Seks oral merupakan alternatif permainan seks yang menyenangkan. Selain itu, seks oral juga menjadi salah satu cara membuat hubunganmu dan pasangan jadi lebih intim. Meski memiliki risiko berbahaya, ternyata seks oral juga memiliki manfaat, lho. Berikut ini beberapa manfaat seks oral yang bisa kamu rasakan.

1. Mengurangi stres

Tak Sekadar Nikmat, Ini 7 Manfaat Seks Oral yang Jarang DiketahuiUnsplash.com/Fernando Brasil

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh psychosomatic medicine menunjukkan bahwa keintiman fisik atau emosional pada pasangan dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh. Oleh karena itu, seks oral bisa membantu meredakan stres dengan meningkatkan hormon endorfin dan hormon lainnya yang membantu menenangkan tubuh dan meningkatkan mood. 

2. Tidur menjadi lebih nyenyak

Menurut National Sleep Foundation, pada saat orgasme tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang dapat membantu tubuh merasa rileks dan mengantuk. Oleh karena itu, biasanya setelah melakukan seks oral hingga mengalami orgasme, tubuh akan menjadi lelah dan tidur terasa lebih nyenyak. 

3. Meningkatkan gairah seksual

Tak Sekadar Nikmat, Ini 7 Manfaat Seks Oral yang Jarang DiketahuiUnsplash.com/Viliman Viliman

Variasi dalam hubungan seksual sudah sepatutnya dilakukan demi meningkatkan gairah seksual. Untuk itu, kamu bisa mencoba seks oral sebagai foreplay atau pemasanan dalam permainan ranjang sebelum melanjutkan dengan penetrasi.

4. Membantu mengatasi morning sickness

Baik disengaja atau nggak, biasanya sperma akan tertelan ke dalam mulut saat kamu melakukan seks oral. Kalau sudah begitu, nggak usah khawatir, Bela. Sebab, ternyata menelan sperma dapat membantu mengatasi morning sickness atau mual-mual dan muntah yang dialami calon ibu selama masa hamil.  

5. Mengurangi risiko terjadinya preeklampsia

Tak Sekadar Nikmat, Ini 7 Manfaat Seks Oral yang Jarang DiketahuiUnsplash.com/John Looy

Nggak hanya membantu mengatasi morning sickness saja nih, Bela. Menurut sebuah penelitian, perempuan hamil yang menelan sperma dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia pada kehamilan. Preeklampsia sendiri adalah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan organ. 

6. Memperbaiki mood

Salah satu manfaat seks oral yang dapat langsung kamu rasakan adalah perubahan mood yang menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan saat melakukan seks oral, otak akan melepaskan sejumlah neurotransmitter atau zat kimia khusus yang berdampak positif pada suasana hati. 

7. Membuat rasa nyaman dan penuh kasih

Tak Sekadar Nikmat, Ini 7 Manfaat Seks Oral yang Jarang DiketahuiUnsplash.com/Claudia Van Zyl

Melakukan seks oral hingga mencapai orgasme ternyata dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman dan penuh kasih. Pasalnya, saat mencapai orgasme, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk menimbulkan rasa nyaman dan penuh kasih tersebut. 

Itu dia beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan bagi setelah melakukan seks oral. Akan tetapi, tetap waspada jika pasanganmu memiliki penyakit atau infeksi menular seksual. Sebab, hal tersebut justru dapat berisiko membahayakan dirimu. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Tak Sekadar Nikmat, Ini 7 Manfaat Seks Oral Bagi Kesehatanmu dan Dia" 

Baca Juga: 7 Tips Lakukan Seks Oral Tanpa Tersedak