, yang tidak dapat mencapai orgasme sekalipun sesi bercinta yang dilakukan sangat "hebat". Hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Baik untuk laki-laki maupun perempuan, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika pasanganmu mengalami kesulitan untuk memperoleh orgasme saat bercinta.

1. Jangan menunjukkan kekesalan

Pasanganmu Susah Orgasme? Bantu Dia dengan 7 Cara Ini Saat BercintaUnsplash.com/Neonbrand

Jika egomu merasa terlukai karena pasanganmu tak dapat mencapai orgasme, jangan sampai menunjukkannya pada pasangan. Merasa kecewa, sedih, dan bingung adalah hal yang wajar. Namun, ingat bahwa terkadang, tubuh juga bersikap tidak cukup kooperatif saat kita menginginkan sebaliknya. Dan tenang saja, itu adalah hal yang normal kok. Jika kamu menunjukkan kekesalan karena pasanganmu belum mencapai orgasme, bisa-bisa dia malah merasa sedih dan tak dihargai, lho.

2. Tak perlu terlalu baper

Ada jutaan alasan mengapa seseorang tak mencapai orgasme sekalipun dia sangat bergairah dan menikmati momen tersebut. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kurangnya eksplorasi pada diri sendiri serta teknik bercinta yang kurang maksimal. Ingat ya, tidak semuanya adalah kesalahanmu. Jadi, jangan terlalu baper dan berpikiran negatif ketika pasanganmu tak bisa mencapai orgasme saat berhubungan seks denganmu.

3. Jangan memburu

Pasanganmu Susah Orgasme? Bantu Dia dengan 7 Cara Ini Saat BercintaPexels.com/W R

Hindari menggunakan pertanyaan-pertanyaan semacam, "Sudah dapat, belum?". Alih-alih membantu, kalimat seperti itu justru menjadi beban tersendiri bagi pasanganmu. Sebaliknya, kamu justru bisa melontarkan kalimat yang lebih suportif dan menyenangkan seperti, "Suka nggak?" atau "Gimana rasanya?" untuk membuat dia kembali ke kesadaran terhadap tubuhnya. Nikmati setiap momen bercinta itu dan jangan paksakan dia agar cepat-cepat orgasme, ya.

4. Tanyakan apa yang dia sukai

Alih-alih bertanya apa yang dapat membuatnya mencapai orgasme, bantu dia menikmati suasana dengan pertanyaan seperti, "Lebih cepat?" atau "Seperti ini?". Intinya, cobalah komunikasikan dengan baik tentang hal-hal apa yang diinginkan daripada membuat asumsi. Dengan demikian, dia akan merasa lebih dihargai karena kamu pun peduli dengan apa yang dia inginkan.

5. Memintanya memberitahumu untuk berhenti

Pasanganmu Susah Orgasme? Bantu Dia dengan 7 Cara Ini Saat BercintaUnsplash.com/Toa Heftiba

Untuk menghilangkan beban bahwa pasanganmu merasa harus mencapai orgasme, katakan padanya bahwa dia dapat mengatakan atau memintamu kapan pun untuk berhenti. Dengan begitu, dia justru akan menjadi semakin lebih nyaman dan merasa bahwa seks bukanlah semata karena kewajiban atau hanya untuk memuaskan satu pihak. 

6. Bayangkan dirimu di posisinya

Seperti kalimat bijak, "Kamu nggak akan pernah mengerti rasanya jika kamu belum pernah mengalaminya," pun demikian dalam kasus ini. Tentu, kamu nggak mungkin berubah menjadi gender pasanganmu dan 100 persen memahami apa yang dirasakannya. Namun setidaknya, kamu bisa memosisikan diri dengan menilai respons seperti apa yang kamu harapkan, hal-hal apa yang kamu sukai dan membantumu mencapai orgasme, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih bijak dan memahami posisi yang dia rasakan saat itu.

7. Jangan menganggapnya sebagai sebuah masalah

Pasanganmu Susah Orgasme? Bantu Dia dengan 7 Cara Ini Saat BercintaUnsplash.com/Jonathan Borba

Selagi kamu dan pasangan sama-sama menikmati sesi intim yang menyenangkan, tak perlu memperkeruh keadaan dengan menjadikan tidak mencapainya orgasme sebagai sebuah masalah. Di sisi lain, jika pasanganmu ingin mencoba sesuatu yang baru untuk mengubah kondisi ini, bersikaplah suportif. Berikan dukungan agar pasanganmu pun dapat menikmati sesi bercinta, sekalipun dirinya belum mencapai orgasme.

Nah, itu dia 7 cara membantu pasangan yang kesulitan mencapai orgasme saat berhubungan seks. Jadi, sudah tahu harus mulai dari mana? Selamat menuju puncak kenikmatan!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Si Dia Susah Orgasme di Ranjang? Bantu dengan 7 Cara Ini Saat Bercinta"

Baca Juga: 5 Solusi untuk Kamu Tak Bisa Orgasme Saat Berhubungan Seks, Mau Coba?