Gairah seksual adalah gairah alami yang dirasakan oleh setiap orang ketika bercinta. Untuk mendapatkannya dibutuhkan beberapa hal dan tentunya usaha yang maksimal. Namun, ketika pelaksanaannya tentu ada begitu banyak hal yang tidak bisa dihindari. Sebaik apa pun rencananya. Nah, kondisi ini ditemui oleh banyak pasangan lho. Tidak hanya pasangan baru, pasangan yang sudah lama pun bisa mengalaminya. Ketika hendak mencapai sebuah gairah seksual, namun yang ditemui justru sebuah kecanggungan.

Yup! Rasa canggung ketika bercinta memang kerapkali mengganggu bagi sebagian besar pasangan. Selain membuat gairah seksual tidak maksimal, hal ini juga bisa menimbulkan masalah lainnya, lho.

Nah, untuk kamu yang ingin menghindari masalah ini, simak ulasan berikut ini, yuk. Popbela sudah merangkum apa saja cara mengatasi kecanggungan saat bercinta.

1. Sadarilah bahwa hal itu normal

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/shurkin_son

Situasi yang terjadi ketika berhubungan seks adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi. Berbagai aspek bisa memengaruhinya, mulai dari posisi, suasana hati, lokasi atau pun mungkin beberapa hal yang mendukung kegiatan seksmu dengan pasangan. Nah, begitupun dengan keadaan canggung. Tentu kamu dan pasangan tidak bisa memprediksinya, kan, Bela? Kalian berdua mungkin sudah merasa melakukan segala sesuatu dengan benar, namun situasi canggung tetap tidak bisa dihindari.

Ketika menghadapi hal ini, penting untuk menyadari bahwa banyak orang telah mengalaminya, Bela. Artinya situasi ini adalah situasi yang normal dan jangan buat itu menjadi hal yang membebankan pikiran kalian, ya.

2. Jangan takut membicarakannya dengan pasangan

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/drobotdean

Komunikasi penting dalam hubungan apa pun, dan akan menjadi sangat penting jika berkaitan dengan seks. Kamu perlu menghilangkan perasaan takut dan ragu untuk membahas situasi yang membuat kalian canggung, lho. Hal ini demi kelancaran hubungan kalian ke depannya juga kok, Bela.

3. Bersikaplah lebih terbuka

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/Racool_studio

Selain menghilangkan rasa takut, kalian juga perlu untuk menjadi saling terbuka. Komunikasikan apa saja yang menjadi masalah ketika berhubungan seksual. Kamu bisa mulai dari memberitahu pasangan soal apa yang kamu suka dan tidak sukai ketika sedang bercinta. Kamu juga bisa memberitahu pasangan ketika kamu sedang mood yang tidak baik ketika hendak bercinta. Yang terpenting, cobalah untuk bersikap jujur ketika membahasnya.

4. Jangan saling menyalahkan

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/jcomp

Ketika situasi canggung atau tidak baik terjadi saat kalian bercinta, jangan pernah saling menyalahkan, ya, Bela. Selain tidak menyelesaikan masalah, sikap ini justru malah berpotensi menambah masalah, lho.

Bayangkan saja ketika suatu masalah terjadi, lalu kamu menyalahkan pasangan. Padahal bisa jadi itu bukan sepenuhnya salah dia. Tindakan ini tentu bisa memengaruhi situasi bercinta kalian di kemudian hari.

Untuk itu, daripada berfokus pada siapa yang salah dan benar. Cobalah untuk lebih memikirkan apa yang menjadi solusinya dan perbaiki semuanya.

5. Sisipkanlah humor ketika menghadapi situasi tersebut

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara mengatasi kecanggungan saat bercinta paling mudah adalah dengan menggunakan humor, karena humor bisa menjadi solusi untuk beberapa masalah. Yup! Ketika bercinta dan sesuatu yang memalukan terjadi, kamu bisa lho menggunakan pendekatan humor.

Misalnya, fakta bahwa gesekan seks bisa mempermudah pelepasan gas, jadi kentut bisa terjadi pada momen-momen tidak terduga. Nah, daripada membayangkan situasi canggung terjadi, kenapa tidak mencoba membuatnya lebih nyaman? Hal ini mungkin memalukan awalnya, namun bisa menjadi hal yang lucu setelahnya. Kamu bisa mengubah momen canggung dengan tawa, lho, Bela.  

6. Meminimalisir kecanggungan, mulailah kegiatan seks dengan hal-hal ringan

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta https://www.todaysparent.com

Cara terbaik menghindari atau mengatasi situasi canggung ketika bercinta adalah dengan menciptakan situasi yang nyaman. Untuk menciptakan situasi nyaman, bisa dilakukan dimulai dari hal-hal yang ringan, lho.

Sebelum langsung bercinta, kamu bisa mulai membangun keintiman secara perlahan, mulai dari berpengangan tangan, lalu saling bercerita. Kemudian setelahnya beralih ke sesuatu yang lebih besar. Fokus pada pemanasan, misalnya.

Sering kali saat hubungan sudah berlangsung lama, beberapa orang mudah melewatkan foreplay dan langsung melakukan hubungan seksual. Padahal, berciuman, berpelukan, berbisik, dan menyentuh bisa menambah keintiman, lho.

7. Sisihkanlah waktu

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kualitas waktu juga memiliki peran dalam situasi bercinta, lho. Untuk itu penting untuk membuat waktu yang berkualitas ketika hendak bercinta. Caranya dengan menyisihkan waktu untuk quality time berdua, melakukan staycation berdua, misalnya.

Cobalah sesekali untuk membuat liburan khusus berdua dengan pasangan tanpa anak-anak dan orang lain. Di momen itu kalian bisa saling memperdalam keintiman hubungan dengan menjadi diri sendiri tanpa tekanan dari lingkungan.

8. Susun jadwal bercinta yang rutin

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/cookie_studio

Selain waktu yang berkualitas, waktu yang rutin untuk bercinta ternyata juga penting, lho. Ketika hubungan bercinta dilakukan secara rutin maka akan banyak pengalaman yang terjadi dan itu akan berpengaruh untuk meminimalisir kecanggungan saat bercinta.

Untuk itu, coba, deh, buat jadwal bercinta yang rutin. Hal ini juga bisa membangkitkan kembali gairah-gairah cinta seperti saat kalian pacaran dan belum menikah dahulu.

9. Belajarlah dari pengalaman dan cegah hal yang sama terulang

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta www.verywellhealth.com

Ketika kamu dan pasangan sudah saling membahas terkait masalah kecanggungan. Maka, saat-saat canggung tentu bisa dicegah. Cobalah untuk mengambil pelajaran dari hal-hal yang sudah kalian alami. Kemudian pelajari agar tidak terulang di kemudian hari.

10. Cari bantuan profesional jika dibutuhkan

Bangkitkan Gairah! Ini 10 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Bercinta freepik.com/freepik

Ketika semua cara di atas sudah kalian coba, namun situasi canggung masih tetap terjadi, maka cobalah untuk mencari bantuan dari orang lain yang lebih professional. Jangan malu untuk menceritakannya, demi kebaikan hubunganmu dengan pasangan ke depannya.

Itu dia beberapa cara mengatasi kecanggungan saat bercinta. Semua cara di atas bisa kamu coba ketika suatu saat kamu dihadapi dengan situasi tidak mengenakkan tersebut. Jadi, cobalah untuk lebih peka ketika sedang bercinta, ya, Bela.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Suami Puas atau Tidak Saat Bercinta denganmu

Baca Juga: 8 Posisi Seks di Sofa yang Bikin Bercinta Makin Menantang

Baca Juga: Kenali 11 Jenis Kondom Unik untuk Sesi Bercinta Lebih 'Panas'