Berbicara soal seks, kita lebih banyak membicarakan inti seksnya, yaitu intercourse. Padahal ada banyak hal yang menyertai seks juga tidak kalah penting, lho! Salah satunya adalah apa yang harus kita lakukan usai melakukan hubungan seks.

Tidak sedikit orang yang abai dengan hal ini, selesai seks tidur atau bahkan beraktifitas lain. Padahal sebaiknya melakukan 5 hal ini dulu setelah berhubungan seks. 

1. Buang air kecil

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan SeksIndependent.co.uk

Ketika kita melakukan hubungan intim, bakteri dari dubur, yang letaknya sangat dekat dengan uretra dan vagina, bisa mendekati uretra dan menyebabkan infeksi. Hal ini terutama terjadi pada wanita yang rentan terhadap ISK (Infeksi saluran kemih). Nah, kalau kita buang air kecil, urin mencuci bakteri yang secara mekanis ada di ujung uretra tersebut

2. Membersihkan vagina

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan SeksFreepik

Usai berhubungan seks, sering kali vagina terasa 'tidak segar'. Bisa jadi karena pelumas, air liur, atau cairan lainnya. Karena itu disarankan untuk membasuh permukaan vagina dengan air hangat. Untuk bagian dalam tidak usah dibersihkan, karena sudah otomatis akan dibersihkan sendiri oleh tubuh kita. Nggak perlu pakai sabun, cukup basuh dengan air saja. Sebaiknya hindari sabun dengan pewangi, karena justru bisa menyebabkan iritasi di bagian vagina.

3. Tidak pakai celana dalam

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan Seksfreepik.com/alinabuphoto

Dengan tidak memakai celana dalam, vagina akan terasa lebih 'bebas'. Atau jika kamu merasa risih kamu bisa memilih menggunakan celana dalam dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Yang pasti jangan menggunakan celana dalam berbahan nilon atau yang berukuran ketat.

4. Minum air putih

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan Sekshealthline.com

Seks biasanya akan membuat kita berkeringat dan kehilangan energi. Minum air adalah cara terbaik untuk memulihkannya. Minum air yang cukup akan membuat tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik, juga akan 'menyiram' bakteri dalam vagina yang bisa menyebabkan ISK.

5. Mengonsumsi probiotik

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhubungan Seksdok.internet

Yogurt adalah camilan terbaik usai melakukan hubungan seks. Bisa juga memakan makanan semacamnya yang mengandung probiotik. Makanan-makanan ini akan membantu mengembalikan jumlah bakteri baik yang nantinya mampu melawan infeksi jamur.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah berhubungan seks. Sudahkah kamu lakukan, Bela?

Baca Juga: 7 Cara Mengajak Istri Berhubungan Intim

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Saat Berhubungan

Baca Juga: Cara Aman Berhubungan Seks Saat Hamil