Menjelang menstruasi atau haid, ada banyak gejala yang dirasakan oleh perempuan. Mulai dari munculnya jerawat, perut kram, mood yang berubah-ubah, sampai kepada meningkatnya gairah seksual. Semua hal yang terjadi tersebut wajar kok, Bela, termasuk juga meningginya libido atau gairah sesksualmu. 

Kenormalan dari meningginya libido saat menstruasi ini juga dibenarkan lewat banyak penelitian, lho. Salah satunya penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Hormones and Behavior (2013) yang menyebutkan bahwa meningkatnya libido ialah karena pengaruh hormon yang fluktuatif menjelang haid. 

Menurut terapi seks Janet Brito, yang dilansir dari Heartline, adapun hormon yang menyebabkan tingginya libido tersebut adalah hormon estrogen dan testosteron yang meningkat di dalam tubuh. Oleh karena itu, gairah seksual yang meningkat jelang menstruasi merupakan sebuah kondisi yang normal dan wajar.  

Lalu, kira-kira, apa lagi, ya, faktor lain yang menyebabkan meningkatnya libido perempuan saat menjelang menstruasi ini? Spesial untuk kamu, berikut Popbela berikan 4 faktor alasan lainnya yang membuat gairah seksual perempuan meningkat saat menjelang menstruasi.

1. Risiko kehamilan jelang menstruasi menurun

Ini Alasan Gairah Seksual Perempuan Meningkat Jelang MenstruasiPinterest.com/BriggiteMagazine

Banyak yang mengatakan hubungan seksual yang dilakukan jelang satu hari sebelum menstruasi memiliki tingkat keberhasilan yang rendah untuk berpotensi hamil. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa bergairah untuk melakukan hubungan seksual di masa ini agar tidak terjadi kehamilan. Namun, tidak dipungkiri kehamilan masih sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, jika kamu masih belum ingin memiliki keturunan, pakailah alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan.

2. Munculnya cairan dari vagina

Ini Alasan Gairah Seksual Perempuan Meningkat Jelang MenstruasiPinterest.com/Bustledotcom

Penyebab lain dari meningkatnya gairah seksual pada perempuan ialah munculnya cairan bewarna putih atau bening dari vagina. Cairan ini pada umumnya memang keluar di hari-hari biasa, namun menjelang menstruasi jumlah cairan keluar dengan volume yang lebih banyak. Munculnya cairan ini menyebabkan vagina menjadi terlubrikasi yang membuat area miss V menjadi lebih sensitif dan mudah terangsang. 

3. Tertekannya area G-spot

Ini Alasan Gairah Seksual Perempuan Meningkat Jelang MenstruasiPinterest.com/Weheartitapp

Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat jelang haid juga mengakibatkan terjadinya retensi air yang berefek munculnya rasa mual menjelang menstruasi. Rasa mual yang muncul ini juga berefek pada area G-spot yang tertekan. Area G-spot yang tertekan inilah yang menyebabkan perempuan menjadi lebih sensitif, terutama pada area klitoris dan labia mayor yang membuat mereka jauh lebih terangsang. 

4. Sebagai pereda rasa sakit PMS

Ini Alasan Gairah Seksual Perempuan Meningkat Jelang MenstruasiPinterest.com/Womenshealthmag

Banyak orang yang merasakan timbulnya nyeri saat menjelang haid atau saat PMS (pre-menstruation syndrome). Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan melakukan hubungan seksual hingga mencapai orgasme bisa menghilangkan rasa nyeri karena endorfin yang dihasilkan. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 juga menunjukan bahwa aktivitas seksual dapat menghilangkan migrain jelang menstruasi, lho. 

Ternyata itu dia beberapa alasan yang menyebabkan gairah seksual perempuan meningkat jelang menstruasi. Sekarang nggak bingung lagi, kan, Bela?

Baca Juga: 7 Titik Sensitif Laki-Laki yang Bikin Bergairah Seks Memuncak

Baca Juga: Penuh Gairah, Ini Posisi Seks Terbaik Setiap Zodiak

Baca Juga: 8 Aromaterapi yang Bisa Tingkatkan Gairah Seksual Kamu dan Pasangan