Seks bergantung pada preferensi pribadi dan sebaiknya dilakukan dengan menyenangkan. Ada pasangan yang menginginkan orgasme cepat, ada juga yang ingin bertahan dalam waktu lama. Tidak ada jawaban pasti seberapa lama seks harus bertahan.

Namun, data dari Society for Sex Therapy and Research menunjukkan bahwa seks biasanya bertahan tiga hingga tujuh menit. Hasil ini didapat dari survei yang dilakukan kepada 500 pasangan pada 2005 lalu.

Jika kamu dan pasangan ingin menikmati seks yang lambat dan mencapai klimaks lebih lama, lakukan tips seks agar tahan lama berikut ini.

1. Sediakan waktu agar seks tidak terganggu

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/racool_studio

Tidak ada salahnya menyiapkan waktu khusus untuk bercinta dengan pasangan. Ini membuat kamu dan pasangan lebih bergairah dan menunggu-nunggu waktu tersebut. Selain itu, memiliki jadwal khusus mengurangi risiko waktu bercinta akan terganggu karena kamu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Kamu dan pasangan juga memiliki waktu lebih banyak untuk bereksperimen dan mengeksplor tubuh satu sama lain!

2. Ingatlah bahwa seks tidak hanya tentang penetrasi

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan LamaPexels.com/Agafonova

Setiap orang memiliki definisi berbeda tentang seks bagi diri mereka masing-masing. Meski begitu, penting untuk mengingat bahwa seks tidak hanya tentang penetrasi. Itu bisa melibatkan banyak foreplay, ciuman, bahkan pijatan. Pemanasan sebelum bercinta dapat memengaruhi suasana dan meningkatkan peluang untuk mendapat orgasme yang nikmat.

Perlu diingat juga, seks tidak harus langsung berakhir meskipun kamu dan pasangan sudah orgasme.

3. Luangkan waktu lebih banyak untuk foreplay

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/cookie_studio

Menghabiskan waktu lebih banyak untuk melakukan foreplay membuat kamu dan pasangan makin semangat dan bergairah. Pada akhirnya, aksi ini akan memperpanjang sesi bercinta secara keseluruhan dan membuat kalian berdua lebih puas.

4. Fokus pada kesenangan pasangan

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/yanalya

Jika situasinya sudah sangat panas dan hampir orgasme, sebaiknya kamu ‘mundur’ selangkah dan fokus kepada kesenangan pasangan. Tenangkan diri sebentar untuk memberikan kepuasan lebih kepada pasangan, kemudian mulai bersemangat lagi agar mencapai klimaks bersama-sama.

5. Menunda orgasme

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/ freepik

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, agar seks bertahan lebih lama, kamu dan pasangan bisa menunda orgasme. Sebagai contoh, jika pasangan kamu merasa dia akan ejakulasi, kamu dapat meraih penisnya dan meremas dengan lembut selama 5-10 detik. Tekanan pada uretra dan penyempitan aliran darah akan membantu menekan orgasmenya. Cara ini juga dikenal dengan nama edging—tujuannya adalah menghentikan orgasme, tepat sebelum klimaks.

6. Mengeksplorasi bagian tubuh pasangan yang jarang disentuh

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/dusanpetkovic

Kamu bisa merangsang area-area baru di tubuh pasangan dan bereksperimen dengan berbagai cara. Baik dengan tangan dan lidah kamu sendiri, atau gunakan sex toys untuk menggodanya. Cara ini dapat memperpanjang sesi bercinta kamu dan pasangan!

7. Berlatih

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com

Ya, salah satu cara agar seks bisa tahan lama adalah dengan melatihnya. Kamu dan pasangan bisa melakukan lebih banyak seks hingga menemukan langkah yang paling pas. Bagi beberapa pasangan, ini adalah tentang mengkondisikan daya tahan seksual. Sebagai contoh, kamu berolahraga untuk mendapatkan fisik yang lebih kuat. Maka, berlatih seks juga bisa menjadi cara agar kamu dan pasangan bisa tahan lebih lama.

8. Lakukan sesuatu yang baru dan luar biasa

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/ aimenda123

Saat kamu dan pasangan sudah bersama dalam waktu yang lama, posisi seks rutin membuat tubuh dapat ‘mengantisipasi’ datangnya orgasme. Ini akan mengurangi excitement kamu dan pasangan saat bercinta. Oleh sebab itu, dengan melakukan posisi atau gaya seks baru, orgasme akan ‘teralihkan’ dan membuatnya datang lebih lama.

9. Minta pasangan menggunakan kondom

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan LamaPexels.com/Cottonbro

Kondom dapat membantu seks kamu bertahan lebih lama. Bagi kebanyakan pria, kondom menurunkan sensitivitas penis—semakin tebal kondom, semakin sedikit yang dia rasakan. Oleh sebab itu, semakin lama juga waktu yang dibutuhkannya untuk orgasme.

10. Lakukan kegel, yoga, dan pilates

10 Cara Agar Hubungan Seks Bisa Bertahan Lamafreepik.com/freepik

Semua latihan ini memperkuat otot-otot dasar panggul yang dapat membantu mengontrol orgasme. Latihan senam kegel, yoga, maupun pilates nggak hanya membuat stamina kamu saat bercinta semakin kuat, tapi juga membuat hubungan seks bisa bertahan lama.

Itulah 10 cara yang bisa dilakukan agar seks kamu dan pasangan bisa bertahan lebih lama. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Seks

Baca Juga: Nggak Pakai Obat, Ini 7 Tips Berhubungan Seks Tahan Lama

Baca Juga: Selain Bikin Semangat, Ini 7 Manfaat Berhubungan Seks di Pagi Hari