Penis merupakan organ yang sangat penting bagi laki-laki. Bagaimana tidak, nggak hanya berfungsi untuk saluran pengeluaran air kencing, tetapi juga dibutuhkan untuk reproduksi. 

Nggak hanya memiliki fungsi yang penting, inilah beberapa fakta unik tentang penis yang harus kamu tahu.

1. Ereksi pertama laki-laki

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar Penisfreepik.com/ KamranAydinov

Bayi yang sedang dilahirkan ternyata keluar dengan ereksi. Bahkan sebelum lahir, saat dilakukan USG, penis pun sudah berereksi.

Menurut sebuah studi dari 1991, ereksi janin sering terjadi selama sang ibu melakukan tidur dengan gerak mata cepat atau tidur REM (rapid eye movement). Tidur REM juga sering disebut tidur ayam.

2. Ukuran penis lebih panjang dua kali yang kamu kira

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar Penisfreepik.com/ coffeekai

Jika orang berpikiran bahwa panjang penis adalah dari ujung hingga pangkal, hal ini salah. Faktanya, bagian penis lainnya adalah, sekitar setengah dari keseluruhan panjangnya berada dalam tubuh laki-laki.

Jaringan ereksi yang terdapat pada penis yang terdiri dari corpus cavernosum dan corpus spongiosum ini meluas hingga daerah panggul di tubuh laki-laki.

3. Mitos ukuran sepatu dan penis adalah salah

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar Penisfreepik.com/ andreycherkasov

Adanya mitos tentang ukuran dan panjang kaki adalah gambaran dari panjang tidaknya penis pada laki-laki nggak bisa dibenarkan. Hal ini terbukti pada penelitian yang diterbitkan di jurnal BJU Internasional.

Akan tetapi pada penelitian International Journal of Impotence Research mengatakan, dimensi penis signifikan berkorelasi dengan usia, tinggi, dan jari telunjuk laki-laki, tapi tidak pada ukuran kaki.

4. Alasan laki-laki mengalami ereksi di pagi hari

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar Penisfreepik.com/ user14526789

Ereksi di pagi hari membantu mencegah laki-laki mengompol, hal ini dikarenakan ereksi menghambat buang air kecil. Kandung kemih yang penuh akan merangsang saraf yang terlibat dalam ereksi laki-laki.

5. Penis bisa patah

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar Penisgettyimage.com/

Seperti yang kamu tahu, penis nggak mempunyai tulang. Akan tetapi penis bisa saja patah, hal ini sering terjadi saat berhubungan seks yang kuat ataupun jatuh dari tempat tidur saat ereksi. Pada hubungan seks, 42 kasus penis patah dikarenakan posisi woman on top.

Fraktur pada penis ini terjadi karena pecahnya selubung fibrosa pada corpora cavernosa, jaringan yang menjadi ereksi ketika dibanjiri dengan darah.

6. Sudut penis saat ereksi

Perempuan Juga Perlu Tahu, 6 Fakta Unik Seputar PenisUnsplash.com/Charles Deluvio

Saat ereksi, penis akan mengarah ke segala arah. Bisa lurus ke depan, kiri, kanan, atas maupun bawah. Hal ini nggak ada yang benar dan salah, semua bisa saja terjadi.

Akan tetapi pada sebuah penelitian inilah beberapa sudut yang dihasilkan laki-laki saat ereksi. Dengan acuan 0 derajat apabila penis langsung menghadap ke atas, dan jika mengarah ke depan (horizontal), itu menggambarkan 90 derajat.

  • 0–30 derajat: 4,9 % laki-laki
  • 30–60 derajat: 29,6 % laki-laki
  • 60–85 derajat: 30,9 % laki-laki
  • 85–95 derajat: 9,9 % laki-laki
  • 95-120 derajat: 19,8 % laki-laki
  • 120–180 derajat: 4,9 % laki-laki

Jadi jika selama ini pasangan kamu khawatir kalau penisnya membengkok saat ereksi, nggak usah khawatir, karena semua itu normal. Bahkan faktanya, sangat jarang laki-laki yang penisnya lurus saat ereksi.

Baca Juga: Cara Aman Berhubungan Seks Saat Hamil

Baca Juga: Penis Besar Bukan Jaminan Kepuasan, Ini 5 Alasan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan Seks