Apa yang dirasakan perempuan saat berhubungan seks memiliki sejumlah perbedaan dengan apa yang dirasakan pria. Penasaran? Dilansir dari webmd, berikut penuturan terapis seks Laurie J. Watson LMFT.

1. Seks tak selalu didasari emosi

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan SeksUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Umumnya, wanita melihat seks sebagai bentuk hubungan dan cinta yang sangat dalam. Namun, sebagian wanita tidak merasa demikian dan didorong oleh hasrat biologis. Kendati demikian, cara wanita mengekspresikan seksualitasnya tetaplah banyak berbeda dibandingkan laki-laki.

2. Seks dimulai dari pikiran

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan SeksPexels.com/Daria Shevtsova

Laki-laki sering kecewa mengetahui bahwa pasangan wanitanya tidak 'lapar' dengan tubuhnya sebanyak yang dia rasakan. Namun karena ini menyangkut urusan hormon, tentu tak ada yang dapat disalahkan, bukan?

Ibaratnya, rendahnya kandungan testosteron pada wanita membuat seks hanya sebagai bisikan pelan, sementara pada pria justru jadi seperti teriakan kencang. Karena itu, semakin besar perasaan yang dirasakan kepada pasangannya, semakin sering pula wanita akan memikirkan kebersamaan keduanya yang kemudian akan memicu fantasi, imajinasi, dan nafsu seksual, kemudian rangsangan pada dirinya.

3. Seks adalah tentang merasa diinginkan

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan SeksPixabay.com/Stokpic

Penelitis seks Meredith Chivers mengatakan bahwa merasa diinginkan adalah orgasme bagi wanita. Walau melihat laki-laki menarik dapat memberi sedikit percikan gelora, tetapi sebenarnya apa yang dipikirkan laki-laki tentang dirinya itulah yang membuatnya tersentil (seperti berpikir, "apakah dia merasa aku seksi di matanya?"). Mengetahui bahwa laki-laki menginginkannya akan membangkitkan imajinasi dan menyalakan gelora seksual tersendiri bagi wanita.

4. Seks tak semudah itu

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan SeksPixabay.com/Angie Sage

Walau kebanyakan wanita menyukai aktivitas fisik, beberapa hal seperti kelelahan, problem psikologis, rasa sakit akibat PMS, menopause, dan lain-lain dapat menurunkan keinginannya. Tak sedikit pula wanita yang bersedia untuk mengalami pengalaman menyenangkan yang satu ini, tetapi tidak benar-benar siap dan menginginkan seks sampai benar-benar terangsang.

Yang lebih menantang, mencapai orgasme bukanlah perkara mudah bagi sebagian wanita (bahkan kebanyakan membutuhkan waktu hingga 45 menit lho!). Jadi, selagi laki-laki senang bereksplorasi, wanita cenderung lebih memilih untuk melakukan posisi yang sudah pernah dicoba atau bahkan menjadi rutinitas karena telah menjamin kenyamanannya.

5. Seks merupakan hal kontekstual

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan Seksdaily-sun.com/

Meski banyak wanita yang belajar tentang orgasme dengan stimulasi sendiri, masih banyak pula wanita yang memulai kehidupan seksualnya di dalam hubungan atau bahkan sebatas hook-up belaka. Wanita mendambakan sentuhan intim dari orang lain alih-alih melakukan masturbasi seperti umumnya laki-laki. Wanita butuh untuk merasa aman secara emosional sebelum momen seksual datang. 

6. Seks adalah sebuah aspek cinta

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan Seksfreepik.com/ pressfoto

Bagi wanita, ada banyak yang termasuk dalam kategori cinta: seks, menghabiskan waktu bersama, bekerja bareng, mengelola rumah tangga dan keluarga sebagai tim, merayakan liburan, saling memberi dan menerima hadiah, dan lain-lain juga masuk dalam hitung.

Seks pun merupakan bagian dari keseluruhannya alih-alih sebagai faktor penentunya. Bercinta boleh jadi sebentuk aliran perasaan hangat yang diperolehnya dalam sebuah hubungan, tetapi bukan pasti jadi sumber utamanya.

7. Seks menjadi caranya menyampaikan cinta

Harus Tahu, Ini 7 Hal yang Perempuan Rasakan tentang Hubungan Seksdok.internet

Tentu, wanita tak berkewajiban untuk melakukan seks bila dia tak menginginkannya. Namun, wanita cenderung lebih peka terhadap keinginan pasangannya yang sedang ingin bercinta dan berkeinginan untuk memuaskan keinginan atau bahkan kebutuhan pasangannya.

Ini jugalah yang menjadi salah satu bentuk cinta yang diberikan. Selain itu, karena wanita cenderung merasa bergairah setelah rangsangan, dia pun tak akan menyesali keputusannya yang satu ini.

Laki-laki dan wanita butuh merasa sangat dekat antara satu dan lainnya untuk mencapai kebahagiaan bersama. Namun, boleh jadi titik awal keduanya berbeda, termasuk untuk urusan seks.

Meski demikian, hal ini tak perlu terlalu dipermasalahkan. Toh, intimasi emosional yang dikombinasikan dengan intimasi seksual menjadi paduan yang menciptakan gairah dalam hubungan.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Guys, Kamu Harus Tahu 7 Hal yang Wanita Rasakan tentang Hubungan Seks"

Baca Juga: Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan Seks