Disadari atau tidak, seks merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan sekaligus meruntuhkan kepercayaan dirimu. Bagi sebagian besar orang, berhadapan dengan pasangan tanpa busana untuk kali pertama tentu menimbulkan rasa gugup tersendiri. Tak usah dipungkiri, hal ini sangat dipengaruhi oleh produksi film dan media yang menampilkan figur sempurna sehingga memberi kekhawatiran tentang diri sendiri.

Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang memiliki insecurity semacam ini, kok. Bahkan tak hanya soal bentuk tubuh, kecemasan tersendiri tentang bagaimana cara memuaskan pasangan juga banyak dimiliki oleh orang lain dan mengacaukan kestabilan rasa percaya diri. 

Walau begitu, seks semestinya tidaklah menjadi aktivitas yang membuatmu merasa tertekan. Seks seharusnya menjadi aktivitas yang membuatmu merasa nyaman terhadap diri sendiri. Kalau kamu masih merasa sulit untuk mewujudkan hal yang satu ini, coba praktikkan 9 tips untuk meningkatkan kepercayaan diri saat di ranjang berikut, ya.

1. Berkomunikasi jujur dan terbuka dengan pasangan

9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai LemasUnsplash.com/Toa Heftiba

Pernah merasa di titik rendah karena sesuatu yang dilakukan atau dikatakan oleh pasangan? Nyatanya, hal ini cukup umum terjadi. Solusinya, daripada terus-menerus dipendam dan membuatmu terus kepikiran dan merasa buruk, komunikasikan dengan si dia. Pilih waktu dan cara yang tepat agar pembicaraanmu dan dia dapat diterima dari hati ke hati sekaligus mempererat ikatan emosional.

2. Mulai diet dan berolahraga

Sebenarnya, gaya hidup sehat yang mencakup olahraga serta asupan yang tepat dan rutin tidak sebatas membuat tubuhmu jadi lebih fit dan menarik. Kebiasaan ini juga akan membuat performamu di ranjang jadi lebih baik. Tentu saja, rasa percaya diri pun akan semakin bertumbuh seiring dengan transformasimu.

3. Berbicara kepada diri sendiri

9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai LemasUnsplash.com/Yuris Alhumaydy

Percaya atau tidak, banyak orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi melakukan hal ini. Tidak aneh, kok! Kamu bisa berdiri di depan kaca dan puji serta katakan kata-kata baik tentang dirimu sendiri. Bila ada bagian tubuh yang tidak kamu sukai, alih-alih semakin menyesali, lakukanlah hal sebaliknya.

4. Waktunya mengeksplorasi diri sendiri

Kapan kali terakhir kamu benar-benar menikmati momen menyentuh dirimu sendiri, setiap lekukan tubuhmu dengan jarimu sendiri? Bila tak terbiasa dengan hal ini, kamu mungkin akan menganggapnya sebagai sesuatu yang tak lazim.

Namun, percaya atau tidak, hanya sekadar menyentuh dirimu sendiri dan benar-benar menikmati setiap momennya dapat membantu membuatmu merasa nyaman, menerima diri sendiri, dan meningkatkan kepercayaan diri.

5. Menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang seksi

9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai LemasUnsplash.com/One Beauty

Kalau selama ini kamu tak pernah benar-benar mengapresiasi diri sendiri dan justru sibuk memberi perhatian kepada orang lain, kini saatnya fokus kepadamu. Kamu bisa membeli lingerie baru, mengubah gaya rambut, dan lain-lain.

6. Bermain peran

Bersama pasangan, cobalah untuk bermain peran dalam sesi bercinta kali ini. Kamu dan dia bisa sepakat untuk seolah-olah menjadi pelayan, perawat, anggota militer, dan lain-lain. Banyak pula orang yang merasa begitu puas dan kepercayaan dirinya menjadi begitu tinggi ketika harus menjadi peran tertentu yang bukan menjadi dirinya sendiri.

7. Lakukan hal seksual yang belum pernah dilakukan

9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai LemasUnsplash.com/Freestocks.org

Keluar dari zona nyaman adalah cara termudah untuk mendapatkan kepercayaan diri, baik di dalam maupun luar urusan ranjang. Kamu tentu tak perlu melakukannya secara ekstrem. Seperti contoh, kamu dan dia bisa mencoba melibatkan sex toys pasangan dalam sesi intim kali berikutnya.

8. Mempelajari keterampilan baru

Untuk menjadi percaya diri dalam sesuatu, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan menguasai hal tersebut. Pun perihal hubungan seksual, kamu juga perlu untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan soal ini. Kamu bisa mempelajarinya lewat membaca, berdiskusi dengan pasangan, dan tentu mempraktikkannya meski tak harus selalu sempurna.

9. Rileks

9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai LemasUnsplash.com/Neonbrand

Untuk hal sesederhana ini pun, sepertinya akan lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Namun, inilah kuncinya. Kamu tak perlu merasa tertekan dan merasa bahwa semuanya harus sempurna. Ingat, seks adalah aktivitas yang semestinya menyenangkan untukmu dan pasangan tanpa perlu merasa terbebani dengan citra yang ditampilkan oleh media.

Jadi, siap untuk lebih berani dan intim dengannya malam ini? Yuk, coba!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Ranjang, Bercinta sampai Lemas"

Baca Juga: Agar Hubungan Lebih Bahagia, Hindari Melakukan 7 Hal Ini Saat Bercinta