Bela, pernahkah kamu mendengar istilah 'sexual performance anxiety?'  Ternyata, istilah ini mengacu pada perasaan gugup maupun kecemasan yang dialami seseorang sebelum dan selama berhubungan seksual. Tentu kondisi ini sangat normal dialami semua orang, baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Meski begitu, sexual performance anxiety lebih sering dikeluhkan dan terjadi pada laki-laki. Kondisi ini dapat terjadi pada laki-laki di segala usia tanpa memandang latar belakang. Jangan salah, meski kebanyakan terjadi pada laki-laki, perempuan juga akan terpengaruh bila pasangannya mengalami kondisi ini. 

Untuk itu, kenali yuk penyebab serta cara mengatasinya agar kualitas hubungan seksmu dengan si dia menjadi lebih baik. 

Arti Sexual Performance Anxiety yang Dapat Ganggu Kualitas Sekshttps://www.pexels.com/id-id/@shvetsa

Saat mengalami kecemasan ini, tubuh akan melepaskan banyak hormon stres yang kuat seperti hormon adrenalin. Dampaknya tubuh akan sulit untuk rileks dan menikmati aktivitas seksual. Kebanyakan pria juga akan mengalami disfungsi ereksi yang membuat aktivitas seksual menjadi lebih sulit dan kurang memuaskan. Baik bagi dirinya maupun pasangannya.

Secara umum, kondisi ini berawal dari rasa cemas yang kemudian memberi dampak pada respon tubuh. Bahkan pria yang sebelumnya tidak memiliki gangguan disfungsi ereksi juga bisa mengalaminya ketika ia terserang sexual performance anxiety.  Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memburuk seiring waktu, lho. 

Apa penyebab sexual performance anxiety?

Arti Sexual Performance Anxiety yang Dapat Ganggu Kualitas Sekshttps://www.pexels.com/id-id/@dainis-graveris

Penyebab sexual performance anxiety nyatanya cukup kompleks. Tidak hanya melibatkan fisik tapi pikiran serta emosi juga dapat memengaruhi kondisi kecemasan seseorang. Penyebab kondisi ini dapat terjadi karena berbagai alasan berbeda, seperti:

  • Takut tidak dapat memuaskan pasangan secara seksual di tempat tidur
  • Takut akan bentuk tubuh yang tidak ideal. Misalnya khawatir akan berat badan, tinggi badan, bekas luka hingga ukuran penis
  • Stres soal disfungsi ereksi, ejakulasi dini, ejakulasi yang tertunda, serta kondisi lain yang dapat memengaruhi kepuasan seksual
  • Masalah dalam hubungan, seperti kurangnya relasi emosional dengan pasangan
  • Memiliki sumber stres lain, seperti beban pekerjaan, keluarga, atau hal lain yang tidak berkaitan dengan seks
  • Gugup tentang aktivitas seksual, secara umum

Cara mengatasi sexual performance anxiety

Arti Sexual Performance Anxiety yang Dapat Ganggu Kualitas Sekshttps://www.pexels.com/id-id/@olly

Masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena kehidupan seks dengan pasangan pasti akan terganggu dan menimbulkan masalah lain. Untuk itu, bila pasanganmu atau kamu mengalami gangguan ini, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter maupun terapis profesional. Bantuan dari dokter maupun terapis profesional akan memudahkanmu untuk mengatasi masalah ini. 

Sexual performance anxiety juga dapat diatasi secara alami melalui kegiatan seperti olahraga karena olahraga dapat meredakan hormon stres dan memicu pikiran yang lebih segar. Memutar sutar musik romantis atau film seksi saat sesi bercinta juga dapat membantu tubuh terasa lebih rileks, lho. 

Jangan lupa juga untuk belajar mendapatkan keintiman dari pasangan lewat cara lain. Ada banyak kok cara untuk menjadi intim dengan pasangan tanpa hubungan seksual. Yang paling penting, jangan sampai menyalahkan diri sendiri soal kecemasan yang dialami ya.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhubungan Seks Tiap Hari

Baca Juga: Seks Lambat adalah yang Terbaik, Ini 6 Alasannya

Baca Juga: 7 Hal yang Disukai Laki-laki Saat Seks, Tapi Tak Pernah Diungkapkan