Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipakai untuk mencegah kehamilan yang nggak direncanakan. Kondom juga merupakan hal mutlak yang digunakan para pasangan saat melakukan hubungan intim. Banyak manfaat dari benda satu ini, dari alasan medis hingga alasan sosial. Apakah kamu salah satu penggunanya ataukah pasanganmu menolak untuk menggunakannya?

Ada beberapa alasan mengapa sebagian laki-laki menolak menggunakan kondom. Kadang sulit juga memberikan pemahaman bahwa kontrasepsi ini penting digunakan. Walaupun dia selalu merayumu, kamu harus ambil sikap dan berilah pengertian seperti di bawah ini.

1. Komunikasikan

Menolak Pakai Kondom? Begini 6 Cara Memberi Pengertian ke PasanganPinterest.com

Hal ini mungkin agak sulit. Tanyakan kepadanya alasan nggak ingin menggunakan kondom. Ketika dia memberi jawaban, pastikan kamu sudah tahu respons yang akan diberikan. Berilah pengertian tentang bahaya berhubungan seks tanpa kondom. Tekan emosinya dan minta dia untuk mempertimbangkan kembali keinginannya.

2. Bercinta menggunakan kondom juga nikmat

Banyak laki-laki mengklaim bahwa kondom mengurangi kenikmatan seksnya. Itulah sebabnya pasanganmu nggak ingin menggunakan kondom. Jika ini alasannya, katakan kamu nggak menikmati seks kecuali kamu merasa itu aman dan terlindungi. Sampaikan kepadanya banyak kondom yang mempunyai fitur tambahan untuk meningkatkan sensasi bahkan dibuat setipis mungkin.

3. Penyakit menular itu ada

Menolak Pakai Kondom? Begini 6 Cara Memberi Pengertian ke PasanganMesmac.co.uk

Jika pasanganmu beralasan semuanya akan baik-baik saja, sepertinya hal itu salah. Nggak menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan membuat penyakit menular itu ada. Mintalah dia mempertimbangkan ketika berhubungan seks, itu berarti kita memberi kepercayaan masing-masing, oleh karena itu mintalah dia untuk percaya padamu.

4. Alasan bahwa kondom juga nggak selalu berfungsi

Jika pasanganmu memberi tahumu tentang hal ini, kamu juga harus menyiapkan jawabannya. Dengan pemakaian yang benar, kondom akan bekerja efektif 98%, dan kerusakan atau disfungsi dari kondom hanya memiliki angka 2% saja. Pastikan kondom yang kamu beli pas dengan ukuran Mr. P pasanganmu.

5. Kontrasepsi ganda

Menolak Pakai Kondom? Begini 6 Cara Memberi Pengertian ke PasanganHelloclue.com

Memang nggak sedikit yang sudah menggunakan alat kontrasepsi seperti pil. Saat itulah kamu harus memberi tahu dia bahwa langkah-langkah tersebut nggak melindungi dari PMS. Kondom akan memberi perlindungan ganda, apa salahnya daripada menyesal di kemudian hari.

6. Cara kreatif lainnya

Mungkin pasanganmu menolak menggunakan kondom dengan alasan mengurangi kepuasannya. Nggak ada salahnya kamu bisa lebih kreatif untuk memakaikannya. Kamu dapat menggunakan tangan atau bibir untuk memasangkannya. Nggak ada alasan pasanganmu untuk menolak menggunakan kondom ya, Bela.

Baca Juga: Mau Seks Aman? Ikuti 7 Tips Penggunaan Kondom Ini!