Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hampir sepertiga perempuan berusia 18 hingga 59 tahun menderita kehilangan minat pada seks.Tidak seperti keluhan seksual pada laki-laki yang kebanyakan adalah disfungsi ereksi, masalah seksual terbesar perempuan disebabkan oleh kombinasi faktor mental dan fisik, yang tidak mungkin bisa disembuhkan hanya dengan meminum pil. Karena itulah penelitian tentang hasrat seksual perempuan sedang lebih banyak dilakukan.

Satu hal yang pasti, frekuensi hubungan seksual tidak ada hubungannya dengan hasrat atau kepuasan seksual. Kingsberg, profesor biologi reproduksi di Case Western Reserve School of Medicine mengatakan bahwa hasrat seksual lebih dari sekadar masalah libido rendah atau dorongan seks . Dia mengatakan dorongan seksual adalah komponen biologis dari keinginan, yang tercermin sebagai ketertarikan seksual spontan termasuk pikiran seksual, fantasi erotis, dan lamunan.

Dorongan seksual itu menurun secara alami seiring bertambahnya usia berdasarkan faktor fisiologis. Tetapi hasrat seksual juga mencakup faktor interpersonal dan psikologis yang menciptakan kesediaan untuk menjadi seksual. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan turunnya hasrat seksual pada wanita.

1. Kurangnya kepuasan emosional

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan Menurunfreepik.com/ boggy

Di atas dorongan seksual, hal yang lebih penting adalah keintiman. Jika kita marah pada pasangan, kita bisa jadi terangsang tetapi kita tidak ingin berhubungan seksual dengannya. Itulah mengapa keharmonisan hubungan memegang peranan yang sangat penting dan bisa memengaruhi kita secara emosional.

2. Kelahiran anak

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunPexels.com/J carter

Kelahiran anak mungkin memberikan kebahagiaan secara emosional, tapi cukup traumatis pada fisik seorang perempuan. Butuh waktu bagi tubuh perempuan untuk bisa recovery dan siap untuk berhubungan seks lagi. 

3. Pengaruh lingkungan

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunPexels.com/Anna Shvets

Jika kamu terlalu sibuk bekerja dengan tenggat waktu yang begitu padat, ini akan berpengaruh besar terhadap hasrat seksualmu. Termasuk tekanan dari orang-orang di lingkunganmu dan juga persepsi masyarakat tentang seksualitas secara tidak sadar akan sangat mempengaruhi hasrat seksualmu.

4. Kadar testosteron yang rendah

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunDok. La Fitness

Testosteron mempengaruhi dorongan seksual baik pada laki-laki maupun perempuan. Kadar testosteron perempuan memuncak pada pertengahan 20-an dan kemudian terus menurun sampai menopause.

5. Ada masalah kesehatan

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunPexels.com/Lucas Andrade

Penyakit mental seperti depresi, atau kondisi medis, seperti endometriosis, fibroid, dan gangguan tiroid, memengaruhi dorongan seksual perempuan baik secara mental maupun fisik. Jika kamu merasa hubunganmu secara emosional baik-baik saja dengan pasangan tetapi hasrat seksualmu menurun, mungkin kamu perlu melakukan cek kesehatan.

6. Meminum obat-obatan tertentu

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunPexels.com/JESHOOTS.com

Antidepresan tertentu, obat penurun tekanan darah, dan kontrasepsi oral dapat menurunkan dorongan seksual dalam banyak hal, seperti menurunkan kadar testosteron yang tersedia atau memengaruhi aliran darah . 

7. Usia yang semakin bertambah

7 Alasan Mengapa Hasrat Seksual Perempuan MenurunFreepik.com

Seperti yang sudah disinggung pada poin keempat, usia sangat berpengaruh terhadap hasrat seksual seorang perempuan. Kadar androgen dalam darah juga terus turun pada perempuan seiring bertambahnya usia.

Apakah ada salah satu poin yang kini sedang mempengaruhi hasrat seksualmu, Bela?

Baca Juga: Aktivitas Untuk Kurangi Hasrat Seksual Biar Pacaranmu Nggak Aneh-aneh

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Gairah Seksual dengan Dirty Talk

Baca Juga: 5 Posisi Seks Jika Kamu Ingin Lebih Banyak Sesi Make Out