Mengeksplorasi posisi seks dapat menjadi solusi bagi pasangan yang mengalami kejenuhan dalam bercinta. Namun, menurut survey yang dilakukan oleh Dr. Ed, peneliti dari Home Healthcare Service di Inggris, kepada 2000 responden, terdapat 5 alasan yang membuat pasangan heteroseksual di Eropa dan Amerika Serikat enggan mengeksplorasi posisi seks. Inilah ke-5 alasannya yang bikin mereka enggan mengeksplorasi posisi baru.

1. Takut melukai organ intim pasangan

5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi SeksPexels.com/Stocpic

Alasan takut melukai pasangan paling banyak diungkapkan oleh 37,5% responden laki-laki, sedangkan hanya 9,1% responden perempuan yang beralasan seperti itu. Pasalnya, ketika ditanya lebih jauh, 2 posisi seks teratas yang paling ingin dicoba oleh laki-laki adalah 69 standing up dan anal seks. Alasan ini masuk akal banget karena kedua posisi ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi tubuh perempuan.

2. Nggak cukup fleksibel

5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi SeksPexels.com/Stocpic

Sebanyak 23,9% laki-laki dan 31,9% perempuan menyatakan posisi baru yang ingin mereka coba nggak membuat mereka fleksibel bergerak. Tahukah kamu, posisi seks yang paling ingin dijajal oleh sebagian besar responden perempuan adalah tabletop dan kneeling wheelbarrow. Kedua posisi itu menuntut gerakan yang dinamis dan akrobatik dari perempuan.

Posisi tabletop terjadi ketika perempuan duduk di atas meja dengan posisi tangan menahan beban tubuh. Sedangkan, kneeling wheelbarrow hampir mirip dengan doggy style.

3. Takut melukai diri sendiri

5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi SeksPexels.com/Nick Demou

Alasan berikutnya adalah takut melukai diri sendiri. Alasan ini diungkapkan oleh 8,5% responden laki-laki dan 23,5% responden perempuan. Wajar saja kalau alasan ini paling banyak diungkapkan oleh perempuan. Pasalnya, vagina atau anus akan berpotensi terluka bila mencoba posisi baru. Salah satu gejala yang biasanya timbul adalah otot vagina yang tiba-tiba mengejang. Jika sudah begini, perempuan harus mendapatkan penanganan fisik maupun psikologis. Meski demikian, sebagian laki-laki juga memiliki kekhawatiran dapat melukai dirinya jika mencoba posisi seks yang baru.

4. Nggak percaya diri karena belum berpengalaman

5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi SeksPexels.com/Valeria Boltneva

Alasan ini dikemukakan oleh 21,2% laki-laki dan 14,7% perempuan. Presentase keduanya hampir seimbang. Ketidakpercayaan diri bisa disebabkan oleh rasa takut nggak akan berhasil orgasme, atau bahkan takut mengecewakan pasangan karena menjajal posisi baru saat berhubungan seks. Tapi, tenang. Ingat peribahasa 'practice makes perfect'.

5. Postur tubuh yang besar atau tambun

5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi SeksPexels.com/Pixabay

Ketidakpercayaan diri juga disebabkan oleh ukuran tubuh pasangan yang cenderung besar atau tambun. Alasan ini dinyatakan oleh 8,9% laki-laki dan 20,9% perempuan.

Mereka merasa tubuh mereka nggak atraktif sehingga fokus pada kekurangan pada bagian tubuh. Jika pasanganmu memiliki masalah serupa, maka kamu punya tugas untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Katakan bahwa nggak ada seorang pun yang sempurna. Bahkan, berikan pujian kepada pasangan agar rasa percaya diri tertanam di benaknya. 

Itulah 5 alasan yang membuat pasangan heteroseksual enggan menjajal posisi baru saat berhubungan seks. Apa pun posisi yang ingin kamu coba, komunikasikan secara baik-baik bersama pasangan, ya. Semoga kamu dapat saling memahami kendala yang dipikirkan oleh pasangan.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Mengapa Pasangan Enggan Mengeksplorasi Posisi Seks"

Baca Juga: Dear Cowok, 5 Posisi Seks Ini Perlu Kamu Coba Saat Dia Sedang Stres