Dalam sebuah hubungan pasangan paska menikah, seks adalah salah satu hal alat dalam berkomunikasi. Seks yang tidak sehat bisa menjadi masalah pernikahan dan pemicu keretakan rumah tangga. Menariknya, masalah ini bisa datang dari sesuatu yang sederhana, yaitu enggan melakukan seks dikarenakan lelah.

Artikel psychologytoday.com menunjukkan jika salah satu penyebab lelah dan malasnya seseorang melakukan hubungan seks adalah karena kurang tidur. Kurang tidur membuat kelelahan menumpuk dan membuat seseorang tidak bersemangat. Hal ini bakal memengaruhi gairah orang tersebut dalam berhubungan intim juga. Namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa menjadi lelahnya seseorang melakukan hubungan seks. Dilansir dari everydayhealth.com, berikut ini adalah alasan-alasan utama kemalasan tersebut.

1. Masalah dalam hubungan

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/Yanalya

Entah karena urusan anak atau di luar itu, masalah yang tidak menemukan solusi dan tidak pernah terselesaikan bisa membuat seseorang malas melakukan hubungan seks. Seringkali masalah yang menumpuk dihindari dengan cara mengatakan, “Aku capek. Lain kali kita mengobrolkan ini.” Padahal masalah seperti ini perlu untuk didiskusikan. Perlu diingat amarah dan kebencian menyumbang besar untuk kelelahan melakukan seks.

2. Terlalu banyak TV

Pada kenyataannya, TV melelahkan kita. Tidak sadar kita tertidur di sofa saat menonton. Untuk masalah seks, hal ini bisa sangat mengganggu. Ketika pasanganmu sangat bergairah untuk melakukan hubungan intim tersebut, kamu sudah tertidur akibat menonton TV dan melewatkan kesempatan itu.

Jika ini terjadi berulang kali, tentu saja akan membuat mood pasanganmu berubah. Karena itulah, para pakar menyarankan untuk tidak memasang TV di kamar.

3. Terlalu sibuk

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/Yanalya

Jadwal aktivitas yang terlalu padat membuatmu stres dan sedikit banyak memengaruhi semangat melakukan seks. Padahal, memiliki seks yang baik juga penting untuk kualitas kehidupanmu serta pasanganmu. Meluangkan waktu dan melonggarkan jadwal adalah solusi dari masalah ini demi meningkatkan gairah seks.

4. Paksaan untuk melakukan hubungan seks

Seks memang penting, tetapi bukan berarti harus dipaksakan. Pemaksaan melakukan kegiatan itu bisa menghilangkan mood pasanganmu dan membuat dia beralasan terlalu lelah dan malas melakukan seks. Ada baiknya dalam menyiapkan kegiatan seks dimulai dari sesuatu yang ringan, seperti memasakkan sesuatu, berpeluk-pelukan, atau mungkin sekadar bercanda.

5. Masalah jantung

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/Freepik

Gejala awal dari penyakit jantung salah satunya adalah susah untuk ereksi. Tentu saja ini akan berpengaruh kepada kehidupan seksmu. Jika pasanganmu mengalami kesulitan ini, terlebih ditambah kelelahan yang tidak normal, ada baiknya dia memeriksakan diri ke ahli kardiologi.

6. Hormon yang tidak seimbang

Ketika produksi hormonmu sedang tak beraturan, tentu saja kehidupanmu seksmu juga menjadi tak teratur. Dikatakan oleh para pakar jika libido kita sangat dipengaruhi oleh produksi testosteron.

Mengatasi masalah ini bisa diselesaikan dengan cara mendatangi langsung pakarnya. Umumnya mereka akan memberikan saran untuk memulai olahraga atau memberikan resep.

7. Depresi

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/Rawpixel.com

Gangguan kejiwaan atau mental sangat berpengaruh dalam kelelahan melakukan hubungan seks. Bisa jadi suasana di sekitarmu sangat mendukung untuk berhubungan seks, tetapi dirimu sendiri tidak berminat karena adanya pikiran akan masalah di luar sana.

Depresi juga bisa dipastikan akan mengganggu waktu tidurmu dan itu jelas akan lebih mengganggu kehidupan seks. Solusinya tidak lain adalah berbicara dengan terapis.

8. Kebosanan

Seks yang melelahkan bisa jadi datang dari kebosanan. Tidak ada lagi hal yang menarik dari seks yang kamu lakukan.

Untuk mengembalikan menjadi menarik, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba memasukkan sesuatu yang kamu senangi sebelum berhubungan seks, seperti membicarakan hobimu dan memasak. Bisa juga kamu mencoba gaya-gaya berhubungan seks yang berbeda dan tak pernah kamu lakukan sebelumnya.

9. Olahraga yang berlebihan

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/Freepik

Olahraga memang meningkatkan gairah seks karena produksi testosteron yang lebih banyak, tetapi terlalu banyak berolahraga bisa menjadi bumerang. Terlalu capek karena berolahraga akan menurunkan gairah dan membuatmu lebih memilih tidur daripada berhubungan intim. Baiknya melakukan olahraga adalah sekitar 30 menit dalam satu hari.

10. Gangguan tidur

Banyak hal yang bisa memengaruhi hal ini dan sebuah studi berhasil membuktikan koneksi antara gangguan tidur dengan gangguan seks. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah mengetahui penyebab gangguan tidurmu tersebut: apakah karena kafein, jam tidur yang tidak teratur, atau hal lain. Baru dari sanalah kamu bisa mengatasi gangguan tidurmu tersebut.

11. Sindrom kelelahan

Ternyata, Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan SeksFreepik.com/wavebreakmedia_micro

Jika kamu selalu lelah selama beberapa bulan terakhir dan tidur tak mampu mengenyahkannya, bisa jadi kamu mendapatkan sindrom kelelahan. Pergilah ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan bicarakan dengan pasanganmu agar paham.

Melakukan hubungan seks yang menyenangkan bisa datang kapan pun, di mana pun, dan kapan pun. Karena itu, selalu berusahalah untuk mesra setiap waktu. Tidak ada yang tahu kapan waktu seksmu akan terjadi.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Ternyata Ini 11 Penyebab Umum Kamu Lelah dan Malas Berhubungan Seks"

Baca Juga: 7 Fakta Menyenangkan tentang Seks, Bikin Kamu Ingin Rutin Bercinta!