Saat melakukan hubungan intim, yang dirasakan oleh perempuan adalah rasa sakit di bagian vagina. Rasa nyeri dan efek terbakar akan dirasakan dikarenakan penetrasi yang dilakukan karena tekanan dan gesekan. Rasa sakit di vagina ini bisa dibaratkan saat ototmu kencang saat habis berolahraga, ada efek yang memang dtimbulkan.

Tak usah khawatir, inilah cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim.

1. Penyebab rasa sakit secara medis

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfreepik.com/ spukkato

Dr. Carolyn Alexander, MD, FCOG dengan sertifikat obgyn di Southern California Reproductive Center, Los Angeles menjelaskan ada dua perbedaan rasa sakit pada vagina. Rasa nyeri di vulva ketika penetrasi yang terkait dengan pelumasan yang kurang dan iritasi pada saluran vagina karena adanya bakteri di sana.

Nggak hanya itu, rasa sakit yang lebih serius bisa dikarenakan keadaan panggul tertentu seperti endometriosis (kista ovarium), IMS (gonore atau klamidia), atau iritasi pada dinding rahim.

2. Berendam di garam epsom

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfreepik.com/ freepik

Cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim salah satunya dengan berendam di garam epsom. Hal ini bisa melemaskan otot-ototmu dan mengurangi peradangan di sekitar vagina. Jika kamu nggak memiliki bathtub, kamu bisa duduk di air yang sudah tercampur dengan garam epsom. Yang harus kamu ingat adalah hindari pemakaian bath bomb terlebih dahulu karena akan mengganggu pH vaginamu dan bahkan membuatnya iritasi.

3. Kompres menggunakan es

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfreepik.com/ freepik

Kamu bisa mengambil es untuk mengompres di sekitar area vagina. Cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim mini terbukti ampuh karena membantu menghilangkan pembengkakan atau rasa sakit. Jangan lupa untuk mencuci es terlebih dahulu dan es terbuat dari air yang sudah matang.

4. Mengoleskan pelumas

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfreepik.com/ freepik

Jika kamu biasanya menggunakan pelumas saat berhubungan intim, hal itu bisa mencegah rasa sakit pada vagina. Akan tetapi kamu juga bisa memasukkan pelumas berbahan dasar air ke dalam vaginamu setelah berhubungan seks. Dr. Alexander mengatakan, hal ini akan mendinginkan dan menenangkan vaginamu. Dia juga merekomendasikan Astroglide atau KY Jelly sebagai cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim.

5. Gunakan celana dalam berbahan katun

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimpexels.com/ Valeria Boltneva

Celana dalam berbahan katun akan membuat vaginamu ‘bernapas’ daripada bahan yang lain. Memekai pakaian berbahan katun saat peradangan di vagina bisa menyembuhkan rasa terbakarnya karena udara bisa masuk dan keluar.

6. Ganti posisi berhubungan seksmu dengan pasangan

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfreepik.com/ jcomp

Beberapa orang cenderung mengalami rasa sakit yang dalam ketika pasangan melakukan penetrasi dari belakang seperti doggy style. Hal ini karena penis akan lebih dalam masuk ke dalam vaginamu. Jika rasa sakit beberapa kali terjadi pada posisi yang sama, mengganti posisi seks bisa dilakukan untuk cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim. Nggak ada salahnya untuk sesekali mencoba posisi lain yang tetap panas, bukan?

7. Minum ibuprofen

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimpexels.com/ Pixabay

Dr. Alexander juga memberi tahu untuk meminum Advil atau ibuprofen sebelum berhubungan seks. Hal ini berfungsi untuk memberikan rasa nyaman setelahnya. Jika kamu tahu kapan akan berhubungan intim untuk merencanakannya dengan benar, hal ini perlu dicoba.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa sakit vagina setelah berhubungan intim. Yang harus kamu ingat bahwa berhubungan intim berarti aka nada proses penetrasi, di mana tekanan dan kecepatan juga mempengaruhi otot-otot yang ada di vaginamu ya, Bela!

Baca Juga: 7 Cara Mengajak Istri Berhubungan Intim