Sudah bukan rahasia lagi bahwa masturbasi merupakan salah satu cara untuk memuaskan diri sendiri. Seringkali masturbasi dianggap menjadi hal yang tabu dan hanya dilakukan oleh para laki-laki saja. Padahal sebenarnya, perempuan juga banyak yang melakukan masturbasi, hanya saja enggan membicarakannya.

Masturbasi juga dianggap sebagai sesuatu yang memalukan, bahkan dianggap penyakit hingga pelecehan diri. Ternyata, berdasarkan penelitian, masturbasi ternyata punya manfaat kesehatan, baik itu untuk mental dan fisik. Apa saja penjelasannya, ya?

1. Masturbasi menhasilkan hormon yang meningkatkan mood

Nggak Sangka! Ini 5 Alasan Masturbasi Itu Menyehatkanfreepik.com/ halayalex

Mengalami orgasme menyebabkan tubuh melepaskan dopamin, endorfin, dan oksitosin. Memproduksi lebih banyak hormone-hormon ini akan menurunkan kortisol, yaitu hormon stres yang menyebabkan gangguan pada tubuh seperti peradangan, insomnia, dan penurunan berat badan.

Tingkat oksitosin yang tinggi juga dapat membuatmu lebih bahagia dan nggak gampang bad mood.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Nggak Sangka! Ini 5 Alasan Masturbasi Itu Menyehatkanfreepik.com/ Racool_studio

Masturbasi pada perempuan juga bisa memberi dampak positif yaitu kepercayaan diri. Masturbasi dapat membuatmu lebih mengenali tubuhmu dan apa yang kamu sukai. Kamu akan lebih mempunyai rasa memliki dan meningkatkan bagaimana identitas dari dirimu sendiri. Psst.. ini juga akan membantu kehidupan seksualmu dengan pasangan, lho!

3. Meningkatkan kepuasan seksual

Nggak Sangka! Ini 5 Alasan Masturbasi Itu Menyehatkanfreepik.com/ dimonka

Nggak hanya berpengaruh terhadap mood-mu, masturbasi juga bisa menjadi cara ampuh untuk mempelajari tentang tubuhmu. Bagaimana kamu memahami tubuhmu juga membuat pengalaman seksual lainnya lebih menyenangkan.

Masturbasi juga menjadi cara yang diresepkan dalam terapi seks. Bahkan cara ini digunakan untuk mengobati berbagai disfungsi seksual, termasuk ejakulasi dini pada laki-laki.

4. Mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki

Nggak Sangka! Ini 5 Alasan Masturbasi Itu Menyehatkanfreepik.com/ bonnontawat

Sebuah studi pada Harvard Medical School menemukan bahwa peningkatan ejakulasi, termasuk dari hubungan seksual dan masturbasi, bisa menurunkan risiko kanker prostat pada laki-laki.

Laki-laki yang mengalami 21 kali ejakulasi per bulan akan memiliki 31% kemungkinan lebih rendah terkena kanker prostat, dibandingkan dengan mereka yang ejakulasi 4-7 kali dalam sebulan.

5. Meningkatkan harapan hidup

Nggak Sangka! Ini 5 Alasan Masturbasi Itu Menyehatkanfreepik.com/ lookstudio

Selain untuk kesehatan fungsi masturbasi selanjutnya yaitu untuk psikologismu. Sebuah studi selama 25 tahun menemukan bahwa frekuensi seks yang tinggi memprediksi angka kematian tahunan yang lebih rendah untuk laki-laki. Kesenangan dalam hubungan seksual  juga memprediksi angka kematian yang lebih rendah untuk perempuan.

Masturbasi pada laki-laki dan perempuan dapat memiliki beberapa manfaat yang sama, yaitu membantu mengurangi kortisol, stres, dan peradangan, sekaligus meningkatkan hormon-hormon utama.

Ternyata, masturbasi memang punya manfaat kesehatan, ya! Tapi tentu saja, jangan keasyikan sendiri sampai melupakan pasanganmu.

Baca Juga: Perlu Banget, Diskusikan Ini Sebelum Mencoba Hal Baru di Ranjang

Baca Juga: Cewek Juga Bisa, Ini 7 Cara Percaya Diri Saat Masturbasi

Baca Juga: Dear Cowok, Lakukan 5 Hal Ini Agar Berhenti dari Kecanduan Masturbasi