Seringkali, orang berpendapat jika sepasang kekasih hanya melakukan oral, sebagai pengganti hubungan intim, itu nggak dapat dikatakan sebagai seks. Bahkan, seseorang akan mengatakan bahwa mereka telah melakukan seks ketika melakukan hubungan intim dalam durasi yang lama dan mencapai orgasme. Dengan kata lain, jika seseorang hanya melakukan hubungan intim baru beberapa detik dan nggak mencapai orgasme, nggak dapat dikatakan bahwa mereka telah melakukan seks.

Padahal, hal-hal seperti tadi sudah dapat dikatakan bahwa mereka telah melakukan seks. Agar nggak salah mendeskripsikan seks, perlu diketahui hal apa saja yang termasuk dan nggak termasuk seks, berdasarkan sebuah diskusi Sex101 dan beberapa penelitian yang dilansir dari situs Seventeen.

Hal Apa Saja Sih yang Termasuk Kegiatan Seksual? Ini Penjelasannya

Ternyata, jika seseorang melakukan masturbasi, itu nggak dapat dikatakan sebagai seks. Karena masturbasi dilakukan seseorang untuk membuat rileks tubuh, sehingga nyaman dalam berhubungan intim dan mencapai orgasme dengan tingkat kepuasan yang baik.

Hal Apa Saja Sih yang Termasuk Kegiatan Seksual? Ini Penjelasannya

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Planned Parenthood, jika seseorang melakukan hubungan intim, meskipun mereka nggak mencapai orgasme, itu sudah dapat dikatakan bahwa mereka telah melakukan seks. Karena, nggak semua orang dapat mencapai orgasme dengan mudah saat berhubungan intim. Bahkan satu dari tiga perempuan yang telah diteliti mengatakan bahwa mereka mempunyai masalah dalam mencapai orgasme ketika seks.

Hal Apa Saja Sih yang Termasuk Kegiatan Seksual? Ini Penjelasannya

Selain berhubungan intim, sepasang kekasih yang melakukan, baik oral ataupun anal itu menandakan bahwa mereka sudah melakukan seks. Bagaimanapun juga, oral dan anal merupakan bagian dari tipe seks. Hanya saja, ketika orang melakukan oral, itu nggak akan membuat pasangannya menjadi hamil. Meski demikian, tetap diperlukan pengaman untuk mencegah timbulnya penyakit akibat seks oral ataupun seks anal.

Hal Apa Saja Sih yang Termasuk Kegiatan Seksual? Ini Penjelasannya

Berdasarkan hasil diskusi, dikatakan bahwa nggak ada buku secara resmi yang mengatur tentang seberapa dalam penetrasi yang harus dilakukan oleh laki-laki agar dapat terhitung sebagai seks. Dengan kata lain, sedalam apapun penetrasinya, baik itu hanya setengah maupun seluruhnya itu sudah terhitung melakukan seks.

Hal Apa Saja Sih yang Termasuk Kegiatan Seksual? Ini Penjelasannya

Berapa lama pun seseorang berhubungan intim, baik hanya beberapa detik maupun sampai mencapai orgasme, hasil dari diskusi yang dilakukan mengatakan bahwa itu sudah terhitung sebagai seks. Meski hanya sebentar, tetap dalam berhubungan intim diperlukan pengaman.

Nah Bela, setelah mengetahui hal mana yang termasuk dan nggak termasuk seks. Apakah kamu yakin kalau kamu nggak pernah melakukan seks hanya karena kamu nggak melakukan hubungan intim?

Penulis: Agnes Innike Putri