Hubungan seksual menjadi salah satu hal penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Sebagai pasangan suami istri, sudah sewajarnya jika momen intim ini dilakukan. Sebagai istri, kita tentu ingin memuaskan suami saat berhubungan intim. Namun gimana caranya memuaskan suami saat haid tiba?

Mungkin kita akan berpikir bahwa momennya nggak tepat. Tapi, keinginan suami untuk bercinta jangan langsung ditolak ya, Bela. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya suami tetap puas.

Cara memuaskan suami saat haid dalam Islam

Mengutip dari Konsultasi Syariah, sebenarnya berhubungan intim ketika istri sedang menstruasi ini juga disinggung dalam al-Quran, yaitu surat al-Baqarah ayat 222 yang berbunyi:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ

Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran”. Karena itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. apabila mereka telah Suci, Maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Selain itu, ada pula hadis yang berbunyi:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حِضْتُ يَأْمُرُنِي أَنْ أَتَّزِرَ، ثُمَّ يُبَاشِرُنِي

Apabila saya haid, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruhku untuk memakai sarung kemudian beliau bercumbu denganku. (HR. Ahmad 25563, Turmudzi 132 dan dinilai shahih oleh Al-Albani).

Cara Memuaskan Suami Saat Haid Beserta Pro dan KontranyaPixabay.com/Anna Sunny

Simpulannya, interaksi yang mesra antara suami istri ketika istri haid itu sah-sah saja asalkan mengikuti peraturan ini:

  1. Suami istri nggak berhubungan intim (melakukan penetrasi) atau suami nggak mendekati Miss V sebagai tempat keluarnya darah kotor.
  2. Suami boleh melakukan apa pun dengan tubuh istri, seperti menciumi, merangsang, selama itu dilakukan di atas pusar dan di bawah lutut.
  3. Istri juga boleh menggoda dan menyentuh suami, termasuk membantu suami untuk mengeluarkan sperma dengan menggunakan tangan istrinya.

Pro dan kontra bercinta saat haid

Bercinta saat menstruasi memang menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Namun nyatanya ada beberapa posisi seks yang bisa dilakukan saat haid. Sebelum masuk ke posisi apa saja yang dimaksud, ketahui terlebih dahulu manfaat serta risiko berhubungan seks saat haid. Faktanya ada penelitian yang menyatakan bahwa berhubungan seks saat haid itu menyehatkan.

  1. Bisa mengurangi kram perut, terutama ketika mencapai orgasme. Rahim yang awalnya mengalami kontraksi menjadi lebih rileks. Selain itu, hormon endorfin juga keluar ketika berhubungan seks yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit sekaligus memberikan perasaan menyenangkan.
  2. Mengurangi stres dan migrain. Anke Hambach dan rekan-rekannya pada tahun 2013 lalu melakukan survei pada 1000 orang yang mengidap migrain. Hasilnya, sebagian besar dari mereka nggak mengalami migrain saat berhubungan seks. Dari data tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas seks bisa mengurangi rasa sakit pada kepala terutama migrain.
  3. Durasi haid yang lebih singkat. Kontraksi yang terjadi pada rahim saat berhubungan seks atau orgasme membuat rahim mengeluarkan darah lebih banyak sehingga durasi menstruasi bisa menjadi lebih singkat dari biasanya.
Cara Memuaskan Suami Saat Haid Beserta Pro dan KontranyaPexels.com/Pixabay

Selain bermanfaat, ini risiko tersembunyi di balik seks ketika sedang haid:

  1. Berantakan. Jika hubungan intim terutama penetrasi dilakukan saat haid, maka kemungkinan besar darah haid akan mengalir keluar dan sesi bercinta kalian kurang menyenangkan. Apalagi jika pasanganmu merasa jijik bahkan fobia dengan darah.
  2. Menyebarkan penyakit menular, seperti hepatitis atau HIV karena virusnya hidup di dalam darah. Penyakit tersebut bisa menular ke pasangan jika terjadi penetrasi. Salah satu cara mencegahnya yaitu menggunakan kondom.
  3. Tetap bisa menyebabkan kehamilan. Jika selama ini kamu berpikir bahwa berhubungan seksual saat menstruasi bisa mencegah kehamilan, faktanya kehamilan mungkin terjadi meskipun potensinya lebih rendah.

Posisi seks saat haid

Lalu, apa saja posisi seks yang aman dilakukan ketika istri sedang haid? Berikut beberapa referensinya.

  1. Shower sex. Beberapa pasangan yang memilih untuk tetap berhubungan seks selama menstruasi menjadikan kamar mandi sebagai tempat favorit mereka. Selain nggak mengotori ranjang atau kamar, bercinta di kamar mandi dianggap lebih praktis karena mudah untuk membersihkan tubuh setelah bercinta.
  2. Posisi spooning. Bagian intim perempuan disebut lebih sensitif ketika ‘tamu bulanan’ tiba, sehingga posisi spooning, yaitu penetrasi dengan tidur miring dan dilakukan dari belakang, dianggap bisa merangsang bagian sensitif perempuan dengan lebih maksimal.
  3. Posisi misionaris. Salah satu posisi seks yang paling umum ini juga bisa menjadi alternatif. Melansir dari Popsugar, seorang psikolog dan pakar seks yaitu Antonia Hall menyatakan bahwa posisi seks di mana kamu bertumpu pada punggung dan kaki terangkat bisa mengurangi rasa kram pada perut. Selain itu, stimulasi yang terjadi pada klitoris juga bisa mempercepat orgasme sekaligus melepaskan rasa sakit.
Cara Memuaskan Suami Saat Haid Beserta Pro dan KontranyaPixabay.com/StockSnap

Bagaimanapun cara memuaskan suami saat haid, itu semua kembali pada preferensi kamu dan pasangan. Lakukan cara yang menurutmu dan pasangan aman dan menyenangkan bagi kedua pihak atau tak ada paksaan.

Baca Juga: 5 Cara Memuaskan Suami Saat Hamil yang Aman Dilakukan