Bagi perempuan, bentuk tubuh adalah hal yang sangat penting. Cara perempuan melihat bentuk tubuh mereka akan sangat memiliki pengaruh besar dalam banyak hal. Apalagi dalam perasaannya dalam hasrat seksual dan bagaimana mereka bisa merasa terangsang. Laki-laki pun merasakan perasaan yang sama ketika melihat bentuk tubuh mereka sendiri, namun hal ini nggak mempengaruhi hasrat seksual yang mereka alami, nggak seperti perempuan. Selain itu ketika perempuan merasa citra bentuk tubuhnya negatif hal itu bisa mempengaruhi gangguan terbesar kenikmatan seksual, hasrat, dan responsif pada perempuan, lho.

Perempuan bisa merasa citra tubuhnya negatif karena beberapa faktor. Ada dua jenis masalah citra bentuk tubuh yang mempengaruhi perempuan secara seksual yaitu apa yang dia pikirkan tentang dirinya sendiri dan apa yang dia percaya pada pikiran pasangan tentang tubuhnya.

Apa yang dia pikirkan tentang tubuhnya

Ketika seorang perempuan merasa nggak pede dengan bentuk tubuhnya, hal itu sangat bisa menurunkan kepercayaan dirinya di atas ranjang pula. Ketika nggak merasa pede di atas ranjang, dia juga akan cenderung menghindari aktivitas seksual. Hal ini juga memengaruhi  keinginan, gairah, dan orgasme seksual yang dirasakan. Semakin seorang perempuan nggak puas dengan bentuk tubuhnya, dia juga akan semakin merasa cemas ketika tubuhnya dilihat dan disentuh. Hal yang paling dikhawatirkan seorang perempuan dari tubuhnya adalah ukuran tubuh dan berat tubuh yang dimilikinya.

Citra tubuh yang orang lain pikirkan

Bikin Insecure, Apa Iya Bentuk Tubuh Bisa Pengaruhi Kehidupan Seks?besthealthmag.ca

Ketika seorang perempuan mengetahui kalau pasangannya sangat tertarik dengan dirinya, hal itu akan meningkatkan hasrat seksualnya. Begitu pun sebaliknya, ketika dia percaya kalau orang lain atau pasangan merasa nggak puas dengan bentuk tubuhnya, dia akan tersugesti dan merasa nggak pede dengan tubuh. Hal ini juga akan mengganggu kemampuannya untuk merasa terangsang.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari pemikiran-pemikiran yang bisa menjadikanmu nggak pede dengan bentuk tubuh yang kamu punya. Kamu bisa mencoba melakukannya dan minta bantuan pasanganmu untuk saling bekerja sama agar menghindari ketidakpercayadirian dengan bentuk tubuh.

1. Percaya pada pasangan

Bikin Insecure, Apa Iya Bentuk Tubuh Bisa Pengaruhi Kehidupan Seks?hlguru.com

Banyak laki-laki yang lelah untuk meyakinkan pasangannya kalau mereka sudah memiliki tubuh yang seksi atau cukup indah. Perempuan sering merasa insecure karena terpengaruhi oleh standar masyarakat di luar. Padahal setiap orang memiliki standar yang berbeda dan sebenarnya yang terpenting adalah kesehatan tubuhnya. Ketika pasangan sudah memujimu, percayalah perkataannya jangan malah kamu menyia-nyiakan pujiannya dan terjebak dengan pikiran negatifmu sendiri.

2. Kurangi negative self talk sebelum dan selama melakukan seks

Bikin Insecure, Apa Iya Bentuk Tubuh Bisa Pengaruhi Kehidupan Seks?Freepik.com/Jcomp

Hal ini adalah hal yang harus dihindari. Ketika kamu sering melakukan negative self talk pada diri sendiri tentang tubuh kamu, kamu akan selalu merasa buruk. Selain itu negative self talk juga akan sangat membuang energi dan waktumu. Padahal mungkin sebenarnya pasangan kamu pun sudah sangat merasa cukup puas dengan dirimu. 

3. Latihan untuk mindfulness dan embrace

Selain mengurangi negative self talk, coba untuk latihan untuk nggak terlalu menghiraukan pikiran dan perasaan burukmu. Kadang pikiran dan perasaan buruk hanya muncul untuk membuat hari menjadi buruk. Padahal kalau kamu biarkan pemikiran buruk itu mengalir dan menerima kekuranganmu sendiri kamu akan lebih tenang dan percaya diri. Ingat, nggak ada yang sempurna, jadi yang terpenting adalah embrace dan selalu berusaha menjadi lebih baik, bukan berusaha memenuhi ekspektasi orang lain.

4. Lakukan beberapa senam kegel

Selain melatih pikiran dan perasaan, saatnya melatih tubuhmu untuk mencapai tubuh yang sehat. Jangan lupa lakukan olahraga seperti senam kegel untuk mengalihkan pikiran-pikiran negatifmu.

5. Jangan lupa untuk bernapas

Latihan untuk bernapas dalam-dalam saat kamu melakukan hubungan seksual. Lakukan 2 kali napas yang dalam. Fokus pada sensasi napas yang dalam yang kamu lakukan daripada memikirkan hal-hal negatif. Meditasi harian cukup bisa membantumu, Bela.

6. Fokus hanya pada pasanganmu

Bikin Insecure, Apa Iya Bentuk Tubuh Bisa Pengaruhi Kehidupan Seks?lelakisihat.com

Hal yang bisa juga dilakukan adalah dengan fokus pada pasangan. Fokus ketika tubuh bertemu dengan tubuh pasangan dan mulai terangsang. Perhatikan respons kesenangan pasangan ketika sedang berhubungan. Temukan kesenangan yang ada pada pasangan sebagai tanda bukti kalau pasangan benar-benar menikmati momen bersama dengan intim. Hal ini cukup mampu mengusir pikiran-pikiran buruk yang muncul tentang tubuhmu, Bela.

Banyak dari perempuan yang masih merasa insecure dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Daripada mengeluarkan banyak energi negatif untuk mengkritisi tubuh sendiri, lebih baik alihkan ke hal yang lebih positif. Ketika sudah banyak mengeluarkan energi negatif akan berujung pada ketidakpercayaan diri saat di ranjang dan menurunkan kualitas seksual. Bahkan yang terparah bisa berujung depresi. Nah, kalau kamu termasuk yang masih nggak percaya diri dengan bentuk tubuh yang kamu miliki, coba lakukan tips di atas ya.

Baca Juga: 3 Latihan Sederhana untuk Menguatkan Dasar Panggul Agar Kehidupan Seksmu Lebih Berkualitas