Kehidupan seksual yang baik bersama pasangan tentunya menjadi impian bagi setiap pasangan. Sayangnya, tidak sedikit pasangan yang memiliki kehidupan seksual yang buruk.

Di awal mula pernikahan gairah seksual masih sangat membara, namun dengan seiring berjalannya usia pernikahan gairah tersebut menjadi berkurang. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari kehadiran anak hingga kesibukan karier kamu maupun pasangan.

Jika kamu salah satunya, maka hal pertama yang perlu ketahui adalah jangan menyerah dengan keadaan. Lakukan sesuatu agar kehidupan seksual kamu dan pasangan kembali menggelora.

Berikut Popbela telah merangkum cara mengembalikan gairah kehidupan seks kamu dan pasangan.

1. Introspeksi diri

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang MenurunPexels.com/Alex Green

Seks adaah kegiatan dua arah yang kamu lakukan bersama pasangan. Saat kehidupan seksual kalian memburuk dibandingkan biasanya, cobalah untuk mencari tahu alasan mengapa hal ini terjadi. Jangan biarkan permasalahan ranjang ini membuat kalian jadi saling menyalahkan satu sama lain. Instrospeksi diri sendiri. Pastikan bahwa kamu dapat mengatasi masalah pribadi di luar seks, agar hal itu tidak menghalangi kenikmatan seks bersama pasangan.

2. Menghidupkan chemistry kembali

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurunfreepik.com/prostooleh

Chemistry antara kamu dan pasangan menjadi hal yang penting untuk mencapai kepuasan seksual. Tentunya kamu dan pasangan memiliki chemistry tersendiri, termasuk untuk masalah ranjang. Chemistry memang tidak selalu ada setiap waktu, maka perlu untuk berusaha menyalakan chemistry secara berulang di antara kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan harus melakukan dan terus melakukan upaya-upaya yang dapat menjaga percikan api sensualitas agar tetap hidup. 

3. Atasi konflik lain dalam hubungan

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurunfreepik.com/grustock

Mungkin ada masalah di luar kamar tidur bersama pasangan yang membuat kamu tidak nyaman, dan akhirnya memengaruhi kegiatan diatas kasur. Seperti salah paham dengan pasangan, pengkhianatan masa lalu, masalah kepercayaan, atau lainnya. Hal-hal ini mungkin selalu menghantui dan membuat kamu tidak bisa menikmati seks dengan pasangan. 

4. Memperluas wawasan seksual

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurunhttps://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Memperluas cara berpikir menjadi hal yang dibutuhkan ketika kamu ataupun pasangan merasa kehidupan seksual kalian mengalami penurunan. Terbukalah dengan segala kemungkinan yang ada dan memperluas pemahaman tentang seks. Kamu mungkin akan menemukan dan menikmati lebih banyak aktivitas seksual bersama yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Ungkapkan fantasi seksual yang kamu miliki, sehingga ada hal baru yang dapat kamu nikmati saat melakukan hubungan intim. Cari tahu apa yang menarik untuk kamu dan juga untuk pasangan. Jangan ragu untuk mencobanya, ya! 

5. Berhenti berharap pasangan tahu apa yang kamu mau

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurunfreepik.com/macniak

Berhenti mengharapkan bahwa pasangan dapat membaca pikiran kamu atau mengetahui apa yang kamu mau tanpa kamu mengatakannya. Ekspektasi seperti itu yang justru membuat keadaan menjadi semakin runyam. Sampaikan apa yang kamu suka dan tidak suka saat berada di atas tempat tidur. Misalnya, saat salah satu di antara kalian menginginkan lebih banyak foreplay atau merasa ritme saat bercinta terlalu cepat, kamu dapat menyampaikannya satu sama lain. Cobalah untuk bangun komunikasi yang lebih baik ya, Bela.  

6. Terbuka terhadap pasangan

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurunhttps://www.pexels.com/@ron-lach

Dapat dimengerti bahwa mungkin saja kamu ragu untuk menyampaikan kegelisahan dan kekhawatiran terkait dengan apa yang kamu rasakan di kamar tidur. Obrolan tentang seks dapat menjadi pembahasan yang sensitif bagi pasangan. Namun jangan biarkan hal itu menghentikan langkahmu untuk memulai memperbaiki keadaan seksual yang dirasa mulai menurun. Memberitahu pasangan tentang bagaimana perasaa kamu sebenarnya tentang kehidupan seks kalian, mungkin terdengar menakutkan, namun hal ini perlu untuk kamu lakukan. Itu akan dapat menyelamatkan kehidupan seks kalian yang sudah tak bergairah lagi.

7. Hindari berbicara tepat sebelum atau sesudah berhubungan seks

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang MenurunFreepik.com

Dalam berhubungan intim, mungkin kerap kali ada hal yang ingin kamu sampaikan terhadap pasangan tentang apa yang membuat kamu tidak nyaman. Ini baik dan perlu untuk dibicarakan, namun jangan sampaikan hal itu saat sebelum dan sesudah berhubungan seks. Cari waktu yang tepat dan perhatikan suasana hati pasangan juga, ya.  

8. Hargai respons pasangan

Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang MenurunFreepik.com

Setelah kamu menyampaikan apa yang selama ini menjadi permasalahan di tempat tidur, bisa saja respons pasangan ada yang baik menerima atau bahkan menunjukkan kekesalan. Pahamilah bahwa wajar jika pasangan sedikit kesal mendengar kejujuran yang kamu utarakan. Namun ini lebih baik dibanding kamu terus menutupi dan berbohong kepadanya. Hargai segala kemungkinan respons yang diberikan pasangan. 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kehidupan seksual yang lebih baik bersama pasangan. Jangan bersedih dan menyerah untuk tetap mengupayakan gairah seksual untuk tetap menyala. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

Baca Juga: Ingin Cocok Secara Seksual dengan Pasangan, Coba 8 Cara Ini

Baca Juga: 7 Aroma Favorit Parfum Vagina yang Cocok untuk Bercinta

Baca Juga: Ini Alasan Gairah Seksual Perempuan Meningkat Jelang Menstruasi