Nggak dipungkiri jika hampir semua perempuan akan merasakan sakit saat kali pertama melakukan hubungan seksual. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Selain masih kaku dan nggak terbiasa, takut, stres, serta kurangnya pengalaman ataupun adanya kelainan dan infeksi bisa jadi penyebab sakit saat berhubungan.

Mengingat pada awal memang sakit, kamu nggak perlu merasa takut untuk melakukannya kembali nanti. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk meminimalisir rasa sakit setelah berhubungan intim. Sebelum melakukan hubungan intim, disarankan pada pasangan untuk melakukan pemanasan atau foreplay terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar nggak terlalu tegang dan merangsang pelumas alami untuk diproduksi. Jadi saat penetrasi nanti, apabila pelumas cukup, nggak akan begitu sakit saat melakukan penetrasi. 

Selain itu, bisa juga dengan menambahkan pelumas jika kurang licin juga jangan tergesa-gesa atau terlalu keras. Kalau sudah terlanjut sakit, berikut beberapa cara menghilangkan rasa sakit setelah berhubungan intim.

1. Rileks

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimunsplash.com/@beccatapert

Setelah melakukan hubungan intim, usahakan rileks. Tarik napas perlahan dan biarkan tubuh kalian tenang terlebih dahulu. Saat melakukan hubungan intim, kalian akan membakar banyak kalori seperti berolahraga, nggak heran jika napas dan detakan jantung cepat. Untuk menurunkannya, yang kalian perlukan adalah dengan rileks.

Selama menenangkan tubuh, kamu juga bisa mulai merasakan, kira-kira bagian mana saja yang terasa sakit. Agar nanti, kamu tahu cara menghilangkan rasa sakit setelah berhubungan intim. Apakah bagian dalam tubuh, atau bagian luar. Biasanya yang akan terjadi setelah melakukan hubungan intim selain rasa sakit di vagina, ada beberapa juga yang merasakan vagina seperti terbakar.

2. Kompres dan bilas dengan air dingin

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimfabhow.com

Jika vagina terasa gatal atau terasa seperti terbakar, bilas dengan air dingin biasa. Ada beberapa juga yang mengalami pembengkakan. Nah Bela, kalau mengalami pembengkakan, kamu bisa mengompresnya dengan es yang diselimuti handuk. Kompres perlahan ke bagian yang sakit karena bengkak tersebut. Setelah dibilas dengan air biasa, biarkan terbuka agar terkena angin dan sejuk hingga rasa terbakar hilang dan mereda.

3. Mandi dengan air hangat

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimunsplash.com/@brucemars

Setelah badan cukup dingin dan bersuhu normal, kamu bisa melanjutkan dengan mandi air hangat. Selama melakukan hubungan intim, nggak heran kalau badan-badan bisa pegal layaknya berolahraga. Apalagi setelah melakukan berbagai posisi serta gerakan lainnya selama berhubungan.

Untuk membuat rileks badan dan otot, kamu bisa mandi air hangat. Air hangat juga bisa membantu menghilangkan stres atau tegang karena akan menurunkan tekanan darah. Tapi jangan terlalu lama juga mandi air hangatnya karena bisa membuatmu hipotensi dan lemas.

4. Hindari sabun kewanitaan

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimthelittleshippingco.com

Vagina sebenarnya sudah memiliki bahan alami sendiri untuk membersihkan dirinya. Jadi kamu nggak perlu menggunakan sabun kewanitaan untuk membilas atau membersihkan vagina setelah berhubungan. Terlalu sering menggunakan sabun pembersih vagina juga nggak baik bagi kesehatan organ intim. Setelah selesai berhubungan, cukup bilas dengan air biasa saja.

5. Konsultasi pada ahlinya

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Intimunsplash.com/@nemanjao1

Cara menghilangkan rasa sakit setelah berhubungan intim di atas bisa kamu atasi sendiri di rumah. Namun apabila sakitnya nggak kunjung reda sampai menyebabkan sakit saat buang air kecil atau nggak kunjung hilang sakitnya selama seharian, mungkin ada beberapa masalah yang harus kamu waspadai.

Perlunya konsultasi ke dokter untuk menangani hal tersebut. Bisa disebabkan oleh luka, infeksi atau bahkan alergi. Karena ada beberapa perempuan yang alergi pada kondom bahkan alergi terhadap sperma. Apabila sudah mengetahui penyebab nyeri, maka kalian nggak akan kesulitan lagi untuk melakukan hubungan intim ke depannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Saat Berhubungan