Melakukan hubungan seks di pagi hari diketahui memiliki beberapa manfaat. Studi mengungkapkan bahwa bercinta di pagi hari memberikan dampak positif yang sama seperti olahraga.

Dalam Islam sendiri, melakukan hubungan suami istri di pagi hari juga dianjurkan—terutama di sekitar waktu Subuh. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui saat ingin bercinta di waktu Subuh.

1. Salah satu waktu terbaik menurut Islam

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan SubuhPexels.com/Cottonbro

Ada tiga waktu terbaik untuk melakukan hubungan suami istri menurut Islam. Ini tercantum pada surat An-Nur ayat 58. 

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum salat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di waktu Dzuhur dan sesudah salat Isya. (Itulah) tiga waktu aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari tiga waktu itu.

Tiga waktu ini pun kembali diperkuat dengan Tafsir Ibn Katsir, 6/83:

Dulu para sahabat radhiyallahu ‘anhum, mereka terbiasa melakukan hubungan badan dengan istri mereka di tiga waktu tersebut. Kemudian mereka mandi dan berangkat shalat. Kemudian Allah perintahkan agar mereka mendidik para budak dan anak yang belum baligh, untuk tidak masuk ke kamar pribadi mereka di tiga waktu tersebut, tanpa izin. 

2. Berhubungan suami istri setelah salat Tahajud

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan SubuhPexels.com/Cottonbro

Sesuai keterangan di atas, kamu bisa melakukan hubungan suami istri sebelum salat Subuh. Bercinta setelah salat Tahajud merupakan pilihan yang baik. Sambil menunggu azan Subuh, kamu bisa bercinta dengan suami di jeda waktu tersebut agar tidak ketiduran.

3. Lakukan ibadah wajib terlebih dahulu

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan Subuhdok.internet

Apabila waktu berhubungan seks terlalu mepet dengan azan Subuh, akan lebih baik jika menunaikan salat wajib terlebih dahulu. Apalagi, salat Subuh tidak memakan waktu lama dengan rakaat yang singkat. Sebaiknya, kamu dan suami melakukan salat Subuh dulu kemudian bercinta. Jika sudah melaksanakan salat, kamu dan suami pun bisa lebih santai dan tidak perlu terburu-buru untuk mandi wajib demi mengejar waktu salat.

4. Memiliki waktu panjang untuk mandi wajib

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan SubuhPexels.com/Andrea Piacquadio

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika bercinta setelah salat Subuh, kamu dan suami bisa memiliki waktu lebih panjang untuk menunda mandi wajib. Ini karena jarak antara salat Subuh dan ibadah wajib lainnya (salat Dzuhur) cukup jauh. Kamu dan suami pun bisa bermesraan dan cuddling lebih lama tanpa diburu waktu.

5. Berhubungan seks di waktu Subuh saat Ramadan

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan Subuhdailymail.co.uk

Di bulan Ramadan, kita harus menahan hawa nafsu setelah memasuki waktu Imsak. Lalu bagaimana jika kamu dan suami ingin bercinta di sekitar waktu tersebut? Ada baiknya kamu dan suami sudah selesai menyelesaikannya sebelum Imsak agar puasanya sah. Lebih baik lagi jika sudah mandi wajib sebelum azan Subuh.

6. Manfaat bercinta di pagi hari

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Bercinta Setelah Azan Subuhcosmopolitan.com

Berhubungan suami istri di pagi hari dapat memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, seks di pagi hari juga melepaskan hormon oksitosin yang dapat menurunkan tekanan darah.

Kemudian, melakukan hubungan suami istri di pagi hari juga meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi stres. Rasa happy setelah berhubungan seks di pagi hari juga membuat mood kamu bagus seharian penuh!

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan hubungan suami istri di waktu Subuh. Jangan lupa untuk utamakan ibadah wajib terlebih dulu ya, Bela!

Baca Juga: 8 Alasan Berhubungan Seks Setelah Subuh Bikin Bahagia

Baca Juga: Menurut Ahli, Inilah Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Usia 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhubungan Seks Tiap Hari