Sejatinya, seks adalah kegiatan intim yang dapat memberikan kenikmatan pada satu sama lain. Namun rupanya, perasaan tersebut nggak sepenuhnya dialami oleh semua orang, terutama wanita. Dilansir dari Elite Daily, penelitian menunjukkan bahwa satu dari 10 wanita merasa sakit saat bercinta. Kebanyakan berasal dari kalangan usia 55-64 tahun, diikuti oleh wanita yang berusia lebih muda dari 34 tahun. 

Ada banyak faktor yang bisa membuat wanita merasa sakit saat sedang bercinta, seperti kurangnya cairan lubrikan pada Miss V, posisi seks yang kurang tepat, dan rasa stres yang dialami secara pribadi. Jika Bela mengalami masalah ini, ada tiga cara menghindari rasa sakit saat bercinta yang bisa kamu lakukan dan wajib mengetahuinya.

1. Mencari tahu penyebab rasa sakit

3 Cara Menghindari Rasa Sakit Saat Bercinta, Wajib Tahu Nih!www.checkpregnancy.com
 

Rasa sakit saat bercinta dapat disebabkan karena seks dilakukan saat menstruasi atau kontrasepsi hormon. Dr. Lauren Streicher, Associate Clinical Professor of Obstetrics and Gynecology di Northwestern University, menyarankan untuk mulai mengidentifikasi penyebab saat sering mengalaminya. Bertanya pada ahlinya bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari rasa sakit saat bercinta dan bisa menemukan sumber masalah dan solusi secara tepat.

2. Mencari lubrikan yang tepat

3 Cara Menghindari Rasa Sakit Saat Bercinta, Wajib Tahu Nih!www.independent.co.uk
 

Keringnya daerah Miss V dapat menimbulkan rasa sakit saat bercinta. Jadi, nggak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikan cairan lubrikan untuk melembutkan area intim. “Salah satu perawatan lain untuk kesehatan jangka panjang adalah vaginal moisturizer,” tutur Streicher. Cara tersebut dapat memberikan kelembapan dan menjaga Miss V dari rasa sakit saat melakukan seks.  

3. Menjaga kesehatan mental

3 Cara Menghindari Rasa Sakit Saat Bercinta, Wajib Tahu Nih!www.wallpaperup.com
 

Rasa sakit saat bercinta dapat meninggalkan rasa stres dan trauma. Ketika wanita sudah mengalami keduanya, kesemua rasa sakit tersebut akan sulit untuk disembuhkan. “Menghadapi trauma akibat rasa sakit bercinta dapat jadi lebih sulit jika kamu enggan membicarakannya pada pasangan atau dokter mengenai masalahmu,” ujar Streicher.

Membicarakan masalah seks bersama pasangan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun seks adalah kegiatan intim yang bertujuan untuk memberikan kepuasan pada satu sama lain. Jadi saat mengalami masalah atau gangguan dalam bercinta, kita harus berani membicarakannya bersama pasangan.

Dan itulah beberapa cara menghindari rasa sakit saat kamu sedang bercinta dengan pasanganmu, kamu bisa mengetahuinya dengan mudah kan. Jadi sekarang sudah tahu Bela penyebab apa yang membuat kamu sakit saat sedang bercinta.

BACA JUGA: Eits, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Bercinta Dengannya​