Apakah kamu baru saja memasuki usia 30an? Pada usia ini, tentu saja kamu merasa diri kamu lebih dewasa dan matang secar emosional. Namun ada satu hal lagi, nih, yang perlu kamu tahu. Umumnya, di usia 30an, kamu akan bisa lebih menikmati seks ketimbang di usia 20an. 

Hmm.. kenapa, ya? Simak saja alasannya berikut ini.

1. Lebih percaya diri dengan tubuh

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30animgix.bustle.com

Saat berada di usia 30an, kamu sudah menyadari bahwa nggak ada bentuk tubuh yang sempurna. Jadi pada fase ini kamu sudah bisa menerima kondisi tubuhmu dan menerima berbagai kekurangannya. Kondisi ini mampu menambah tingkat kenyamanan dalam berhubungan seks. 

2. Berada di puncak gairah

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anwww.parade.com

Sebagian besar orang setuju bahwa wanita mencapai puncak seksual pada usia awal 30an. Meski begitu penelitian belum bisa memutuskan apakah hal tersebut disebabkan oleh faktor biologis, psikologis, atau kombinasi keduanya. Di usia 30an, orang-orang cenderung memiliki dorongan seks yang lebih tinggi, seks yang lebih baik, dan mendapat lebih banyak orgasme daripada sebelumnya. 

3. Nggak lagi merasa ragu

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anFreepik.com/Yanalya

Kamu nggak lagi harus merasa frustasi atau nggak nyaman saat berhubungan seks dengan pasangan yang mungkin kamu anggap kurang jago bercinta. Kamu nggak lagi malu untuk memulai duluan atau membantunya merasa lebih nyaman dalam berhubungan

4. Kamu tahu cara membuatmu merasa nyaman

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anfreepik.com/ yanalya

Berada di usia 30an membuatmu menyadari akan hal-hal yang membuatmu terasa nyaman. Di saat sebagian besar perempuan masih malu membicarakan masturbasi, kamu sudah tahu cara mengeksplor tubuhmu untuk menemukan sensasi kenyamanan. 

5. Mendapat lebih banyak orgasme

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anfreepik.com/ user7350813

Keluhan seks paling banyak yang dialami wanita berusia 20an adalah kesulitan mencapai orgasme. Meski beberapa perempuan usia 30an juga masih mengeluhkan masalah ini, tetapi lebih banyak yang menyatakan kalau di usia 30 mereka lebih mudah mendapatkan orgasme, bahkan lebih dari satu kali dalam bercinta. Tentunya seks jadi lebih menyenangkan bukan?

6. Menyadari nilai dari seks

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anfreepik.com/ freepik

Seiring bertambahnya usia, kamu akan menyadari nilai-nilai dari hubungan seks. Berhubungan seks bukan satu-satunya alasan kamu menikah dengan pasangan, meski kamu sadar berhubungan seks merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam pernikahan. Seks pun bisa semakin merekatkan hubungan kamu dengan pasangan.

7. Menjadi sex positive

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anShutterstock/Rohappy

Berada pada jenjang usia 30 juga membuat kamu bisa menjadi seorang sex positive. Artinya kamu sudah punya edukasi yang cukup soal seks dan kesehatan. Kamu juga paham akan nilai consent dan berhubungan dengan aman. 

8. Punya emosi yang lebih stabil

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Salah satu alasan seks menjadi lebih baik di usia 30an adalah karena kamu sudah memiliki tingkat emosional yang lebih stabil. Kamu sudah bisa membuat keseimbangan antara self love, seks, dan kehidupan sehari-hari. Pada usia ini, perempuan uga bisa jadi lebih ekspresif dan genit tanpa harus jaim dengan pasangan. 

9. Bersikap lebih santai

Wow! Ini 9 Alasan Hubungan Seks Terasa Lebih Baik di Usia 30anPatheos

Setelah melewati berbagai drama yang biasanya terjadi di usia 20an, pada usia 30an kamu akan bersikap lebih santai. Terutama pada urusan kehidupan seksmu. Kamu bisa bersikap lebih terbuka dengan pasangan soal aktivitas seksual kalian sehingga nggak memicu adanya drama. 

Baca Juga: Ini Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Kamu Berhubungan Seks

Baca Juga: 5 Posisi Seks untuk Kamu yang Bertubuh Lebih Mungil dari Pasangan

Baca Juga: 10 Zona Erotis yang Wajib Kamu Jelajahi Saat Bercinta