Sperma bisa dibilang menjadi salah satu tolok ukur kesuburan bagi lelaki. Jadi kualitas maupun kuantitas sperma ini pastinya sangatlah penting. Semua pria pasti menginginkan sperma yang sehat.

Adapun ciri-ciri sperma yang sehat yakni : 

  • Warna sperma putih atau keabuan.
  • Tekstur kental dan lengket.
  • Memiliki bau seperti klorin.
  • Setiap mengalami ejakulasi akan mengeluarkan paling tidak 2-5 ml.

Salah satu ciri sperma yang sehat yakni kental dan lengket. Kekentalan ini mengindikasikan jumlah sperma yang lebih banyak. Kalau ternyata sperma yang dikeluarkan pasanganmu cair, ada beberapa cara untuk mengentalkan sperma sebagai berikut.

1. Hindari junkfood

5 Cara Alami Mengentalkan Sperma untuk Laki-Laki Dewasaunsplash.com/@robinstickel

Segala hal yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh bagi tubuh termasuk bagi kualitas sperma yang dihasilkan.  Makan makanan olahan bisa menyebabkan peradangan, kemasan dan makanan cepat saji juga bisa memengaruhi kesuburan.

Ketika kita makan makanan junkfood, tubuh kesulitan mengenalinya sehingga harus menggunakan nutrisi yang tersimpan untuk memprosesnya, menurut Bridgit Danner, ahli akupunktur dan kesuburan berlisensi di Blue Sky Wellness Studio di Portland, Oregon dan penulis Making Super Sperm.

2. Olahraga

5 Cara Alami Mengentalkan Sperma untuk Laki-Laki Dewasaunsplash.com/@alecbakerfilms

Kenapa sih olahraga begitu penting? Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika olahraga yang cukup. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan beberapa senyawa yang bisa mengurangi stres serta membuat daya tahan tubuh kita lebih baik.

Menurut Danner, olahraga meningkatkan hormon testosteron dan membantu pria dalam pembuatan sperma. Tapi, olahraga berlebihan juga dapat menghabiskan vitamin dan hormon yang tersimpan. Terlebih lagi, terlalu banyak waktu di atas sepeda atau di kelas spinning bisa memberikan tekanan berlebihan pada testis, jadi perlu mempertimbangkan juga jenis olahraganya.

3. Berhenti merokok

5 Cara Alami Mengentalkan Sperma untuk Laki-Laki Dewasaunsplash.com/@wldvbz

Banyak alasan kenapa kita harus berhenti merokok. Ternyata, merokok dan ganja bisa menyebabkan stres oksidatif dan merusak sperma. Terlebih lagi, sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Human Reproduction menemukan bahwa merokok ganja dapat mengubah ukuran dan bentuk sperma juga.

Penelitian lain mengenai pengaruh merokok dan kualitas sperma diterbitkan oleh European Urology meta-analisis. Analisis ini terdiri dari 20 penelitian dan melibatkan lebih dari 5.000 pria di seluruh Eropa. Hasil dari studi ini menemukan bahwa merokok dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma, penurunan motilitas sperma (kemampuan sperma berenang), juga morfologi sperma yang buruk (bagaimana sperma terbentuk).

Efek negatif rokok yang paling signifikan terhadap kesehatan sperma lebih kuat pada pria yang nggak subur dan perokok sedang sampai berat, dibandingkan dengan perokok ringan.

4. Konsumsi kacang-kacangan

5 Cara Alami Mengentalkan Sperma untuk Laki-Laki Dewasaunsplash.com/@maddibazzocco

Cara mengentalkan sperma lainnya yaitu mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang Brasil dan kenari. Kedua kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan selenium, seng dan tembaga yang membantu dalam meningkatkan jumlah sperma. 

Faktanya, sebuah penelitian dalam jurnal Biology of Reproduction menemukan bahwa pria yang makan sekitar 2,5 ons kacang kenari sehari meningkatkan vitalitas, motilitas dan morfologi sperma mereka. Biji-bijian kuno seperti millet, amaranth dan quinoa juga merupakan pilihan yang bisa dicoba.

5. Kendalikan ejakulasi

5 Cara Alami Mengentalkan Sperma untuk Laki-Laki Dewasaaskmen.com

Sperma pada dasarnya membutuhkan waktu sekitar 70 hari untuk matang dalam testis. Kalau mengalami ejakulasi lebih dari satu kali dalam sehari, melalui hubungan seks atau masturbasi, kedua testis pasanganmu mungkin nggak akan memproduksi cukup sperma untuk memproduksi air mani yang kental dan lengket berwarna putih susu, sehingga menghasilkan konsistensi air mani encer dan berair.

Demikian cara-cara alami mengentalkan sperma supaya lebih sehat. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada pasanganmu, ya.

Baca Juga: 5 Cara Memperbanyak Sperma bagi Laki-Laki Dewasa