Terkadang berhubungan seks nggak hanya bagaimana cara eksekusinya saat di ranjang saja, tetapi bagaimana kamu dan pasangan berkompromi dari hasil percakapan sebelumnya. Percakapan tentang seks ini dinilai ampuh dan dapat membuat perubahan besar untuk ikatan fisik dan emosional hubunganmu, kata Joseph Grenny, ilmuwan sosial dan penulis pendamping dari "Crucial Conversations: Tools for Talking When Stakes Are High".

Buat hubunganmu semakin berhasil, inilah percakapan tentang seks yang bisa kamu diskusikan bersama pasangan.

1. Batasan tentang seks

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ raisakanareva

Terkadang perspektif tentang seks antara kamu dan pasanganmu sedikit berbeda. Oleh karena itu, tentukan jenis permainan apa yang kamu sukai bersamanya, apakah untuk memainkan peran, merealisasikan fantasi seksual, dan hal-hal yang nggak boleh dilakukan ketika berhubungan seks. Ini akan secara nggak langsung bisa menjadi rules 'permainan' kalian berdua.

2. Kebiasaan yang membosankan

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ jcomp

Apakah kamu pernah merasa bahwa pola seksmu menjadi hal yang membosankan? Jika hal itu terjadi sepertinya kamu harus mencoba hal yang baru, baik itu posisi, ritme permainan, bahkan caramu memandang seks sebagai suatu keintiman.

Diskusikan beberapa fantasi seksualmu bersama pasangan, jika memungkinkan hal ini bisa menjadi suatu cara baru untuk mengganti kebiasaan yang membosankan.

3. Ketika salah satu pihak mengalami disfungsi seksual

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ branin

Meski nggak ada yang menginginkan hal ini terjadi, nggak ada salahnya untuk membicarakannya dahulu bersama pasangan. Disfungsi seksual bisa terjadi oleh siapa saja, baik itu kamu yang kurang basah ketika di ranjang ataupun pasanganmu yang nggak tahan untuk bermain lama.

Jangan putus asa dan panik dulu, jika hal ini terjadi kondisikan dengan memberitahunya agar foreplay ataupun ritme bisa kalian atur berdua. Jika hal ini kurang berhasil tetap beri semangat satu sama lain dan berkonsultasi ke dokter.

4. Kesehatan seks

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ freepik

Saat kamu dan pasangan sudah mulai aktif berhubungan seks, itu artinya organ intim juga perlu diperhatikan. Ada beberapa vaksin untuk menghindari berbagai penyakit menular seks seperti vaksin HPV. Jika ada yang dikeluhkan jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter.

Memperhatikan bagaimana penggunaan pakaian dalam juga perlu diperhatikan apalagi bakteri bisa tumbuh di tempat yang lembap, seperti organ intim, baik laki-laki ataupun perempuan.

5. Mood berhubungan seks

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ bilahata

Hubungan seks adalah komunikasi dua arah yang artinya itu atas keputusan kamu dan pasangan. Jangan sampai satu orang bersemangat dan satu orang hanya menurutinya saja ya Bela, ini akan mempengaruhi hubungan emosional di antara kalian berdua.

Penjadwalan saat berhubungan seks juga bisa dilakukan agar kamu dan pasangan bisa mempersiapkannya terlebih dahulu.

6. Frekuensi berhubungan seks

Percakapan Tentang Seks Ini Bisa Membuat Hubunganmu Berhasilfreepik.com/ boggy

Hal ini sangat penting untuk didiskusikan terlebih dahulu. Bagaimana preferensimu dan pasangan tentang berapa kali hubungan seks dilakukan dalam seminggu. Jangan sampai salah satu pihak merasa kurang tercukupi atau merasa seks terlalu sering sehingga nggak bisa membawa chemistry satu sama lain.

Baca Juga: 5 Posisi Seks untuk Kamu yang Bertubuh Lebih Mungil dari Pasangan

Baca Juga: Jangan Buru-buru, Perhatikan 7 Hal Saat Berhubungan Seks Pertama Kali

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Alami Frustrasi Seksual