Ejakulasi dini adalah masalah yang bisa terjadi oleh setiap laki-laki. Ketika merasa sudah sulit mengontrol ejakulasi akan sangat berdampak dengan kepercayaan diri seorang laki-laki saat berhubungan seks. Sekitar 1 dari 3 laki-laki berusia 18 sampai 59 tahun mengalami kondisi ini.

Ejakulasi dini juga masuk ke dalam disfungsi seksual di mana seseorang nggak mampu untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang dapat memuaskan aktivitas seksual. Untuk mampu mencegah terjadinya hal ini, sebaiknya kamu tahu penyebab ejakulasi dini.

Faktor psikologis

12 Penyebab Ejakulasi Dini pada Laki-Lakifreepik.com

Faktor yang bisa menjadi penyebab ejakulasi dini adalah faktor psikologis. Depresi, traumatik, atau stres yang dialami seorang laki-laki bisa memicu performa laki-laki dalam berhubungan seks. Faktor-faktor psikologis yang bisa menjadi penyebab ejakulasi dini seperti :

  1. Mengalami trauma yang mendalam
  2. Laki-laki mengalami masalah pribadi dengan pasangan.
  3. Terutama pada pengantin baru, laki-laki memiliki kecemasan yang berlebihan terhadap kemampuannya saat bercinta atau khawatir dengan hal-hal lain.
  4. Disfungsi ereksi yang terjadi karena kekhawatiran laki-laki akan kemampuannya mempertahankan ereksi sehingga membentuk kebiasaan mempercepat ejakulasi. 
  5. Mengalami pengalaman seks yang membuat mereka sering mempercepat ejakulasi karena takut ketahuan.

Faktor biologis

12 Penyebab Ejakulasi Dini pada Laki-Lakiospreybehavioralhealth.com

Selain karena faktor-faktor psikologis di atas, penelitian-penelitian yang mendalami ejakulasi dini menemukan bahwa faktor-faktor biologis juga menjadi penyebab ejakulasi dini. Faktor biologis bisa terjadi karena faktor keturunan atau memang terjadi sistem tubuh yang nggak normal. Faktor biologis yang bisa menjadi penyebab ejakulasi dini seperti :

  1. Rusaknya sistem saraf akibat operasi atau terjadinya trauma.
  2. Pembengkakan atau infeksi pada prostat atau saluran kencing.
  3. Masalah-masalah pada tiroid.
  4. Tidak normalnya aktivitas reflek pada sistem ejakulasi.
  5. Ketidaknormalan zat kimia pada otak yaitu neurotransmitters.
  6. Kurangnya serotonin yang berperan menghambat ejakulasi.
  7. Tingkat hormon dalam tubuh yang nggak normal.

Penyebab ejakulasi dini bisa berpengaruh dari psikologis dan biologis. Penting untuk mengetahui penyebab ejakulasi dini yang bisa terjadi oleh laki-laki. Penting juga menjaga kestabilan kondisi psikologis dan biologi dalam kehidupan. Ketika sudah sangat terganggu dan merasa membutuhkan pertolongan, sebaiknya langsung untuk meminta bantuan pada psikolog atau dokter ahli.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria